Transjakarta lowongan kerja sopir gaji 9,3 juta | HRD Forum
Home | Article | Wow! PT Transjakarta buka lowongan kerja sopir dengan gaji 9,3 juta.

Wow! PT Transjakarta buka lowongan kerja sopir dengan gaji 9,3 juta.

Wow! PT Transjakarta buka lowongan kerja sopir dengan gaji 9,3 juta.

Tahun ini (2016) PT Transportasi Jakarta akan menambah sebanyak 2000 unit bus baru. Dengan jumlah sebanyak 2000 tersebut, maka PT Transportasi Jakarta membutuhkan sebanyak 6000 sopir dan 6000 kernet ujar Dirut PT Transportasi Jakarta ANS Kosasih.

Kosasih dalam rilisnya pada hari Minggu, 3 Januari 2016 berkata, “Kami yakin di tahun 2016 ini, sebanyak 2000 unit bus bisa didatangkan, dan daya angkut mencapai satu juta penumpang. Jika layanan kami sudah banyak, jangan khawatir tidak dapat pekerjaan. Silahkan ajukan lamaran ke kami.”

Kosasih memberikan beberapa persyaratan bagi masyarakat yang ingin melamar menjadi sopir bus transjakarta. Namun syarat utama yang wajib dipenuhi adalah para pelamar harus bisa memarkirkan bus-bus besar tersebut, terlebih lagi bus gandeng.

“Harus bisa parkir dong, syarat utama itu. Masa bisa bawa tapi tidak bisa parkir?”, ujarnya.

Syarat lain yang diberikan PT Transportasi Jakarta adalah memiliki SIM B1 Umum dan SIM B2 Umum. Namun diakuinya bahwa transjakarta mengalami kesulitan menemukan pemilik SIM B1 atau B2.

Syarat lainnya adalah untuk pelamar pendidikan minimal lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Para pelamar juga harus sehat, tidak buta warna dan huruf, serta bebas narkoba.

“Silahkan kirimkan lamaran ke Direksi PT Transjakarta dengan alamat Jln. Mayjen Sutoyo No. 1, Cawang, Jakarta Timur.”, ujar kosasih.

Tranjakarta menyediakan tiga jenis penghasilan kepada para sopir yang bergabung, bahkan berkali lipat dari UMP DKI Jakarta. Untuk diketahui UMP DKI Jakarta pada Tahun 2016 ini sebesar Rp 3,1 juta.

Transjakarta menjanjikan bagi pengemudi bus pemegang SIM B1 Umum akan mendapatkan gaji dua kali Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta yaitu sebesar Rp 6,2 juta.

Sedangkan pengemudi bus pemegang SIM B2 Umum akan mendapatkan gaji sebesar 2,5 kali UMP atau Rp 7,75 juta.

Untuk pengemudi bus gandeng akan mendapatkan jam kerja yang pasti dengan gaji tiga kali UMP atau Rp 9,3 juta dan asuransi jiwa dan kecelakaan yang mencapai Rp 100 juta.

“Lowongan kerja sopir kami buka terus”, ujarnya.

Kosasih menerangkan bahwa Pihak Transjakarta pada pekan ini akan menemui Plt Dirjen Perhubungan Darat untuk menyelesaikan izin bus Transjakarta yang akan beroperasi di area Bodetabek. Berbagai area stasiun KRL juga akan beroperasi bus Transjakarta, hal ini diharapkan akan membuat penduduk Bodetabek mau beralih menggunakan Angkutan Umum.

Kosasih juga berkata, “Harapan kami adalah semua penumpang dari Bodetabek ke Jakarta dan sebaliknya dapat merasakan transportasi yang murah dan cepat. Sekali naik dengan biaya satu tarif yang terintegrasi dengan seluruh layanan Transjakarta, seperti Busway, Bus Kota dan Feeder. Sekali bayar untuk semua (all in)”.

Berdasarkan arahan Gubernur DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta juga akan melewati rute-rute dari Bus Kota yang jumlah armada busnya masih sedikit sedangkan penumpangnya banyak. Izin operasional dijanjikan akan diberikan Dinas Perhubungan dan Transportasi untuk rute-rute tersebut.

@HRDForum – 2016

Baca juga : Teknik Pembuatan SOP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*