Tugas Penting Direktur Perusahaan | HRD Forum
Home | Article | Tugas Penting Direktur Perusahaan

Tugas Penting Direktur Perusahaan

tugas-direktur-hrdTugas Penting Direktur Perusahaan – di dalam struktur organisasi sebuah perusahaan—biasanya perseroan terbatas (PT)—seorang direktur utama adalah yang memegang kekuasaan eksekutif paling tinggi.

Biasanya yang dipilih untuk menempati posisi tersebut adalah pemilik perusahaan atau seorang profesional yang ditunjuk secara khusus oleh para pemilik saham perusahaan.

Pasti dari anda banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih pekerjaan yang dilakukan oleh seorang direktur dalam sebuah perusahaan? Ataukah hanya meeting saja, atau ada yang lainnya.

Untuk mengetahui apa sebenarnya jobdesc dari seorang direktur dalam menjalankan fungsinya di sebuah perusahaan, silakan untuk menyimak tugas penting direktur perusahaan dalam artikel berikut ini

Fungsi seorang direktur

Sebelum membahas terkait tugas penting seorang direktur, ada baiknya jika anda mengetahui apa sih fungsi seorang direktur dalam perusahaan.

Secara singkat, seorang direktur memiliki dua fungsi di dalam perusahaan; yaitu fungsi eksternal, dan fungsi internal.

Untuk fungsi eksternal seorang direktur menjadi wakil atas nama perusahaan untuk melakukan bisnis dengan perusahaan lain, dan juga ketika terjadi sengketa antara perusahaan satu dengan yang lainnya disitulah fungsi eksternal direktur dijalankan—sebagai wakil.

Sedangkan untuk fungsi internal seorang direktur adalah mengurus dan mengelola perusahaan untuk kelancaran jalannya visi dan misi perusahaan tersebut, serta fungsinya dalam mengambil keputusan terkait kebijakan perusahaan.

Tugas seorang direktur

Sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa direktur merupakan posisi eksekutif tertingi di dalam sebuah perusahaan.

Semakin tinggi posisi di sebuah perusahaan, sudah pasti bahwa tugas yang diembannya juga semakin besar pula.

Lalu, apa saja tanggung jawab seorang direktur di dalam menjalankan tugasnya? Yaitu:

  1. Sebagai eksekutor (pemutus dan penentu) tertinggi dari sebuah kebijakan atau peraturan dalam perusahaan
  2. Memiliki tugas sebagai pemimpin dalam jalannya perusahaan
  3. Sebagai perumus strategi perusahaan
  4. Memilih staf-staf yang berkerja langsung dibawahnya; seperti level General Manager, Senior Manager, dan Division Manager.
  5. Memimpin jalannya rapat umum, guna memastikan jalannya pelaksanaan tata tertib di dalam perusahaan.
  6. Representatif dari dewan pemegang saham di dalam perusahaan. (Menyalurkan aspirasi dari pemegang saham kedalam perusahaan)
  7. Mengkoordinasikan dan mengawasi secara langsung jalannya perusahaan; baik itu dalam bidang kepegawaian, administrasi, sampai kepada bidang pengadaan barang.
  8. Sebagai penentu atau yang memutuskan untuk mengangkat seorang karyawan atau memutus hubungak kerja karyawan.

Tanggungjawab seorang direktur dalam sebuah perusahaan

Dalam menjalankan fungsinya sebagai pemimpin tertinggi sebuah perusahaan, tidak hanya tugas seorang direktur saja yang dirasa berat, namun juga tanggung jawabnya dalam menjalankan perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tanggungjawab yang harus diemban seorang direktur dalam sebuah perusahaan:

  1. Di Negara Indonesia, ada undang-undang yang mengatur mengenai tanggung jawab seorang direktur dalam menjalankan tugasnya di sebuah perusahaan yaitu UU No. 40 Tahun 2007. Direktur bertanggung jawab atas kerugian perusahaan (PT) yang disebabkan karena direktur tidak menjalankan kepengurusan perusahaan (PT) sesuai dengan maksud dan tujuan perusahaan (PT). Atas kerugian perusahaan (PT), direktur akan dimintakan pertanggungjawabannya baik secara perdata maupun secara pidana.
  2. Apabila kerugian perusahaan disebabkan karena kerugian bisnis dan direktur sudah menjalankan fungsinya dengan baik dan benar maka direktur tidak dapat dipersalahkan.

Itu tadi adalah sekilas mengenai UU No. 40 tahun 2007 mengenai tanggungjawab seorang direktur di dalam sebuah perusahaan.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi fungsi jabatan di dalam perusahaan maka semakin berat pula tugas dan tanggungjawabnya.

Nantikan artikel HRD di website HRD Forum. Sebagai komunitas HRD terbesar di Indonesia kami selalu menyajikan artikel HRD menarik semoga dapat menambah pengetahuan kita semua, amiin.

Bagi perusahaan yang ingin mengundang HRD Forum memberikan pelatihan secara inhouse training di perusahaan Anda, silakan hubung HRD Forum segera di email : [email protected] ; HRD Forum menyelenggarakan banyak training HRD, pelatihan HRD, seminar HRD untuk semua perusahaan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*