Apa Tugas seorang People Development Specialist

People Development Specialist (PDS) merupakan posisi yang penting dalam sebuah perusahaan. Seorang PDS bertanggung jawab dalam membantu organisasi dalam mengembangkan karyawan mereka, baik dari segi keterampilan, pengetahuan, maupun sikap. Tugas utama seorang PDS adalah untuk memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan bisnis yang terus berubah.

Tugas People Development Specialist (PDS)

Salah satu tugas utama seorang PDS adalah melakukan analisis kebutuhan pelatihan. Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi kelemahan dan kebutuhan pelatihan karyawan melalui wawancara, survei, dan observasi langsung. Dari hasil analisis ini, PDS dapat merencanakan dan mengimplementasikan program pelatihan yang tepat untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan mereka dan memenuhi kebutuhan organisasi.

Selain itu, seorang PDS juga bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan program pengembangan karyawan. Program ini dapat berupa pelatihan, workshop, coaching, mentoring, atau pengalaman belajar lainnya. PDS juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa program tersebut relevan dengan kebutuhan organisasi dan karyawan, serta memiliki manfaat nyata dalam meningkatkan kinerja karyawan.

PDS juga memiliki peran penting dalam pengembangan budaya perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa nilai-nilai perusahaan dipahami oleh seluruh karyawan dan diimplementasikan dalam setiap aspek bisnis. PDS juga dapat merancang program untuk meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar departemen, serta membantu membangun hubungan kerja yang sehat dan produktif antara karyawan.

Selain itu, PDS juga harus memastikan bahwa program pelatihan dan pengembangan yang mereka rancang dapat diukur dan dievaluasi secara efektif. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan data kinerja karyawan sebelum dan setelah pelatihan, serta melakukan survei kepuasan karyawan terhadap program pelatihan. Dari hasil evaluasi ini, PDS dapat menentukan efektivitas program dan membuat perbaikan di masa depan.

Sebagai seorang PDS, mereka juga harus tetap mengikuti tren terbaru dalam bidang pengembangan karyawan dan beradaptasi dengan perubahan dalam industri. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan dan seminar, membaca publikasi terkait, dan bergabung dengan komunitas profesional di bidang pengembangan karyawan.

Selain itu, PDS juga bertanggung jawab untuk membantu manajer dan pimpinan perusahaan dalam mengidentifikasi kebutuhan pengembangan karyawan. Hal ini dilakukan dengan membantu manajer merancang rencana pengembangan karir karyawan, serta memberikan saran tentang keterampilan yang harus dikembangkan untuk mencapai tujuan karir mereka.

PDS juga harus berkolaborasi dengan departemen lain dalam organisasi, seperti HR, manajemen, dan keuangan. Mereka harus memastikan bahwa program pengembangan karyawan mereka sesuai dengan anggaran yang tersedia dan dalam keselarasan dengan tujuan bisnis organisasi.

Dalam menjalankan tugas-tugasnya, seorang PDS juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan interpersonal skills yang kuat. Keterampilan ini diperlukan untuk membangun hubungan yang baik dengan karyawan dan manajer, serta untuk memastikan bahwa program pelatihan dan pengembangan karyawan dapat diimplementasikan dengan baik.

Seorang PDS juga harus memiliki kemampuan analitis yang kuat, karena mereka harus menganalisis kebutuhan pelatihan dan membuat rencana pengembangan karyawan yang efektif. Mereka juga harus dapat memahami data kinerja karyawan dan menginterpretasikan hasil evaluasi program pelatihan.

Selain itu, seorang PDS harus kreatif dan inovatif dalam merancang program pelatihan dan pengembangan karyawan. Mereka harus mampu mengembangkan program yang menarik dan bermanfaat bagi karyawan, serta relevan dengan tujuan bisnis organisasi.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang PDS juga harus memperhatikan peraturan dan kebijakan perusahaan yang berlaku. Mereka harus memastikan bahwa program pelatihan dan pengembangan karyawan mereka sesuai dengan standar perusahaan dan tidak melanggar aturan atau kebijakan yang telah ditetapkan.

Secara keseluruhan, tugas seorang People Development Specialist adalah untuk membantu organisasi dalam mengembangkan karyawan mereka melalui program pelatihan dan pengembangan yang tepat. Seorang PDS harus mampu melakukan analisis kebutuhan pelatihan, merancang program pengembangan karyawan yang efektif, dan mengukur efektivitas program tersebut melalui evaluasi yang tepat. Selain itu, seorang PDS harus memiliki keterampilan komunikasi, analitis, kreativitas, dan pemahaman tentang peraturan dan kebijakan perusahaan yang berlaku.

