Coaching Skills untuk Guru dan Pendidik.

Rekan & Sahabat HRD Forum, pendidikan merupakan suatu bidang yang kompleks dan terus berkembang, yang mengharuskan para guru dan pendidik untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka. Dalam menghadapi tantangan ini, kemampuan untuk melatih atau mengkoordinasi para siswa dan anggota staf menjadi penting. Coaching skills atau keterampilan pelatihan dapat membantu guru dan pendidik untuk meningkatkan kinerja mereka dan membantu siswa dan anggota staf mencapai potensi mereka yang penuh.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang coaching skills dan bagaimana mereka dapat digunakan oleh guru dan pendidik.

Apa itu Coaching Skills?

Coaching skills adalah keterampilan yang membantu seseorang untuk memfasilitasi perubahan positif dalam diri mereka sendiri atau orang lain. Keterampilan coaching melibatkan kemampuan untuk mendengarkan, bertanya, memberikan umpan balik yang konstruktif, memberikan dukungan, dan membangun hubungan yang positif.

Tujuan dari coaching adalah untuk membantu orang untuk mencapai tujuan mereka dan memaksimalkan potensi mereka.

Mengapa Coaching Skills Penting untuk Guru dan Pendidik?

Guru dan pendidik dapat menggunakan keterampilan coaching untuk membantu siswa dan anggota staf mencapai tujuan mereka. Melalui keterampilan coaching, guru dan pendidik dapat membantu siswa untuk mengidentifikasi tujuan mereka dan mengembangkan rencana untuk mencapainya. Keterampilan coaching juga dapat membantu para siswa dalam merencanakan karir mereka atau memecahkan masalah yang berkaitan dengan belajar. Selain itu, keterampilan coaching dapat membantu guru dan pendidik untuk mengidentifikasi kebutuhan dan harapan siswa dan anggota staf, serta untuk menyesuaikan gaya mengajar mereka agar lebih efektif.

Berikut adalah beberapa keterampilan coaching yang dapat digunakan oleh guru dan pendidik:

Mendengarkan dengan Empati

Mendengarkan dengan empati adalah keterampilan yang sangat penting dalam coaching. Guru dan pendidik harus belajar untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan empati, serta menghindari memutuskan pembicaraan dengan tanggapan mereka sendiri. Dalam mendengarkan dengan empati, guru dan pendidik dapat menciptakan hubungan yang positif dengan siswa dan anggota staf mereka.

Bertanya dengan Tepat

Bertanya dengan tepat adalah keterampilan yang sangat penting dalam coaching. Guru dan pendidik harus belajar untuk bertanya dengan tepat untuk membantu siswa dan anggota staf mengidentifikasi masalah atau hambatan yang mereka hadapi dan menemukan solusinya. Bertanya dengan tepat juga dapat membantu guru dan pendidik untuk memahami perspektif siswa dan anggota staf mereka dan memberikan umpan balik yang lebih efektif.

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Memberikan umpan balik konstruktif adalah keterampilan yang sangat penting dalam coaching. Guru dan pendidik harus belajar untuk memberikan umpan balik yang jelas, terbuka, dan mendukung. Umpan balik yang konstruktif dapat membantu siswa dan anggota tim untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, serta membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan baru atau memperbaiki kinerja mereka. Umpan balik yang konstruktif juga dapat membantu guru dan pendidik untuk memperbaiki gaya mengajar mereka dan menyesuaikannya agar lebih efektif.

Membangun Hubungan yang Positif

Membangun hubungan yang positif adalah keterampilan yang sangat penting dalam coaching. Guru dan pendidik harus belajar untuk membangun hubungan yang positif dengan siswa dan anggota staf mereka. Hubungan yang positif dapat membantu siswa dan anggota staf untuk merasa lebih nyaman dan terbuka dalam berkomunikasi dengan guru dan pendidik mereka, serta membantu guru dan pendidik untuk memahami kebutuhan dan harapan siswa dan anggota staf mereka.

Menjalin Komunikasi yang Efektif

Menjalin komunikasi yang efektif adalah keterampilan yang sangat penting dalam coaching. Guru dan pendidik harus belajar untuk berkomunikasi dengan jelas, terbuka, dan jujur dengan siswa dan anggota tim mereka. Komunikasi yang efektif dapat membantu siswa dan anggota tim untuk memahami tujuan dan harapan mereka, serta membantu guru dan pendidik untuk memberikan umpan balik yang lebih efektif.

