Home | Kolom | Tips Sukses HR Pemula

Tips Sukses HR Pemula

Rekan HR di seluruh Indonesai, dunia terus berputar, bisnis terus menggeliat, kompetitor terus belajar meningkatkan kompetensinya, bersiap menghadapi kompetisi yang semakin menguat, bagaimana dengan perusahaan Anda?

Tips kali ini akan berbicara mengenai tips sukses bagi HR pemula, sangat penting dan perlu anda cermati bersama.
Generasi terus bertumbuh, begitupun dengan praktisi HR, tumbuh praktisi HR pemula di berbagai perusahaan, Indonesia maupun dunia. Apa saja sih tips sukses buat para praktisi HR pemula agar dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan dirinya sendiri? baca terus tips sukses HR pemula berikut.

1. Semangat untuk Bertumbuh
Jika anda adalah HR pemula, tanamkan sikap penuh semangat untutk terus bertumbuh, dengan bertumbuh anda akan mampu memberikan yang terbaik buat perusahaan dan pastinya untuk diri anda sendiri, terus bertumbuh, berkembang hanya dapat diwujudkan jika anda memiliki mindset positif, sudut pandang positif tentang berbagai hal. Bertumbuh dimulai dari fikiran anda, bahwa anda harus terus tumbuh dari hari ke hari.

2. Apa bisnis perusahaan Anda
Sudah tahu apa bisnis perusahaan dimana anda bekerja? bagaimana proses bisnisnya? apa produknya? apa jasa yang ditawarkan? darimana perusahaan mendapatkan keuntungan? bagaimana keuntungan bisa didapatkan oleh perusahaan? ya intinya anda harus tahu apa bisnis perusahaan anda, dan bagaimana perusahaan mencari keuntungan dan pertumbuhan.

3. Siapa Kompetitor perusahaan ?
sudah tahu siapa kompetitor perusahaan dimana anda bekerja? bagaimana mereka mengelola karyawannya? bagaimana mereka membuat sistem pengelolaan kinerja, bagaimana mereka menerapkan sistem pengembangan karyawannya? cari tahu ! mulai dari sekarang juga ! ambil sistem yang cocok untuk perusahaan anda, yang mampu meningkatkan daya saing perusahaan dalam meraih keuntungan.

4. Kuasai ilmu HR
Sudah pernah baca UU 13 tahun 2003? sudah tahu ada berapa pasal di dalamnya? sudah tahu ada berapa bab di dalamnya? sudah tahu apa bisnis proses yang terjadi di dalam HR Departemen anda? bagaimana idealnya? apa itu HR Planning? apa dan bagaimana recruitment dan selection itu? bagaimana proses idealnya buat perusahaan anda? apa itu Performance management? apa itu performance appraisal? apa itu KPI? apa itu BSC? sudah tahu? apa dan bagaimana training and development? apa itu TNA? apa itu ADDIE? apa saja evaluasi training? apa yang dimaksud compensation and benefit? bagaimana cara melakukan job evaluasi? apa yang dimaksud job evaluasi? dan seterusnya, sudahkah anda menguasainya? jika sudah bagus ! setidaknya itu akan menjadi modal, akan menjadi pondasi, yang akan membuat anda mampu menjadi HR profesional dikemudian hari. Jadi ? belajarlah ilmu HR sebanyak-banyaknya.

5. Bergaul dan perbanyak teman
ingin sukses menjadi HR yang kompeten, perbanyaklah teman anda, perbanyak kenalan anda, baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan, perbanyak juga teman-teman HR anda, berkenalan dengan HR lain dari berbagai perusahaan akan mampu membuat anda kaya akan ilmu pengetahuan, baik di dunia HR maupun di bidang lain.

Sekian dulu Tips Sukses buat HR pemula, sampai jumpa di kolom HR yang lain.

salam,
Bahari Antono
Owner & Founder HRD Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*