Training Analisa Beban Kerja Workload Analysis | HRD Forum
Home | Article | Training Analisa Beban Kerja Workload Analysis

Training Analisa Beban Kerja Workload Analysis

analisa-beban-kerja-2Banyak manager yang mengeluh kekurangan staff atau anak buah, sementara pimpinan perusahaan menganggap jumlah karyawannya sudah sangat banyak, sudah lebih dari cukup. Manager merasa kekurangan anak buah sementara perusahaan merasa sudah lebih dari cukup jumlah staf manager tersebut.

Lalu siapa yang benar? apa dasar sang manager merasa dia kekurangan anak buah? apa dasar perusahaan menganggap jumlah karyawannya sudah kebanyakan? sudah lebih dari cukup.

Sang manager melihat dari beban kerja yang ditanggungnya, sementara perusahaan melihat dari cost yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Jika anda mengalami kasus seperti ini, sudah saatnya anda atau perusahaan anda mempelajari analisa beban kerja atau workload analysis.

Analisa Beban Kerja adalah proses untuk menghitung beban kerja pada suatu job position atau jabatan, selain mendapatkan beban kerja per job posisi, analisa beban kerja juga akan mendapatkan berapa jumlah karyawan yang tepat di suatu bagian atau unit tertentu.

Ingin punya teman, sahabat, kolega, mitra dari kalangan praktisi HR se Indonesia? IKUT saja HR BrotherhoodSuper BootCamp, yang akan diadakan di Puncak, 11-12 Maret 2017. Gimana sudah kebayang kan apa yang harus Anda lalukan saat ini juga?

Metoda FTE Full Time Equivalent sering digunakan dalam proses menghitung analisa beban kerja. Dari analisa beban kerja juga bisa kita gambarkan berapa nilai rupiah per aktifitas atau cost per acvity dimana tujuan dari mencari  cost peractivity ini agar job holder atau pemegang jabatan serta atasannya menyadari bahwa setiap aktifitas mempunyai nilai rupiah yang menjadi tanggung jawab perusahaan setiap bulannya.

HRD Forum secara rutin mengadakan pelatihan analisa beban kerja yang diadakan setiap bulannya. Adapun jadwalnya adalah sebagai berikut :

8 Januari 2018
5 Februari 2018
5 Maret 2018
9 April 2018
7 Mei 2018
4 Juni 2018
9 July 2018
6 Agustus 2018
3 September 2018
8 Oktober 2018
5 November 2018
10 Desember 2018

Pelatihan analisa beban kerja akan dilaksanakan mulai jam 09.00 sampai dengan pukul 16.00 wib. Dilaksanakan di salah satu hotel di Jakarta. Penentuan hotel akan diinformasikan kepada seluruh peserta, 4 hari sebelum acara.

Lalu apa saja yang akan dipelajari dari training analisa beban kerja ini ? materi pelatihan analisa beban kerja atau workload analysis yang akan diberikan meliputi :

  • Definisi Analisa Beban Kerja/Workload Analysis
  • Mengapa Perusahaan harus melakukan Beban Kerja/Workload Analysis
  • 4 Metoda Pengumpulan Data
  • Pendekatan Analisa Beban Kerja
  • Formulir Analisa Beban Kerja
  • Standard Kerja Normal
  • Allowance (Waktu kelonggaran)
  • Full Time Equivalent (FTE)
  • Latihan

diawali dengan penjelasan tentang HR Planning, Implementasi HR Planning di banyak perusahaan dan problem-problem umum yang sering dirasakan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Berikutnya akan dijelaskan prinsip dasar analisa beban kerja, fungsi dan manfaat analisa beban kerja, lalu diakhiri dengan praktek membuat analisa beban kerja.

Karena ini, untuk mempermudah proses latihan membuat analisa beban kerja, maka seluruh peserta diwajibkan menbawa laptop. Pastikan ada program  excel di dalamnya. Latihan membuat analisa beban kerja dilakukan dengan program excel.

Presentasi, diskusi dan latihan adalah metoda pelatihan analisa beban kerja atau workload analysis ini. Diharapkan seluruh peserta mampu menyerap seluruh materi yang diberikan.

Bagi rekan HRD, manager, supervisor atau pimpinan perusahaan yang ingin ikut  dalam pelatihan workload analysis ini dapat mendaftar melalui email : [email protected] ; atau hotline : 08788-1000-100.

Berapa biaya yang harus disiapkan untuk ikut pelatihan analisa beban kerja ini? ternyata sangat murah yaitu Early Bird Rp 2.450.000,- jika dibayarkan lunas dua minggu sebelum acara.

Tentu HRD Forum juga siap jika diundang untuk memberikan pelatihan kepada seluruh supervisor dan manager di perusahaan anda. HRD Forum siap jika diminta memberikan inhouse training kepada perusahaan-perusahaan di Jakarta, Bekasi, Cikarang, Karawang, bandung, yogyakarta, makasar, manado, pontianak, samarinda, balikpapan, gorontalo, kalimantan, sulawesi, sumatera, maluku, papua, bali, nusa tenggara dan tempat-tempat lainnya di Indonesia.

Biasanya, durasi inhouse training bisa dibuat 1 hari, 2 hari atau 3 hari disesuaikan dengan harapan dan goal dari perusahaan masing-masing.

Training bagaimana membuat analisa beban kerja ini sangat dibutuhkan banyak perusahaan di Indonesia. Karena itu silakan hubungi HRD Forum segera di email [email protected]

Terima Kasih,

salam HRD Forum ! salam Komunitas HRD Terbesar di Indonesia.

Fields marked with a * are required

Formulir Pendaftaran


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*