Jadwal Lengkap Training HRD Forum Tahun 2024

0

Jadwal Lengkap Training HRD Forum Tahun 2024: Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia

www.HRD-Forum.com | Pada tahun 2024, HRD Forum menawarkan rangkaian training yang komprehensif untuk para praktisi sumber daya manusia (SDM). Dengan total 32 judul public training yang mencakup berbagai aspek manajemen SDM, HRD Forum bertujuan memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis kepada peserta. Berikut adalah gambaran lengkap mengenai judul atau topik training yang akan dijalankan sepanjang tahun 2024:

  1. Basic Human Resource Management (Offline)

    • Training ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang dasar-dasar manajemen sumber daya manusia (SDM) secara langsung melalui pendekatan offline. Peserta akan belajar mengenai konsep dasar, peran, dan tanggung jawab dalam manajemen SDM. Materi mencakup rekrutmen, pelatihan, kompensasi, dan aspek penting lainnya yang membentuk fondasi kuat dalam praktik HR.
  2. Basic Human Resource Management (Online)

    • Varian online dari Basic HR Management, training ini dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Peserta dapat mengakses materi pelatihan, berinteraksi dengan pengajar, dan berpartisipasi dalam diskusi tanpa perlu hadir secara fisik. Ini memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi peserta yang mungkin memiliki keterbatasan waktu atau geografis.
  3. Basic Compensation & Benefit

    • Fokus utama dari training ini adalah mendalami aspek kompensasi dan manfaat bagi karyawan. Peserta akan memahami prinsip-prinsip dasar dalam menentukan dan mengelola sistem kompensasi yang adil dan kompetitif. Selain itu, training ini juga mencakup strategi efektif untuk memberikan manfaat kepada karyawan.
  4. Basic Recruitment & Selection

    • Training ini menitikberatkan pada pemahaman proses dasar rekrutmen dan seleksi karyawan yang efektif. Peserta akan mempelajari teknik-teknik wawancara, penilaian kandidat, dan strategi rekrutmen yang dapat diterapkan dalam mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk organisasi.
  5. Behavioral Event Interview (BEI)

    • Training ini difokuskan pada mengasah keterampilan wawancara berbasis perilaku. Peserta akan belajar bagaimana menyusun pertanyaan yang relevan dengan perilaku masa lalu untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang keterampilan dan karakteristik kandidat.
  6. Certified People Development Specialist (CPDS)

    • Program sertifikasi ini bertujuan mengembangkan keterampilan spesifik yang mendukung pertumbuhan karyawan. Peserta akan mempelajari strategi pengembangan personal dan profesional yang dapat diterapkan dalam konteks manajemen SDM.
  7. Certified Performance Management Specialist (CPMS)

    • Training ini bertujuan menjadikan peserta sebagai ahli dalam manajemen kinerja. Melibatkan pemahaman mendalam tentang penilaian kinerja, pengaturan tujuan, dan pengembangan rencana tindak untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja individu.
  8. Certified Salary Structure Specialist (CSSS)

    • Training ini fokus pada pemahaman dan pengelolaan struktur gaji. Peserta akan diberikan sertifikasi khusus untuk memastikan mereka memiliki keahlian dalam menetapkan dan menjaga struktur gaji yang adil dan sesuai dengan standar industri.
  1. Certified Talent Management Specialist (CTMS)

    • Training ini ditujukan untuk individu yang ingin menjadi spesialis dalam manajemen bakat. Peserta akan mempelajari aspek kunci dalam identifikasi, pengembangan, dan retensi bakat di lingkungan kerja. Training mencakup strategi efektif dalam menangani siklus hidup karyawan untuk memastikan pertumbuhan dan keberlanjutan organisasi.
  2. Coaching Skill for Leaders

  • Fokus utama dari training ini adalah membantu pemimpin mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui teknik coaching yang efektif. Peserta akan belajar bagaimana memberikan dukungan, memotivasi tim, dan membangun hubungan yang kuat dengan anggota tim melalui pendekatan coaching yang berorientasi pada perkembangan individu.
  1. Desain Kompetensi & Kamus Kompetensi Jabatan

