Training Sertifikasi Asesor Kompetensi BNSP | HRD Forum
Home | Article | Training Sertifikasi Asesor Kompetensi Lisensi BNSP

Training Sertifikasi Asesor Kompetensi Lisensi BNSP

komunitas-hrd-2Sertifikasi Asesor Kompetensi – Lisensi BNSP berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 22-26 Agustus 2016.(Rencana awal akan dilaksanakan 8-12 Agustus 2016, tetapi karena ada kendala teknis, kami ubah menjadi tanggal 22-26 Agustus 2016, mohon maaf atas ketidaknyamanannya).

Kelas Sertifikasi ini akan dilaksanakan jika jumlah peserta minimal 20 orang. Info detil silakan lihat di bagian bawah tulisan ini.

Banyak sekali telepon yang masuk ke HRD Forum menanyakan tentang training sertifikasi asesor kompetensi lisensi BNSP. Mereka menghubungi HRD Forum karena di bulan Agustus 2015 HRD Forum telah mengadakan training sertifikasi Asesor kompetensi dengan jumlah peserta sekitar 22 orang peserta.

Dalam training sertifikasi asesor kompetensi, pelatihan akan dibawakan oleh master asesor dari BNSP dan master penguji pun demikian.

Setelah ikut dalam sertifikasi asesor kompetensi ini pasti akan mendapat sertifikat asesor kompetensi dari BNSP ? Wah tunggu dulu. Bukan hanya sekedar ikut training ini lalu pasti akan mendapatkan sertifikat ya. Anda harus serius. Punya komitmen. Mengikuti apa yang diajarkan master asesor, mengerjakan tugas yang diberikan, dan terakhir Anda harus melakukan real asesmen dengan mengases asesi yang anda siapkan. Jika menurut penguji Anda lulus, barulah Anda berhak atas sertifikat dari BNSP. Nah kesimpulannya, jika ingin mendapatkan sertifikat asesor kompetensi dari BNSP, diperlukan keseriusan, komitmen, mengerjakan semua tugas yang diberikan dan lulus Uji Sertifikasi Asesor Kompetensi yang akan dilakukan oleh penguji (master asesor dari BNSP).

Training sertifikasi asesor kompetensi ini memberikan training dengan isi materi pembelajaran yang dikhususkan bagi calon asesor kompetensi. Adapun kontennya terkait kompetensi metodologi asesmen  yang mengacu pada pelatihan asesor kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai satu-satunya badan sertifikasi profesi di tanah air.

Dalam workshop ini diajarkan bagaimana menyiapkan Uji Kompetensi Bagi karyawan serta Teknik Menguji Kemampuan Karyawan. Pada akhir sesi pelatihan akan diadakan Real Asessmen untuk menilai kompetensi peserta dan Proses Sertifikasi Asesor Kompetensi. Pelatihan asesor kompetensi ini akhirnya akan memberikan sertifikat dengan Lisensi dari BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi – Kemenakertrans RI, bagi yang dinyatakan lulus.

Anda ingin ikut training sertifikasi asesor kompetensi? Sampaikan keinginan anda itu kepada kami. kirimkan data diri anda, minimal nama, kota, nomor telepon, email, agar kami dapat menghubungi Anda. Kami akan mengadakan training sertifikasi asesor kompetensi pada saat jumlah peserta sudah memenuhi quota minimal 20 orang peserta.

Atau Perusahaan atau organisasi Anda berencana ingin mengikuti training asesor kompetensi untuk seluruh karyawan perusahaan anda atau institusi anda? silakan informasikan kepada kami. Jika jumlah karyawan Anda yang ingin ikut minimal 20 orang peserta, maka langsung dapat kita adakan segera dengan menetapkan tanggal pelaksanaan dan lokasi pelaksanaannya.

Adapun tujuan Workshop sertifikasi asesor kompetensi ini adalah menjadikan Praktisi Kompeten dalam mempersiapkan, melaksanakan dan evaluasi Uji Kompetensi.

Apa saja materi yang akan diberikan dalam pelatihan asesor kompetensi lisensi BNSP ini?

  • Sesion 1 Pengantar tentang BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi
  • Sesion 2 ASESOR
  • Sesion 3 STANDAR KOMPETENSI & SKKNI Standar Kompetesi Kerja Nasional Indonesia
  • Sesion 4 KONSEP CBT/CBA Competency Based Training
  • Sesion 5 PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN ASESMEN (TAAASS401C )
  • Sesion 6 PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN (TAAASS403B )
  • Sesion 7 MELAKSANAKAN ASESMEN KOMPETENSI (TAAASS402C)
  • Sesion 8. Pra – Real Asesmen
  • Sesion 9. RA (Real Asesmen / Uji Sertifikasi Asesor Kompetensi )

Rekan dan sahabat HRD Forum dan praktisi di semua bidang di seluruh Indonesia. Kebutuhan akan tenaga asesor saat ini sangat banyak sekali. Sementara jumlah tenaga asesor yang ada saat ini masih jauh dari jumlah tenaga kerja yang harus diukur dalam sistem sertifikasi profesi. Karena itu, penciptaan tenaga asesor sangat diperlukan untuk dapat segera mengukur kompetensi tenaga kerja yang ada sehingga mereka dapat segera diserap oleh industri atau memperoleh gambaran akan letak kesenjangan kompetensi mereka sehingga dapat dilakukan pelatihan yang terfokus.

