Tugas HRD Manager & Tugas HRD Supervisor | HRD Forum
Home | Article | Tugas HRD Manager

Tugas HRD Manager

Dalam iklan lowongan kerja yang sedang mencari kandidat untuk posisi HRD Manager tertulis sekilas job description HRD Manager, yaitu ; 1) Menguasai undang-undang ketenagakerjaan Indonesia, 2) Menguasai HR Planning, proses recruitment & selection, 3) Mampu membuat strategi compensation & benefit, grading system, job evaluation, desain struktur gaji. 4) Mampu membuat Training Needs Analysis dan Training Evaluation, 5) mampu mendesain dan melaksanakan Performance Management System, termasuk Penilaian kinerja, pembuatan KPI, pembuatan desain kompetensi, matrix kompetensi, dll

Sekilas, uraian dalam iklan lowongan kerja HRD Manager itu biasa-biasa saja. Tetapi jika kita kupas satu persatu, ternyata kandidat yang nanti akan mengisi lowongan kerja hrd manager itu dipastikan haruslah orang yang mumpuni dalam ilmu praktis HRD, mengapa? karena tugas dan tanggung jawab yang diminta sangat dalam dan mencakup seluruh bisnis proses di dalam area HR.

Apa Tugas HRD Manager?

Jika kita ditanya apakah tugas HRD manager itu? tentu jawabannya beragam, banyak jawaban yang bisa kita berikan, tetapi agar lebih tepat sasaran, tentunya kita harus melihatnya perusahaan per perusahaan, mengapa? karena tugas HRD Manager perusahaan A, belum tentu sama tugasnya dengan HRD Manager perusahaan B, tugas HRD Manager perusahaan C, D, E dan seterusnya.

Karena jika kita berbicara tentang tugas HRD Manager, maka mau tidak mau kita harus berbicara tentang Job Description HRD Manager itu apa? yang pasti Job Description HRD Manager perusahaan A, belum tentu sama dengan Job Description HRD Manager perusahaan B, C, D, E, dst.

Tugas HRD Manager adalah…

Tetapi walaupun berbeda-beda Job description antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, tetapi secara garis besar memiliki kesamaan, diantaranya :

  1. Mengelola orang-orang yang ada di dalam perusahaan, yang disebut karyawan, apa yang dikelola? banyak, diantaranya ; data pribadi karyawan, kompetensi karyawan, KPI atau target, Motivasi, dll yang intinya HRD Manager mengelola karyawan agar memiliki performance yang terus meningkat.
  2. Membuat system HR yang efektif dan efisien ; misalnya membuat SOP, job description, system KPI, performance management system, recruitment & selection management system, training & development system, Compensation & Benefit Management System, HR Planning, dsb.
  3. Memastikan bahwa karyawan selalu produktif, loyal dan punya kontribusi terhadap perusahaan.
  4. Memastikan setiap karyawan, baik karyawan baru maupun karyawan lama memiliki 3C, yaitu : Competency, Commitment dan Contribution.
  5. Memastikan ACE, Allignment, Capability, Engagement dimiliki oleh semua karyawan. penjelasan tentang ACE akan dituliskan dalam artikel terpisah.
  6. dan lain-lainnya.

Dalam banyak Hal, Tugas HRD Manager lebih bersifat strategik jika dibandingkan dengan tugas supervisor HRD dan staff HRD.

Sangat menarik membaca artikel mengenai Tugas HRD ini, banyak kasus, tugas HRD itu berbeda-beda. Tetapi pada intinya sama. Coba anda bayangkan, tugas HRD di perusahaan kecil, menengah, besar, apakah sama ? mungkin secara garis besar sama, tetapi secara detil pasti berbeda.

Sehingga jika Anda bertanya, apakah saya bisa mencontek job description HRD di perusahaan tetangga sebelah untuk dijadikan job decsription HRD di perusahaan saya? tentu jawabnya bisa saja, tetapii tidak bisa anda copy paste 100%, anda harus modifikasi dan sesuaikan dengan kondisi aktual di perusahaan anda.

Bersambung….

3 comments

  1. Ramadhona aulia

    Apakah HRD Manager bertugas menerima dan memberhentikan karyawan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*