Kompetensi seorang People Development Specialist

Seorang People Development Specialist (PDS) memiliki beberapa kompetensi utama yang sangat penting untuk menjalankan tugasnya. Berikut adalah beberapa kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang PDS:

  1. Kemampuan analitis: Seorang PDS harus memiliki kemampuan analitis yang kuat untuk dapat menganalisis data kinerja karyawan, menentukan kebutuhan pelatihan, serta mengukur efektivitas program pelatihan dan pengembangan karyawan.
  2. Keterampilan komunikasi: Seorang PDS harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk dapat berkomunikasi dengan karyawan dan manajer di semua level organisasi. Kemampuan ini sangat penting dalam membangun hubungan yang baik dan memastikan program pelatihan dan pengembangan dapat diimplementasikan dengan baik.
  3. Kreativitas: Seorang PDS harus dapat berpikir kreatif dalam merancang program pelatihan dan pengembangan karyawan. Mereka harus dapat mengembangkan program yang menarik, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi.
  4. Pemahaman tentang peraturan dan kebijakan perusahaan: Seorang PDS harus memahami peraturan dan kebijakan perusahaan yang berlaku untuk memastikan bahwa program pelatihan dan pengembangan karyawan tidak melanggar aturan atau kebijakan perusahaan.
  5. Kemampuan interpersonal: Seorang PDS harus memiliki kemampuan interpersonal yang kuat untuk dapat membangun hubungan yang baik dengan karyawan dan manajer. Hal ini sangat penting untuk memastikan keberhasilan program pelatihan dan pengembangan karyawan.
  6. Keterampilan manajemen proyek: Seorang PDS harus memiliki keterampilan manajemen proyek yang baik untuk dapat merencanakan dan mengelola program pelatihan dan pengembangan karyawan dengan efektif. Mereka harus dapat mengelola sumber daya yang tersedia dan memastikan program pelatihan dan pengembangan karyawan selesai tepat waktu.
  7. Kemampuan beradaptasi: Seorang PDS harus dapat beradaptasi dengan perubahan dan situasi yang berbeda-beda. Mereka harus dapat berpikir fleksibel dan menyesuaikan program pelatihan dan pengembangan karyawan dengan kebutuhan organisasi.

Dengan memiliki kompetensi utama tersebut, seorang People Development Specialist dapat membantu organisasi dalam mengembangkan karyawan mereka melalui program pelatihan dan pengembangan yang efektif.

Certified People Development Specialist

Apakah Anda ingin menjadi seorang ahli dalam pengembangan sumber daya manusia? Jika ya, maka training Certified People Development Specialist dari HRD Forum adalah pilihan yang tepat untukmu!

Dalam training ini, Anda akan belajar tentang CBHRM, Managing Learning & Development, TNA, Talent Management, dan Performance Management. Kamu akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang bagaimana cara merancang dan mengimplementasikan program pelatihan dan pengembangan karyawan yang efektif, serta bagaimana memanfaatkan teknik manajemen kinerja dan talent management untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Dengan dukungan instruktur yang berpengalaman dan metode pembelajaran yang interaktif, kamu akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Certified People Development Specialist yang berkualitas dan terpercaya. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan karirmu dan membantu organisasi dalam mengembangkan sumber daya manusia mereka!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda! Terima kasih dan salam HRD Forum.

HRD Forum Connect :
linktr.ee/hrdforum


Bahari Antono, ST, MBA
Beliau adalah owner & Founder HRD Forum, menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Teknik – Universitas Indonesia dan menyelesaikan pendidikan S2 di Institut Teknologi Bandung.

Melalui HRD Forum Beliau memberikan jasa Training, Konsultasi, Pendampingan dan Pengerjaan project-project HR seperti : Job Analysis & Job Description, Analisis Beban Kerja, Key Performance Indicators (KPI), Objective & Key Result (OKR), Desain Kompetensi Jabatan, Kamus Kompetensi Jabatan, Matrik Kompetensi Jabatan, CBHRM, Struktur & Skala Upah, Job Evaluation, Training Evaluation & ROTI, BEI, Organization Development, Corporate Culture, Performance Management, Performance Appraisal, Coaching for Performance, Talent Management Program, Career Planning, Industrial Relation dan sebagainya. Untuk menggunakan jasa HRD Forum silakan hubungi Hotline : 08788-1000-100 atau Whatsapp ke : 0818715595

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Membutuhkan Training tentang People Development Specialist?