Tugas HRD apa Saja Ya? | HRD Forum
Home | Article | Tugas HRD Apa Saja Ya ?

Tugas HRD Apa Saja Ya ?

Tugas HRD sangat banyak, itulah kenyataannya. Tetapi anehnya, banyak karyawan dari departemen lain bertanya ‘apa tugas HRD itu?’ seperti tidak ada kerjaannya, kerjanya hanya merepotkan departemen lain. Departemen yang gak jelas kerjanya adalah HRD, ha ha ha…. ada lho yang mengatakan hal seperti itu.

Ya kita sebagai HRD gak perlu marah apalagi tersinggung, jelas mereka memiliki pandangan seperti itu, sebab mereka tidak bekerja di HRD departemen, mereka belum pernah merasakan betapa sibuknya orang HRD dari hari ke hari. Ahaaa tetapi ada juga kok karyawan non HRD yang sudah mempunyai pandangan positif tentang tugas HRD, tentang job description HRD. Mereka yang memiliki pandangan positif tersebut umumnya adalah orang-orang yang pernah mengikuti pelatihan HR for Non HR. (Sekilas info : HRD Forum sering diminta oleh klien untuk memberikan pelatihan HR for Non HR kepada para supervisor dan manager lintas departemen di berbagai perusahaan, manfaatnya? sangat banyak sekali. Baca Training HR For Non HR disini).

Rekan HRD, berbicara apa sebenarnya tugas HRD, maka kita harus berbicara apa sebenarnya tujuan HRD ada di perusahaan, mengapa harus ada HRD di perusahaan, bagaimana jika tidak ada HRD di perusahaan? baiklah kita lihat satu persatu.

Tujuan HRD ada di perusahaan

Rekan HRD Indonesia, jika kita bertanya apa tugas HRD di perusahaan, kita harus menjawab terlebih dahulu apa tujuan HRD ada di perusahaan, adapun tujuan HRD ada diperusahaan secara garis besar ada empat point penting, yaitu :

1. Organizational Objective

HRD hadir di perusahaan adalah untuk membantu, mendukung, mendorong agar tujuan dari perusahaan dapat dicapai. Setiap perusahaan memiliki GOAL, memiliki tujuan, memiliki DREAM, memiliki harapan, memiliki visi dan misi, maka HRD hadir di dalam perusahaan adalah membantu mewujudkan semua mimpi, goal, harapan, target, visi, misi perusahaan.

2. Personal Objective

HRD hadir di perusahaan adalah untuk membantu mewujudkan tujuan-tujuan dari individu-individu karyawan yang bekerja di dalam perusahaan. Setiap karyawan menginginkan bekerja diperusahaan yang harmonis, hangat, tenang, nyaman dan sebagainya, HRD hadir untuk membantu mewujudkan tujuan-tujuan personal tersebut.

3. Functional Objective

HRD hadir untuk membuat, menyiapkan, mendesain suatu sistem, aktifitas, tools yang dapat membantu terwujudnya tujuan-tujuan fungsional HRD, misalnya membuat job description, pembuatan sop, pembuatan kpi, pembuatan struktur gaji, pembuatan TNA dan sebagainya. Functional objective disini adalah objective yang melekat dalam jabatan atau posisi HRD.

4. Societal Objective

HRD hadir di perusahaan guna membantu mendukung, mendorong tujuan sosial untuk masyarakat sekitar, ini sering kita kenal dengan sebuah program yang bernama CRS, corporate social responsibility. Tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan sosial di sekitar perusahaan.

Setelah kita mengetahui semua tujuan HRD, maka kita dapat menjawab dengan lengkap apa sebenarnya tugas HRD di perusahaan. Jadi tugas HRD di dalam perusahaan adalah memastikan semua tujuan tersebut (empat tujuan) dapat terwujud.

Dalam menjalankan aktifitasnya, ada yang dinamakan business process HR, yaitu dimulai dari HR Planning, Recruitment & Selection, Comp Itulah proses HR yang harus dilakukan hari demi hari.

Jika melihat semua kenyataan di atas, kita boleh menarik nafas panjang, ya ternyata tugas HRD sangat banyak, sebanyak pasir di pantai ha ha ha lebay deh.

Rekan HRD Indonesia,
Tugas HRD sangat banyak, oleh karena itu, pastikan praktisi HRD perusahaan anda memiliki kompetensi yang baik. Agar team HRD perusahaan anda memiliki kompetensi yang baik, maka bekalilah team HRD perusahaan anda dengan pelatihan-pelatihan HRD yang baik. Jika tugas HRD banyak, bagaimana dengan Tugas HRD Manager ?

Sudah tahu dimana mencari training HRD berkualitas dan lengkap? ya di HRD Forum anda bisa mendapatkannya. Lihat agenda training HRD Forum disini.

Terima Kasih, sampai jumpa di artikel HRD berikutnya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*