Memotivasi Siswa dan Anggota Tim

Memotivasi siswa dan anggota tim adalah keterampilan yang sangat penting dalam coaching. Guru dan pendidik harus belajar untuk memotivasi siswa dan anggota tim mereka untuk mencapai tujuan mereka dan memaksimalkan potensi mereka. Memotivasi siswa dan anggota tim dapat dilakukan melalui memberikan dukungan, memberikan umpan balik positif, dan memperkuat kepercayaan diri mereka.
Membangun Rencana Aksi Membangun rencana aksi adalah keterampilan yang sangat penting dalam coaching. Guru dan pendidik harus belajar untuk membantu siswa dan anggota staf mereka dalam mengembangkan rencana aksi yang spesifik dan realistis untuk mencapai tujuan mereka. Rencana aksi harus mengidentifikasi langkah-langkah konkret yang harus diambil, serta batas waktu dan sumber daya yang tersedia.

Rekan & Sahabat HRD Forum, dalam penggunaan keterampilan coaching, guru dan pendidik dapat menggunakan beberapa teknik coaching yang terbukti efektif, seperti:

Model GROW

Rekan & Sahabat HRD Forum, Model GROW adalah teknik coaching yang terbukti efektif dan dapat digunakan oleh guru dan pendidik untuk membantu siswa dan anggota tim dalam mengembangkan rencana aksi untuk mencapai tujuan mereka. Model GROW terdiri dari empat tahap yaitu Goals (Tujuan), Reality (Realitas), Options (Pilihan), dan Will (Kehendak).

Pendekatan Solution-Focused

Rekan & Sahabat HRD Forum, Pendekatan solution-focused adalah teknik coaching yang terbukti efektif dan dapat digunakan oleh guru dan pendidik untuk membantu siswa dan anggota staf dalam mengidentifikasi solusi yang efektif untuk masalah atau hambatan yang mereka hadapi. Pendekatan solution-focused melibatkan fokus pada solusi dan hasil yang diinginkan, bukan hanya masalah atau hambatan itu sendiri.

Pendekatan Appreciative Inquiry

Rekan & Sahabat HRD Forum, Pendekatan appreciative inquiry adalah teknik coaching yang terbukti efektif dan dapat digunakan oleh guru dan pendidik untuk membantu siswa dan anggota tim dalam mengidentifikasi kekuatan dan potensi mereka. Pendekatan appreciative inquiry melibatkan fokus pada kekuatan dan potensi, dan mengidentifikasi cara untuk memaksimalkan potensi tersebut.

Coaching Walkthroughs

Rekan & Sahabat HRD Forum, Coaching walkthroughs adalah teknik coaching yang terbukti efektif dan dapat digunakan oleh guru dan pendidik untuk memberikan umpan balik yang langsung dan konstruktif tentang kinerja siswa atau anggota staf. Coaching walkthroughs melibatkan observasi langsung oleh guru atau pendidik, dan memberikan umpan balik yang langsung tentang kinerja mereka.

Kesimpulan

Rekan & Sahabat HRD Forum, Keterampilan coaching adalah keterampilan yang sangat penting bagi guru dan pendidik. Keterampilan coaching dapat membantu guru dan pendidik untuk mengidentifikasi kebutuhan dan harapan siswa dan anggota tim mereka, serta membantu siswa dan anggota tim untuk mencapai tujuan mereka dan memaksimalkan potensi mereka.

Dalam menggunakan keterampilan coaching, guru dan pendidik dapat menggunakan beberapa teknik coaching yang terbukti efektif, seperti Model GROW, pendekatan solution-focused, pendekatan appreciative inquiry, dan coaching walkthroughs.

Penting bagi guru dan pendidik untuk terus mengembangkan keterampilan coaching mereka melalui pelatihan dan pengalaman. Dengan mengembangkan keterampilan coaching mereka, guru dan pendidik dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan bermanfaat bagi siswa dan anggota tim mereka.

Semoga bermanfaat, terima kasih dan salam HRD Forum.

HRD Forum Connect :

linktr.ee/hrdforum
linktr.ee/hrdforum
linktr.ee/hrdforum


Bahari Antono, ST, MBA
Beliau adalah owner & Founder HRD Forum, menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Teknik – Universitas Indonesia dan menyelesaikan pendidikan S2 di Institut Teknologi Bandung.
Melalui HRD Forum Beliau memberikan jasa Training, Konsultasi, Pendampingan dan Pengerjaan project-project HR seperti : Job Analysis & Job Description, Analisis Beban Kerja, Key Performance Indicators (KPI), Objective & Key Result (OKR), Desain Kompetensi Jabatan, Kamus Kompetensi Jabatan, Matrik Kompetensi Jabatan, CBHRM, Struktur & Skala Upah, Job Evaluation, Training Evaluation & ROTI, BEI, Organization Development, Corporate Culture, Performance Management, Performance Appraisal, Coaching for Performance, Talent Management Program, Career Planning, Industrial Relation dan sebagainya. Untuk menggunakan jasa HRD Forum silakan hubungi Hotline : 08788-1000-100 atau Whatsapp ke : 0818715595

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Ingin Mengadakan Inhouse Training Coaching Skills?