Yuuk Mengenal Coaching agar Sukses! | HRD Forum
Home | Coaching | Yuuk Mengenal Coaching agar Sukses!

Yuuk Mengenal Coaching agar Sukses!

Yuuk Mengenal Coaching

Anda mungkin seringkali menyamakan antara coach dengan motivator. Padahal kedua hal tersebut adalah berbeda. Motivator akan menyampaikan motivasi kepada Anda untuk menjadi lebih baik juga memberikan solusi-solusi yang mungkin Anda ambil, sedangkan coach melalui metode ataupun pertanyaan-pertanyaannya akan membuat Anda berpikir lebih baik dan menyelesaikan masalah sendiri. Coaching berlaku seperti cermin. Dengan bantuan coach, Anda akan dibimbing untuk berkaca pada diri sendiri tentang baik atau buruknya sifat, potensi yang Anda miliki dan mendapat solusi yang juga akan Anda temukan sendiri. Menurut Barner dalam bukunya “The Targeted Assessment Coaching Interview”, ada beberapa metode yang biasanya digunakan seorang coach untuk membantu meng-coaching Anda yaitu sebagai berikut :

1. Remedial Coaching. Metode ini digunakan untuk menghadapi masalah kepemimpinan yang sedang dihadapi oleh seorang clientnya. Remedial coaching akan mengembalikan Anda ke jalur yang seharusnya sehingga performa Anda menjadi lebih baik.

2. Development coaching. Metode ini digunakan coach untuk membantu Anda ketika memasuki pekerjaan yang memiliki tangung jawab yang besar. Adanya metode ini mampu membantu Anda untuk mengambil keputusan-keputusan sehingga mampu mengembangkan karir Anda.

3. Transitional Coaching. Dalam menghadapi karir yang baru, pastinya Anda dituntut untuk mudah beradaptasi. Metode ini diperlukan untuk Anda agar bisa menghadapi tantangan-tantangan yang muncul dalam pekerjaan, cepat beradaptasi dengan suasanan kerja yang baru dan survive di dalamnya.

Metode-metode coaching tersebut tentu saja dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti misalnya ketika Anda memilih antara menjahit baju sendiri dengan beli baju di toko pakaian. Anda pasti merasa lebih pas dengan baju yang dijahit sendiri sebab memiliki ukuran ataupun selera yang sesuai dengan Anda dibandingkan dengan baju di toko pakaian yang sudah ditentukan sendiri ukuran ataupun model bajunya dari pabrik. Pemilihan metode coaching pun begitu. Coaching bersifat personal sesuai dengan kebutuhan clientnya, dan yang mengendalikan prosesnyapun adalah diri Anda sendiri. Sehingga hasil yang didapatkanpun sesuai dengan proses yang Anda lakukan. Metode coaching juga tidak dilakukan sesekali seperti seminar, tetapi dilakukan terus berulang kali secara konsisten sehingga Anda bisa terus mengupgrade diri menjadi lebih baik lagi.

Certified Coach Practitioner (CCP)

Mengikuti coaching tentu saja baik untuk Anda coba dan mampu mengubah cara berpikir Anda menjadi lebih positif. Dengan bantuan coach yang handal, coaching mampu memudahkan Anda menemukan passion apa yang Anda minati, potensi diri Anda yang mungkin tidak disadari selama ini, keinginan terbesar dalam hidup, lebih mampu menikmati hidup sebab tahu apa yang ingin dituju dan menjadi lebih sukses sebab mampu mengelola potensi Anda dengan lebih baik. Coaching akan mengembangkan diri Anda menjadi manusia yang lebih baik lagi tentunya. Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik untuk mengikuti coaching?

Jawab pertanyaan coaching ini :

  1. Apa yang dimaksud Coaching itu?
  2. Apa itu Remedial Coaching?
  3. Apa arti Development coaching?
  4. Apa definisi Transitional Coaching?

Certified Coach Practitioner (CCP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*