  • Training ini bertujuan mengembangkan kerangka kompetensi dan kamus jabatan yang efektif. Peserta akan memahami bagaimana merancang kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan cara menyusun kamus jabatan yang jelas untuk memandu pengembangan karier dan penilaian kinerja.
  1. Effective Job Analysis & Job Description

  • Training ini memberikan pemahaman mendalam terhadap analisis pekerjaan dan deskripsi pekerjaan yang efektif. Peserta akan belajar bagaimana melakukan analisis pekerjaan secara sistematis untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang tanggung jawab dan keterampilan yang diperlukan, serta cara merancang deskripsi pekerjaan yang jelas dan memotivasi.
  1. HR Officer Development Program (HRODP)

  • Sebagai program pengembangan khusus untuk pejabat SDM, HRODP dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin dalam fungsi SDM. Materi melibatkan manajemen waktu, penyelesaian konflik, dan pemahaman mendalam tentang peran HR dalam mendukung tujuan organisasi.
  1. HR Brotherhood – Super Bootcamp – Angkatan XIV

  • Bootcamp ini bertujuan untuk membangun solidaritas di antara praktisi HR. Peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan intensif, sesi kolaboratif, dan pembelajaran kolektif untuk memperkuat jaringan profesional mereka, bertukar pengalaman, dan mendukung pertumbuhan bersama dalam dunia manajemen SDM.
  1. Job Evaluation & Grading System

  • Training ini menekankan pada proses menilai dan mengelompokkan pekerjaan dalam sistem penilaian. Peserta akan memahami metode dan kriteria yang digunakan dalam menentukan nilai relatif pekerjaan, serta mengelola sistem grading untuk memastikan keadilan dan konsistensi dalam struktur organisasi.
  1. Key Performance Indicators (KPI)

  • Training ini fokus pada pemahaman dan penerapan indikator kinerja kunci (KPI) untuk pengukuran produktivitas. Peserta akan belajar cara merancang, mengukur, dan mengelola KPI yang relevan dengan tujuan organisasi, serta cara menggunakan data untuk pengambilan keputusan yang efektif.
  1. Managerial Skills for New Managers

  • Training ini dirancang khusus untuk membekali manajer baru dengan keterampilan manajerial yang diperlukan. Peserta akan mempelajari dasar-dasar kepemimpinan, komunikasi efektif, dan manajemen tim untuk sukses dalam peran manajerial baru mereka.
  1. Membuat Perjanjian Kerja, PKWT‐PKWTT

  • Training ini bertujuan membekali peserta dengan pemahaman mendalam tentang pembuatan perjanjian kerja, khususnya Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT), sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Peserta akan mempelajari elemen-elemen kunci yang harus dimasukkan dalam perjanjian kerja untuk melindungi hak dan kewajiban karyawan serta perusahaan.
  1. Objective & Key Result (OKR)

  • Training ini fokus pada penerapan Objective & Key Result (OKR) sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi. Peserta akan memahami konsep dasar OKR, cara merumuskan tujuan yang dapat diukur, dan mengembangkan key results yang relevan untuk meningkatkan kinerja dan pencapaian tujuan organisasi.
  1. Performance Appraisal with KPI

  • Training ini mengajarkan cara menggunakan Key Performance Indicators (KPI) dalam penilaian kinerja untuk meningkatkan hasil. Peserta akan mempelajari teknik menyusun KPI yang terukur, merancang sistem penilaian kinerja berbasis KPI, dan mengimplementasikannya secara efektif untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja individu.
  1. PHK & Pesangon

  • Training ini memberikan pemahaman mendalam tentang proses Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan hak pesangon karyawan. Peserta akan belajar mengenai prosedur yang benar dalam melakukan PHK, hak dan tanggung jawab karyawan serta perusahaan selama proses tersebut, serta perhitungan pesangon yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  1. Recruitment & Selection Professional

  • Training ini ditujukan untuk pengembangan keterampilan profesional dalam rekrutmen dan seleksi. Peserta akan mempelajari teknik-teknik modern dalam mencari, menilai, dan memilih kandidat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Training mencakup aspek etika, diversitas, dan efisiensi dalam proses rekrutmen.
  1. Resepsionis Profesional

