Training HRD : Ada apa dengan Cintamu? | HRD Forum
Home | Article | Training HRD : Ada apa dengan Cintamu?

Training HRD : Ada apa dengan Cintamu?

Training HRD beberapa tahun belakangan ini semakin marak dan bermunculan dengan berbagai tema yang menarik dan menggoda banyak praktisi HRD, direksi dan owner perusahaan. Pelatihan HRD atau training HRD di awal tahun 2000 sangat sulit di dapatkan, hanya sebagian kecil lembaga training yang khusus menggarap lahan di bidang HRD ini, beda dengan sekarang, training HRD menempatkan porsi besar dalam pelatihan-pelatihan di Indonesia bahkan dunia.

Di awal-awal berdirinya HRD Forum di tahun 2004, training HRD tidak begitu marak, hanya sebagian training provider yang menyelenggarakan pelatihan HRD ini termasuk salah satunya adalah HRD Forum yang sejak berdiri pada tahun 2004 fokus menggarap pelatihan di bidang HRD, dari tahun 2004 sampai detik ini dan seterusnya, HRD Forum fokus pada bidang HRD dan pengembangan sumber daya manusia. Berbeda dengan sekarang berbagai lembaga training bermunculan, topik-topik training HRD bermunculan, walaupun banyak juga topik-topik HRD yang merupakan daur ulang dari topik-topik HRD yang dulu sempat berkibar tetapi lambat laun mulai menurun, untuk meningkatkan kembali animo perusahaan-perusahaan maka ada sebagian topik HRD mengalami daur ulang sehingga menjadi layak untuk ketahui dan dinikmati oleh perusahaan-perusahaan yang sedang membangun system HRD nya.

Kita lihat saja beberapa topik HRD pada pelatihan-pelatihan HRD, baik yang diiklankan di facebook, yahoogroups, googlegroups, youtube, slideshare, ebook, website HRD, Blog HRD, majalah-majalah dan koran-koran nasional begitu beragam dan menariknya. Sebut saja topik training HRD di bidang HR Planning, untuk bidang ini saja muncul topik-topik menarik mengenai MPP, manpower planning, HR Planning, Workload analysis, Markov Analysis, dsb. Untuk Topik training HRD di bidang Recruitment and Selection, muncul topik-topik tentang tata cara melakukan recruitment and selection yang baik dan benar, teknik-teknik wawancara, dengan beragam judul menarik walaupun isinya hampir mirip-mirip. Di bidang Performance Management System, bermunculan topik-topik training HRD yang berkaitan dengan PMS itu sendiri, Key Performance Indicators, Performance Appraisal, Desain Kompetensi, matix kompetensi, kamus kompetensi, Balanced score card, dsb. Di Bidang Training and Development muncul topik pelatihan HRD dengan tema Training and development. Training Needs analysis, Training Evaluation, desain kurikulum pelatihan, Train for the trainers, dsb. Di Bidang Compensation and Benefit muncul topik training HRD tentang bagaimana menyusun struktur gaji, bagaimana melakukan job evaluasi, bagaimana menetapkan job family, teori dasar kompensasi dan benefit, dsb. Untuk bidang Industrial Relation banyak bermunculan topik training HRD dengan tema tentang Hubungan industrial, perjanjian kerja, PKWT – PKWTT, PKHL, tata cara perhitungan lembur, THR, PHK dan pesangon, UU 13 tahun 2003, Kepmen-kepmen ketenaga kerjaan, dsb. Sedangkan untuk topik-topik pelatihan HRD yang berkaitan dengan bidang tugas keadministrasian muncul training HRD tentang bagaimana membuat Job description, bagaimana membuat standard operating procedures, bagaimana membuat formulir HRD, dsb.

Dilihat dari uraian di atas, kita sebagai praktisi HRD patut berbangga hati karena ternyata untuk menjadi seorang praktisi HRD Professional jalan lebar dan luas sudah terbuka di depan mata, anda hanya tinggal memutuskan untuk action mempelajari seluruh topik-topik training HRD tersebut baik dengan cara berbayar maupun yang gratisan.

Gratisan ? mungkin itu pertanyaan Anda, ya Training HRD Gratisan dapat anda dapatkan dengan mengikuti diskusinya melalui mailing-list diskusi HRD, yang beralamat di [email protected] dengan menjadi member di milis [email protected] anda setiap hari akan menerima email diskusi praktisi HRD se Indonesai, dari diskusi-diskusi HRD yang ada anda dapat belajar secara gratis. Tetapi jika anda ingin mengikuti training HRD dengan hadir di kelas, HRD Forum menawarkan pelatihan HRD dengan beragam judul Training HRD, setiap bulannya, untuk melihat judul-judul Training HRD apa saja yang ditawarkan oleh HRD Forum, anda dapat melihatnya di halaman Public Training, Anda dapat memilih judul training sesuai kebutuhan anda dan perusahaan.

Mengenai biaya investasi, ada yang murah, ada pula yang sedikit mahal. Untuk investasi yang murah yaitu Rp. 350.000,- anda dapat mengikuti pelatihan HRD di hari sabtu dengan tagline HRD Forum Event, kebetulan diakhir Agustus 2013, tepatnya 31 Agustus 2013, HRD Forum menggelar HRD Forum Event ke-99 dengan judul : Strategi dan Cara Cerdas Membuat serta Mengembangkan Key Performance Indicators (KPI) diadakan hari Sabtu, 31 Agustus 2013 di salah satu hotel di Jakarta. Sementara untuk HRD Forum Event ke-100 HRD Forum akan mengangkat topik yang sangat menarik yaitu : HR AUDIT, dilaksanakan hari sabtu, 7 September 2013 di salah satu hotel di Jakarta, sedangkan tanggal 14 September 2013, HRD Forum akan mengadakan HRD Forum Event ke-101 dengan judul : Training Needs Analysis (TNA) & Training Impact Evaluation (TIE) dalam kaitannya dengan Business Impact & ROI. Sabtu, 21 September 2013 HRD Forum mengadakan HRD Forum Event ke-102 dengan topik : Teknik Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial. Investasinya? jika anda member HRD Forum, cukup membayar Rp. 350.000,- Info lengkap silakan baca artikel berjudul Jembatan Menuju HR Professional, atau silakan Klik disini.

Bagaimana menurut Anda? begitu mudahnya kita meningkatkan kompetensi HRD, jalan begitu lebar dan luas, mau training HRD gratis, training HRD murah sampai yang sedikit mahal bahkan yang sangat mahal pun sudah tersedia. Dengan kondisi seperti ini tentu kecintaan anda pada profesi HRD seharusnya semakin meningkat. Bagaimana dengan cintamu sendiri terhadap dunia HRD? Cukup niat dan kemauan semua bisa anda wujudkan dengan segera ! Ada satu hal yang juga harus anda ketahui, kompetensi itu sangat penting, tetapi ada juga hal yang lebih penting lagi yaitu Networking, ya perbanyak teman-teman HRD anda, jika anda berniat mengembangkan karir di bidang HR atau HRD maka mau tidak mau anda harus memperbanyak jumlah teman-teman HRD anda ! manfaatnya ? banyak sekali ! nanti anda akan membuktikannya sendiri. Dimana anda bisa mendapatkan teman-teman hrd indonesia sebanyak mungkin? ya di HRD Forum lah tempatnya, anda bisa bergabung di milis HRD Forum yang beralamat di [email protected]. Selamat Berkarir dan sampai jumpa di puncak !

Salam HR !

Bahari Antono