Rekan dan sahabat di seluruh Indonesia, Pelatihan sertifikasi asesor kompetensi ini akan dilaksanakan selama 5 hari dan di hari terakhir akan dilaksanakan real asesmen yaitu di sesi ke-9 yang akan diuji oleh penguji dari master asesor kompetensi.

Bagaimana caranya untuk mengikuti training ini? silakan baca terus informasi ini, ada penjelasan detil terkait sertifikasi asesor kompetensi lisensi BNSP jika masih ada pertanyaan, silakan hubungi HRD Forum, kami akan informasikan detilnya.

Khusus bagi perusahaan atau organisasi yang akan mengikutkan karyawannya minimal 20 orang, silakan menghubungi kami segera. Di email : [email protected] , Hotline : 08788-1000-100 atau (021) 7355648

HRD Forum Five Days Certification Workshop
SERTIFIKASI ASESOR KOMPETENSI
Lisensi BNSP – Badan Nasional Sertifikasi Profesi
Mencetak Asesor Kompetensi yang berlisensi Nasional

Jakarta, 22-26 Agustus 2016
Terbatas Hanya untuk 25 Peserta !

Materi pembelajaran bagi calon asesor kompetensi untuk kompetensi metodologi asesmen ini dibuat mengacu pada pelatihan asesor kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai satu-satunya badan sertifikasi profesi di tanah air.

Dan dalam workshop ini akan diajarkan bagaimana Menyiapkan Uji Kompetensi Bagi Karyawan serta Teknik Menguji Kemampuan Karyawan.

Pada akhir sesi pelatihan akan diadakan Real Asessmen untuk menilai kompetensi peserta dan Proses Sertifikasi Asesor Kompetensi
(Lisensi BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi )

**Diberikan Soft Copy SKKNI Standar Kompetesi Kerja Nasional Indonesia beserta Pedoman Pembuatan Program dan Modul Pelatihan dalam USB

Manfaat bagi peserta :

  • Berhak melakukan assessment secara nasional yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang merupakan satu-satunya badan sertifikasi profesi di Indonesia.
  • Memberikan keahlian dalam uji kompetensi di perusahaan maupun diluar perusahaan
  • Mampu membuat materi uji (MUK)
  • Dan Lain-Lain

Latar Belakang

Menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan MEA di tahun 2016 yang merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta menciptakan pasar regional, dimana persaingan Sumber Daya Manusia juga termasuk di dalamnya, maka diperlukan suatu Skema Sertifikasi bagi Karyawan Perusahaan agar bisa berkompetisi dengan Sumber Daya Manusia Asing, khususnya di regional ASEAN. Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang biasa disingkat menjadi MEA secara singkatnya bisa diartikan sebagai bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang artinya semua negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara (ASEAN) menerapkan sistem perdagangan bebas. Indonesia dan seluruh negara-negara ASEAN lainnya 9 negara lainnya, telah menyepakati perjanjian MEA tersebut atau yang dalam bahasa Inggrisnya adalah ASEAN Economy Community atau AEC.

Tujuan Workshop

  • Menjadikan Praktisi Kompeten dalam mempersiapkan, melaksanakan dan evaluasi Uji Kompetensi.
  • Mencetak Asesor Kompetensi yang memiliki lisensi dari BNSP
  • Mendukung program sertifikasi profesi yang didorong oleh pemerintah Indonesia dalam menghadapai MEA/AFTA

Cakupan

Perkembangan teknologi dan cara bekerja telah mengubah kebutuhan industri akan tenaga kerja serta ketrampilan yang perlu dimiliki. Kompetensi seseorang perlu disesuaikan dengan kebutuhan di industri. Berbagai pelatihan diadakan dengan beragam keunikannya masing-masing. Namun demikian sejauh mana hasil pelatihan telah dapat diterima oleh peserta pelatihan, hal yang berikutnya adalah bagaimana juga mengukur kompetensi seseorang atas suatu keterampilan apakah sudah sesuai standar industri?