  • Training ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang resepsionis profesional. Peserta akan memahami pentingnya pelayanan pelanggan, komunikasi efektif, manajemen waktu, dan keterampilan lainnya yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan peran resepsionis.
  1. Strategic Planning

  • Training ini fokus pada pengembangan rencana strategis untuk pertumbuhan organisasi. Peserta akan mempelajari konsep dasar perencanaan strategis, analisis SWOT, penetapan tujuan jangka panjang, dan cara mengimplementasikan rencana strategis untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.
  1. Secretary Professional

  • Training ini bertujuan mengembangkan keterampilan sekretaris untuk mendukung manajemen. Peserta akan memahami peran kunci sekretaris dalam mendukung efisiensi dan produktivitas organisasi, termasuk manajemen jadwal, komunikasi efektif, dan penanganan tugas administratif yang kompleks.
  1. Staff Development Program

  • Training ini merupakan program pengembangan karyawan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja tim. Peserta akan diperkenalkan dengan strategi dan metode pengembangan karyawan yang efektif, termasuk identifikasi kebutuhan pengembangan individu, penyusunan rencana pengembangan, dan implementasi program pelatihan untuk mencapai hasil yang optimal dalam tim kerja.
  1. Struktur & Skala Upah

  • Training ini memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan dalam mengelola struktur dan skala upah yang efisien. Peserta akan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan gaji, metode penetapan skala upah yang adil, serta bagaimana mengelola dan menyesuaikan struktur gaji sesuai dengan perubahan dalam organisasi.
  1. Supervisory Development Program

  • Program ini dirancang khusus untuk para pengawas dengan tujuan meningkatkan kepemimpinan mereka. Peserta akan belajar tentang keterampilan manajemen, komunikasi efektif, pemecahan masalah, dan cara memotivasi tim kerja. Dengan fokus pada pengembangan kepemimpinan, program ini membantu peserta menjadi pemimpin yang lebih efektif dalam pengawasan tim.
  1. Talent Management

  • Training ini membahas strategi dan praktik manajemen bakat untuk pertumbuhan jangka panjang organisasi. Peserta akan memahami pentingnya identifikasi, pengembangan, dan retensi bakat yang kritis bagi kesuksesan perusahaan. Materi mencakup rencana pengembangan suksesi, penilaian kinerja, dan cara mendukung pertumbuhan dan pengembangan karyawan berbakat.
  1. Training Evaluation & ROTI

  • Fokus utama dari training ini adalah pada evaluasi pelatihan dan pengukuran Return on Training Investment (ROTI). Peserta akan memahami metode evaluasi pelatihan yang efektif, mulai dari pengukuran kepuasan peserta hingga analisis dampak pelatihan terhadap kinerja organisasi. Dengan demikian, perusahaan dapat menilai nilai sebenarnya dari investasi pelatihan mereka.
  1. Training Need Analysis (TNA)

  • Training ini memberikan pemahaman tentang analisis kebutuhan pelatihan (TNA), suatu pendekatan sistematis untuk menentukan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Peserta akan belajar cara mengidentifikasi kekurangan keterampilan, pengetahuan, atau perilaku dalam organisasi dan merancang program pelatihan yang efektif untuk mengatasi kebutuhan tersebut.
  1. Workload Analysis (WLA)

  • Training ini menitikberatkan pada analisis beban kerja untuk meningkatkan efisiensi organisasi. Peserta akan memahami cara menganalisis dan mengevaluasi distribusi tugas dan tanggung jawab di dalam organisasi. Dengan pemahaman yang baik tentang beban kerja, perusahaan dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya dan meningkatkan produktivitas.

Bagi praktisi SDM yang berminat untuk mendaftar, dapat menghubungi HRD Forum melalui WhatsApp di 0818715595 atau melalui email ke Event@HRD-Forum.com. Untuk mendapatkan harga early bird, pastikan melakukan pembayaran 8 hari sebelum tanggal pelaksanaan. Dengan mengikuti training ini, diharapkan para peserta dapat mengembangkan keahlian dan pengetahuan yang mendalam dalam manajemen SDM untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Halo,
Ada yang bisa Kami Bantu?