Yakin Anda sudah Siap Untuk Promosi Jabatan? | HRD Forum
Home | Coaching | Yakin Anda Sudah Siap Untuk Promosi Jabatan?

Yakin Anda Sudah Siap Untuk Promosi Jabatan?

Membuat Dirimu Siap Dipromosi

Keyword : Coaching – Strategi Naik Jabatan

Setiap orang bisa saja mengatakan bahwa mereka menginginkan naik jabatan, tetapi sudahkah mereka mempersiapkan diri untuk jabatan diatas mereka? Belum tentu. Jika kita merasa pantas untuk dipromosi maka akan lebih baik kita mempersiapkan diri kita untuk jabatan atau level tersebut. Buat perubahan yang kentara sehingga atasan kita menaruh perhatian yang memungkinkan kita untuk dipromosi.

Sebenarnya apa saja cara kita merubah diri sehingga kita dianggap siap untuk dipromosi? Dari mulai perubahan sikap, cara kerja hingga perubahan cara berpakaian kita, inilah 5 strategi naik jabatan yang perlu kita ketahui :

1.       Ubah sikap kita

Jadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih positif dan optimis. Menurut survey dari badan bernama Career Builder, sebanyak 62% pemilik usaha menyatakan bahwa sikap negatif dan pesimis membuat karyawan sulit naik jabatan. Kebiasaan seperti sering datang telat ke kantor, kerap kali mengeluarkan kata kasar, acap kali pulang lebih cepat dari yang seharusnya atau terlalu banyak meminta ijin sakit adalah beberapa hal yang perlu diwaspadai.

HR Brotherhood Super BootCamp, adalah acara akbar HRD Forum yang diadakan hanya satu tahun sekali. pastikan Anda dan Team HR perusahaan Anda IKUT serta. Sudah tahu tindakan apa yang harus Anda lakukan sekarang? DAFTAR!

2.       Ganti cara berpakaian kita

Kita mungkin sudah pernah mendengan istilah ‘dress for the job you want, not the job you have’. Office Team, sebuah badan perekrutan pernah meneliti bahwa 80% pimpinan perusahaan mengganggap cara berpakaian seseorang dapat menggiringnya ke arah kepantasan promosi. Tentu saja cara berpakaian tetap harus melihat jenis usaha atau kantor dimana kita kerja. Kantor dengan hampir semua karyawan berpakaian casual tidak mungkin menganggap penting seorang karyawan dengan pakaian resmi. Selalu ada acara untuk menunjukkan apa yang kita pakai menunjukkan level pekerjaan kita. Ubah cara berpakaian di kantor dengan yang menurut kita lebih baik, disesuaikan dengan tempat kita bekerja.

3.       Bersikap layaknya seorang pemimpin

Tidak ada atasan yang berminat mempromosikan kita jika kita tidak menunjukan sikap kepemimpinan yang baik terutama jika sasaran kita adalah jabatan manajerial. Menurut Harvard Business Review, jika kita ingin naik jabatan maka jauh-jauh hari sebelumnya bersikaplah, berpikirlah dan bekomunikasilah layaknya bagai seorang pemimpin. Lakukan pekerjaan kita dengan baik dan cepat bahkan tawarkan diri kita untuk melakukan pekerjaan tambahan diluar tugas dan tanggung jawab kita.

4.       Bersosialisasi

Tunjukkanlah bahwa kita disukai oleh karyawan yang lain. Bergabunglah dengan acara kumpul-kumpul atau olah raga yang dilakukan selepas jam kantor. Membangun hubungan baik dengan sesame rekan kerja akan membuat atasa berpikir kita diterima dengan baik oleh karyawan yang lain dan berpotensi menjadi pemimpin yang baik. Hanya saja yang perlu kita perhatikan adalah batasan dari sosialisasi tersebut. Jangan sampai kita lupa diri dan hilang kontrol misalnya mabuk,dsb.

5.       Diskusikan dengan atasan

Bahkan di saat kita belum merasa siap untuk naik jabatan, mendiskusikan target, tujuan dan ambisi kita terkait pekerjaan kepada atasan tetap merupakan ide yang baik. Ini menunjukkan niat baik kita sekaligus menunjukkan bahwa kita ingin maju. Hal seperti ini baik bagi perkembangan karir kita di tempat kerja

Apapun yang kita kerjakan di tempat kerja, usahakanlah kita mengerjakannya sebaik mungkin. Dengan melakukan segalanya dengan maksimal, yakin saja bahwa segala usaha yang baik tidak akan sia-sia.

HRD Forum – TrainingCoachingConsultingHead Hunting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*