Asesmen merupakan proses yang akan mengukur kompetensi seseorang baik yang diperolehnya melalui pelatihan, pembelajaran mandiri, pengalaman kerja atau lainnya. Untuk dapat melaksanakan asesmen dibutuhkan seorang asesor yang telah memiliki kompetensi secara metodologi dalam melaksanakan asesmen sesuai standar asesmen yang ada.

Kebutuhan akan tenaga asesor saat ini masih jauh dari jumlah tenaga kerja yang harus diukur dalam sistem sertifikasi profesi. Penciptaan tenaga asesor sangat diperlukan untuk dapat segera mengukur kompetensi tenaga kerja yang ada sehingga mereka dapat segera diserap oleh industri atau memperoleh gambaran akan letak kesenjangan kompetensi mereka sehingga dapat dilakukan pelatihan yang terfokus.

Materi pembelajaran bagi calon asesor kompetensi untuk kompetensi metodologi asesmen ini dibuat mengacu pada pelatihan asesor kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai satu-satunya badan sertifikasi profesi di tanah air.

Materi & Agenda

Hari ke-1
Sesion 1 Pengantar tentang BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Sesion 2 ASESOR
2.1 Pendahuluan
2.2 Hak dan Kewajiban Asesor
2.3 Kompetensi Asesor
2.4 Prosedur menjadi Asesor Kompetensi LSP Lembaga Sertifikasi Profesi
2.5 Kedudukan Asesor dalam sertifikasi
2.6 Sistem UJK Uji Kompetensi di LSP Lembaga Sertifikasi Profesi
2.7 Peran Asesor dan Kandidat
2.8 Kesalahan Umum yang sering dibuat Asesor
2.9 Kode Etik Asesor LSP
2.10 Pelatihan Materi Asesor

Hari ke -2
Sesion 3 STANDAR KOMPETENSI & SKKNI Standar Kompetesi Kerja Nasional Indonesia

3.1 Pendahuluan
3.2 Standar Kompetensi
3.2.1 Jenis-jenis Standar Kompetensi
3.2.2 SKKNI
3.2.3 Bentuk Standar Kompetensi
3.2.4 Ciri-Ciri Pokok Standar Kompetensi (Ringkasan)
3.2.5 Tinjauan Model Dasar Kompetensi
3.3. Pelatihan Materi SKKNI

Sesion 4 KONSEP CBT/CBA Competency Based Training

4.1 Pendahuluan
4.2 Tuntutan Industri dan Perubahan Ketrampilan SDM
4.3 Competency Based Training/Assessment (CBT/CBA)
4.4 Asesmen
4.4.1 Bukti – Bukti
4.4.2 Jenis-Jenis Asesmen
4.4.3 Prinsip-Prinsip Asesmen
4.4.4 Aturan Pengumpulan Bukti
4.4.5 Dimensi Kompetensi
4.5 Pelatihan Materi CBT/CBA

Hari ke-3
Sesion 5 PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN ASESMEN (TAAASS401C )

5.1 Pendahuluan
5.2 Units Kompetensi
5.2.1 Menentukan pendekatan asesmen
5.2.2 Mempersiapkan rencana asesmen
5.2.3 Kontekstualisasi dan pengkajian rencana asesmen
5.3 Jenis-jenis metode asesmen
5.4 Pra-Asesmen
5.5. Pelatihan Materi POA (TAAASS401C )

Sesion 6 PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN (TAAASS403B )

6.1 Pendahuluan
6.2 Unit – Unit Kompetensi
6.2.1 Menentukan Fokus perangkat Asesmen
6.2.2 Menentukan kebutuhan perangkat asesmen
6.2.3 Merancang dan mengembangkan alat asesmen
6.2.4 Meninjau dan menguji alat asesmen
6.3 Pelatihan Materi DAT (TAAASS403B )

Hari ke-4
Sesion 7 MELAKSANAKAN ASESMEN KOMPETENSI (TAAASS402C)

7.1 Pendahuluan
7.2 Unit – Unit Kompetensi – LSP-Lembaga Sertifikasi Profesi
7.2.1 Menciptakan dan memelihara lingkungan asesmen
7.2.2 Mengumpulkan bukti bermutu
7.2.3 Mendukung calon asesi melalui proses asesmen
7.2.4 Membuat keputusan asesmen
7.2.5 Merekam dan melaporkan keputusan asesmen
7.2.6 Mengkaji ulang proses asesmen
7.3 Umpan Balik
7.4 Pelatihan Materi AC (TAAASS402C )

Sesion 8. Pra – Real Asesmen

Hari ke-5
Sesion 9. RA (Real Asesmen / Uji Sertifikasi Asesor Kompetensi )

Siapa yang harus ikut :
Manager, Supervisor, Praktisi HRD, HR Professional, Praktisi & Pemerhati SDM / HRD, Instruktur, Trainer, Konsultan HR, Konsultan, Pengajar, Dosen, Guru dll.

