Tips Sukses Menjadi Pembicara Handal | HRD Forum
Home | Article | Tips sukses menjadi pembicara handal

Tips sukses menjadi pembicara handal

barack-obama-presiden-amerika-hrdTips sukses menjadi pembicara handal – Berbicara adalah kemampuan bawaan yang dimiliki oleh setiap manusia.

Setiap hari setiap orang membutuhkan komuikasi satu dengan yang lain.

Komunikasi sendiri bisa terjadi dimana seseorang—yang berbicara—menyampaikan pesan kepada seseorang atau banyak orang dan maksud/tujuan pesan tersebut tersampaikan dengan baik kepada audiens-nya.

Meskipun berbicara adalah kemampuan bawaan yang dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir, namun dalam praktiknya masih banyak orang-orang yang malu atau gugup ketika harus menyampaikan pesan kepada seseorang atau juga banyak orang.

Keahlian menyampaikan pesan atau berbicara di depan umum sering pula disebut dengan nama public speaking.

Bagi anda yang sering merasa gugup ketika harus menyampaikan pesan di depan seseorang atau juga di depan banyak orang, jangan khawatir.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses untuk menjadi pembicara yang handal

Menguasai gesture tubuh

Hal paling utama dari seorang pembicara handal bukanlah seberapa keren materi yang dibawakannya, namun lebih kepada bagaimana gesture tubuh si pembicara ketika membawakan materi tersebut.

Banyak pembicara handal setuju, sebuah materi akan mudah masuk ke dalam pikiran audiens apabila si pembicara menunjukkan gesture percaya diri.

Untuk menjadi pembicara handal ada berbagai gesture tubuh yang perlu diperhatikan; mulai dari anda harus menatap mata lawan bicara anda; posisikan tangan di depan pusar anda dengan tangan kiri memegang kepalan tangan kanan; selain itu juga mainkan tangan anda ketika anda hendak memberikan penjelasan kepada audiens; jika berdiri, usahakan ketika menyampaikan materi anda berdiri secara tegap; namun jika duduk usahakan anda duduk di dalam posisi yang baik.

Untuk melatih gesture tubuh, silakan untuk mencoba berkali-kali membawakan materi di hadapan cermin atau teman dekat anda atau keluarga anda.

Kuasai materi, jangan di hafal

Jika anda harus menjadi pembicara di dalam sebuah acara usahakan untuk tidak menghafal materi dalam acara tersebut.

Untuk menguasai materi anda bisa membuat drop down materi tersebut menjadi poin-poin penting yang nantinya akan anda sampaikan.

Jika anda ingin menjadi pembicara yang handal anda harus sering-sering melakukan cara ini. Dengan melakukan cara ini nantinya anda akan terbiasa membawakan poin-poin penting di dalam berbicara.

Interaksi dengan audiens

Agar bisa menjadi pembiacara yang handal, anda harus membiasakan diri untuk berinteraksi dengan lawan bicara anda.

Untuk berinteraksi sendiri ada banyak caranya, anda bisa menyelipkan pertanyaan-pertanyaan kecil yang bisa dilempar kepada audiens, hal ini akan membuat materi yang anda bicarakan menarik minat lawan bicara anda.

Time management

Sebuah materi yang asik, gesture tubuh yang baik, interaksi dengan audiens saja dirasa tidak akan cukup bisa menjadikan anda pembicara yang handal.

Sebagai calon pembicara handal, anda harus belajar untuk mengatur waktu penyampaian materi yang anda berikan.

Akan percuma jika penyampaian materi anda panjang dan terkesan bertele-tele, itu hanya akan membuat para audiens mengantuk.

Perhatikan artikulasi dan mainkan intonasi

Untuk menjadi seorang pembicara yang handal anda harus mampu berbicara dengan artikulasi yang jelas, tidak terbelit-belit, dan dengan suara yang bisa didengar seluruh audiens.

Untuk membuat materi yang anda sampaikan semakin melekat di otak lawan bicara anda, silakan untuk memainkan intonasi berbicara anda.

Ketika audiens mulai merasa ngantuk hindarilah berbicara dengan intonasi yang rendah, lebih baik gunakan intonasi tinggi atau bisa dicoba dengan nada menyentak.

Ketika lawan bicara anda sedang semangat, silakan untuk menggunakan intonasi yang normal.

Nantikan artikel HRD lainnya. HRD Forum selalu memberikan Training HRD dan Jasa Konsultan HRD kepada seluruh perusahaan di Indonesia. Ingin mengundang HRD Forum inhouse training di perusahaan Anda? silakan hubungi HRD Forum di email : [email protected] atau hotline 08788-1000-100 atau PIN BB 5A24F771

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*