5 Trik jitu mengelola gosip di kantor | HRD Forum
Home | Article | 5 Trik jitu mengelola gosip di Kantor Agar Hidup Tenang

5 Trik jitu mengelola gosip di Kantor Agar Hidup Tenang

stress-level-gosip-kantorTrik jitu mengelola gosip di kantor – Suasana kantor yang nyaman dan tenteram adalah idaman setiap karyawan dalam bekerja.

Dengan suasana yang nyaman, dalam bekerja karyawan akan lebih fokus dan produktivitas pun meningkat. Meningkatnya produktivitas tentunya akan memberikan dampak baik pada perusahaan juga.

Namun kita hidup di sebuah lingkungan sosial, dimana sesuatu yang kita lakukan tidak akan terlepas dari campur tangan orang-orang lain di sekitar kita.

Sama halnya dengan ketika di kantor, efek lingkungan sosial bisa menimbulkan berbagai masalah. Biasanya masalah yang timbul dalam lingkungan sosial di kantor memiliki sumber dari gosip.

Seperti yang kita ketahui, gosip adalah sesuatu yang masih diragukan kebenarannya namun banyak orang yang mengira-ira bahwa hal tersebut sudah terjadi.

Gosip, di kantor atau di perusahaan adalah hal yang lumrah adanya. Kita tidak bisa menghindari dari gosip-gosip yang beredar namun kita memiliki kesempatan dan kemampuan untuk mengelola gosip tersebut.

Berikut ini adalah beberapa trik jitu mengelola gosip di kantor yang mungkin bisa anda terapkan.

Jika anda yang menjadi korban gosip

Gosip biasanya berkaitan dengan berita negatif akan seseorang. Diberitakan tentang hal negatif tentunya tidak menyenangkan, bukan?

Jika anda sedang menghadapi kondisi dimana anda menjadi korban gosip para karyawan lain di kantor ada baiknya anda tidak tinggal diam.

Gosip adalah sesuatu yang membutuhkan klarifikasi agar lebih transparan dan jelas.

Jika anda digosipkan di dalam sebuah kantor, anda tidak boleh diam. Sebelum gosip tersebut menyebar, pastikan anda mengklarifikasi akan kebenaran berita tersebut.

Jalin hubungan baik dengan seluruh karyawan

Gosip atau berita negatif, awal kemunculan biasanya dari oknum-oknum yang tidak suka dengan sifat atau tindakan kita di kantor.

Maka dari itu, untuk meminimalisir terjadinya gosip di kantor maka semua karyawan harus memiliki hubungan yang baik.

Ketika karyawan memiliki hubungan baik satu sama lain maka kecenderungan untuk muncul gosip tak sedap akan berkurang juga.

Jangan terlibat dalam bergosip

Salah satu cara mengelola yang baik dalam mengelola gosip di kantor juga dengan tidak melibatkan diri ke dalamnya.

Dengan tidak melibatkan diri dalam aktivitas bergosip maka anda telah berusaha memotong mata rantai penyebaran berita yang belum tentu kebenarannya tersebut.

Jika lebih banyak karyawan yang memiliki kesadaran untuk tidak terlibat dalam gosip, maka penyebaran berita yang belum pasti kebenarannya ini dapat terminimalisir dengan baik.

Jangan banyak bercerita hal personal

Jika anda tidak ingin menjadi korban gosip, dalam mengelolanya maka kurang-kurangilah dalam menceritakan kehidupan personal anda kepada rekan kantor.

Biasanya berita yang dijadikan gosip adalah hal-hal yang sifatnya pribadi, karena hal bersifat pribadi sangat mudah mengundang rasa penasaran orang lain.

Jangan terlalu mengekspos diri pada sosial media

Sosial media memang sudah makanan kita sehari-hari, terlebih saat beristirahat dari penatnya pekerjaan.

Namun jangan terlalu sering berkeluh-kesah melaui media sosial, ya.

Tidak jarang juga sosial media bisa menjadi sumber gosip. Hal ini dikarenakan ketika kita berkeluh kesah di sosial media, kita cenderung tidak menuangkan seluruh kejelasan masalah di situ.

Terkadang orang lain dengan seenaknya membuat kesimpulan-kesimpulan dari tuangan keresahan kita pada sosial media.

Jaga perilaku

Yang paling penting untuk terhindar dari gosip adalah menjaga perilaku. Tidak ada cara yang lebih manjur dalam mengelola gosip selain menjaga perilaku.

Selama kita menunjukan perilaku yang baik di dalam norma kantor maka kita sudah melakukan yang namanya pengelolaan gosip dan meminimalisir kemungkinan terjadinya.

Artikel HRD selalu menarik perhatian banyak karyawan di seluruh Indonesia guna meningkatkan kompetensi. HRD Forum sebagai komunitas HRD dan konsultan HRD selalu memberikan training HRD baik publik training maupun inhouse training. Pastikan perusahaan Anda mendapatkan training murah berkualitas dari HRD Forum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*