Training General Affairs dari Konsep Teori hingga Praktek | HRD Forum
Home | Article | Training General Affairs dari Konsep Teori hingga Praktek

Training General Affairs dari Konsep Teori hingga Praktek

Hampir disetiap perusahaan ada departemen atau bagian yang bernama General Affairs, sering disebut GA atau bagian umum, atau kadang disebut General Services.

General Affairs adalah bagian supporting yang tugasnya membantu semua kegiatan bisnis perusahaan, mulai dari kebersihan kantor, ketersediaan kendaraan dinas yang siap jalan, perawatan gedung, instalasi listrik, AC, keamanan kantor, kantin, pos satpam, penyediaan dan pengelolaan office boy dan office girl, instalasi telepon dan fax, kebersihan lantai, dan lain-lain.

Peran General Affairs dalam perusahaan diakui oleh banyak pihak masih kurang mendapat perhatian, bila dibandingkan dengan peran HRD, Finance, Sales dan Production dan unit kerja lain di dalam perusahaan.

General Affair (GA) sebagai supporting unit tentunya memiliki peran yang tidak kalah penting dibanding departemen lain. Tanpa General Affair (GA) yang profesional, perusahaan tidak dapat menghasilkan performance yang optimal.

Karakterisktik pekerjaan dari General Affair (GA) sering digambarkan sebagai pekerjaan layaknya pemadam kebakaran, ada api padamkan, ada asap musnahkan. Banyak orang mengatakan bahwa pekerjaan General Affair (GA) lebih bersifat reaktif, tentu ini adalah pandangan atau pemahaman yang salah tentang tugas dan tanggung jawab General Affair (GA). General Affair (GA) yang profesional harus melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya preventif, proaktif, bukan reaktif. Tugas General Affair (GA) diakui banyak variannya yang masing-masing memerlukan pengetahuan dan keterampilan teknis.

Karena sangat komplek dan teknisnya pekerjaan, tugas dan tanggung jawab General Affair (GA) begitu berat, tidak cukup seorang staff, supervisor maupun GA hanya mempunyai kompetensi, tetapi seorang General Affair (GA) wajib mempunyai kompetensi, komitmen yang tinggi dan kontribusi bagi perusahaan. Karena disamping kemampuan teknis seorang General Affair (GA) dituntut mempunyai readiness untuk mengabdi kepada perusahaan dengan sepenuh hati.

Oleh karenanya kompetensi yang dibutuhkan selain kompetensi teknis, seorang General Affair (GA), wajib memiliki interpersonal skill yang baik, memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, mampu bernegosiasi, dapat melakukan koordinasi yang baik dengan sejumlah pihak, mempunyai pengetahuan tentang continous improvement melalui metode 5S/R, dapat membuat surat administrasi dengan aplikasi Word, dapat membuat data processing dan summary report dengan aplikasi Excel dan memiliki kemampuan presentasi yang baik dengan menggunakan aplikasi Powerpoint dan lain-lain.

Banyak perusahaan telah menyadari hal itu, dan mulai mencari-cari cara bagaimana cara meningkatkan kompetensi bagi orang-orang General Affair (GA) di perusahaannya. Ada tiga cara untuk meningkatkan kompetensi orang-orang General Affair (GA), yaitu pertama dengan Training General Affair (GA), kedua dengan Job Assignment General Affair (GA), dan ketiga dengan Coaching General Affair (GA).

Pertanyaannya, dimana mencari training General Affair (GA) yang bagus, baik dan dapat diaplikasikan di tempat kerja? nah, bagi perusahaan yang sedang mencari training General Affair (GA), HRD Forum lah tempatnya.

HRD Forum divisi training mengadakan training General Affair (GA) dengan dalam dan spesifik, simak pelatihan General Affair (GA) dengan judul training Certified General Affairs Management dan ada juga training akbar dengan tagline General Affairs Professional.

Tertarik untuk ikut dalam training General Affair (GA) ? Daftar dari sekarang juga !

Terima Kasih dan salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*