Tanggal Pelaksanaan :
22-26 Agustus 2016

Durasi :
5 (lima) hari
pkl. 09.00 – 21.00 WIB

Peserta WAJIB membawa laptop/notebook

Fasilitator :
– Master Asesor Lisensi BNSP

Biaya Investasi :
Early Bird                 : Rp. 7.000.000,- / peserta (Lunas dua minggu sebelum tanggal pelaksanaan)
Normal / Invoice    : Rp. 8.500.000,-/ peserta

**Biaya termasuk :  Makan & Coffee break, Materi Training dalam bentuk Soft Copy, Sertifikat Asesor Kompetensi – Lisensi BNSP, Bonus Soft Copy SKKNI-Pedoman Pembuatan Program dan Modul Pelatihan dalam bentuk USB.

**Biaya belum termasuk : Penginapan

Pembayaran Dapat di Transfer melalui Rekening di bawah ini :

No Account :
Bank Mandiri – KCP Bintaro Sektor 3
No.Rek. 164-00-00815375
a/n HRD Forum

Lokasi
Salah Satu Hotel di Jakarta

Dokumen yang harus dibawa :
1. CV + Copy Sertifikat + Copy Ijazah
2. Foto Berwarna background Merah 4×6 (4 lembar) ; 3×4 ( 4 lembar)
3. Contoh-contoh dokumen Kerja (sebagai bahan dasar tugas mandiri)

Untuk informasi dan pendaftaran lebih lanjut, silakan hubungi :
HRD Forum

Hotline :

– 08788-1000-100
– 08788-1888-899
– 0815 1049 0007
– 021-7355648

Pin BB : 5A24F771

Email       : [email protected]
Website    : www.HRD-Forum.com
Twitter     : www.twitter.com/hrdforum
Facebook : www.facebook.com/hrdforum

Special Notes
– Kelas akan dibuka apabila peserta sudah memenuhi kuota 20 orang

– Peserta yang ingin mencari penginapan, disarankan menginap di hotel yang sama dengan hotel tempat pelaksanaan, agar efektif
– Peserta WAJIB mengikuti seluruh sesi dan tugas yang diberikan.
—–
Formulir Pendaftaran Sertifikasi Asesor Kompetensi  (22-26 Agustus 2016)

Nama:…………………………………………………………………………
Perusahaan:…………………………………………………………………………
Alamat:…………………………………………………………………………
Telp/HP:…………………………………………………………………………
PIN BB:…………………………………………………………………………
Email:…………………………………………………………………………
Tgl Transfer:…………………………………………………………………………

Setelah diisi secara lengkap silakan kirimkan ke : [email protected]

Putuskan hari ini dengan langsung mendaftar sekarang juga ! jangan sampai kehabisan tempat !

HRD Forum – HR Consultant & Training Provider
www.HRD-Forum.com

15 comments

  1. Saya, Partono, HRD Manager, Perusahaan Swasta Asing di Jakarta.
    Beberapa minggu yang lalu saya telah mengirim email bertanya perihal Training Sertifikasi Asesor Kompetensi Lisensi BNSP.
    Saya dan beberapa teman sangat tertarik untuk mengikuti training tersebut.
    Agar tidak mendadak dan dapat kami siapkan beberapa bulan sebelumnya, maka mohon informasi untuk tanggal pelaksananaannya.

    terima kasih.
    regards
    YP

  2. Saya baru tahu jadwal hari ini. Jika pelaksanaannya dilakukan pada awal mei 2016 mohon diinfo lewat email supaya saya bisa mengikutinya. Thanks.

  3. Mohon info via email jika ada pelatihan di bulan juni atau juli 2016

  4. Selamat Pagi…

    Ksmi dari PT. LOLA MINA dan Lestari Magris berminat mengikuiti pelatihsn sbg asessor…kapan ada jafeal supaya bisa daftar sesegera…

    Terims kasih atas feedbacknya

    HANTOWO

  5. Dede A. Fatahillah

    Mohon informasinya, apakah kuota sudah penuh?, bila sudah kapan akan dilaksanakan kembali?. Terimakasih.

  6. mohon diinfokan sertifikasi asesor bila bulan september atau oktober ada kegiatan ini

  7. SINDA HASIAN SIADARI

    Mohon dikirimkan skejul Training Sertifikasi Assesor BNSP dan Training Sertifikasi Trainer BNSP untuk skejul periode bulan November sd Desember 2016.

  8. Sertifikat kompetensi asesor

    Apakah ada schedule di 2017 ?

    Mohon diinformasikan ke saya

    salam,
    Luki TransWISH

  9. mohon informasinya klo ada diklat asesor otomotif di tahun 2017

  10. Mohon informasinya kalau ada diklat asesor multimedia tahun 2017

  11. Mohon info kapan lagi diadakan di tahun 2017 ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*