Sudah Tahu Apa Konsep Dasar Pelayanan Prima?
Kali ini HRD Forum menurunkan tulisan mengenai service excellence kembali. Pelayanan prima adalah suatu hal yang seharusnya dimiliki oleh tiap-tiap perusahaan dalam menawarkan produk ataupun jasa bagi para pelanggannya. Ada tiga konsep dasar pelayanan prima yang penting untuk diperhatikan agar dapat terwujud, yaitu:
1. Konsep sikap (attitude)
Konsep dasar pertama adalah sikap. Sikap karyawan pada suatu perusahaaan sangat berpengaruh pada penilaian pelanggan terhadap perusahaan. Maka dari itu menjaga sikap yang senantiasa baik, ramah, penuh simpatik, dan punya rasa memiliki pada perusahaan merupakan suatu hal yang wajib tertanam pada tiap karyawan. Citra dari perusahaan akan tercermin langsung dari sikap para karyawan atau orang-orang yang terlibat di dalamnya. Adapun sikap-sikap berdasarkan konsep pelayana prima antara lain:
- a. Rasa bangga terhadap pekerjaan
- b. Memiliki pengabdian yang besar terhadap pekerjaan
- c. Selalu menjaga martabat dan nama baik perusahaan
- d. Rasa memiliki yang besar terhadap perusahaan
2. Konsep perhatian (attention)
Perhatian dalam melayani tiap keinginan pelanggan adalah salah satu konsep dasar pelayanan prima. Perusahaan harus senantiasa tanggap terhadap apa yang diinginkan oleh pelanggan. Jika pelanggan sudah menunjukkan minat untuk membeli maka segeralah pelanggan tersebut dilayani dengan baik sehingga pelanggan akan merasa diperhatikan dan akhirnya merasa puas pada pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Adapun contoh dari bentuk perhatian yang bisa diberikan kepada pelanggan seperti di bawah ini:
- a. Mengucapkan salam pembuka pembicaraan
- b. Menanyakan apa saja keinginan pelanggan
- c. Mendengarkan dan memahami keinginan pelanggan
- d. Melayani pelanggan dengan cepat, tepat dan ramah
- e. Menempatkan kepentingan pelanggan sebagai yang utama
3. Konsep tindakan (action)
Selain dua konsep di atas, konsep tindakan ini juga penting untuk mewujudkan suatu pelayanan prima. Konsep tindakan dilakukan saat pelanggan sudah menjatuhkan pilihannya untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Usahakan untuk segera melayani apa yang dibutuhkan, seperti mencatat pesanan atau lain sebagainya. Contoh dari konsep tindakan sebagai berikut:
- a. Segera mencatat pesanan pelanggan
- b. Menegaskan kembali kebutuhan/pesanan pelanggan
- c. Menyelesaikan transaksi pembayaran pesanan pelanggan
- d. Mengucapkan terimakasih diiringi harapan pelanggan akan kembali lagi
Nah itulah 3 konsep dasar yang harus dimiliki oleh perusahaan agar dapat mewujudkan pelayanan prima. Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada konsep sikap yang harus dipunyai tiap-tiap karyawan pada perusahaan agar citra perusahaan baik di mata pelanggan. Kemudian ada konsep perhatian yang harus diberikan kepada pelanggan agar pelanggan merasa diperhatikan keinginan-keinginannya. Dan terakhir ada konsep tindakan yang juga punya peranan penting bagi kepuasan pelanggan atas pelayanan perusahaan karena cepat dan tanggap dalam melayani keinginan pelanggan saat membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Semoga ulasan mengenai konsep dasar dari pelayanan prima dapat membuat Anda semakin paham bagaimana pelayanan prima itu sebenarnya.
Salam Komunitas HRD Forum !
@HRDForum – 2004 – 2016
Training HRD Terlengkap di Indonesia, Hanya HRD Forum