Tips Sukses Berkarir Sebagai HRD | HRD Forum
Home | Article | Tips Sukses Berkarir Sebagai HRD

Tips Sukses Berkarir Sebagai HRD

training-hrd-indonesiaCara Membangun Karir HRD yang Cepat

Banyak rekan-rekan HRD muda yang bertanya kepada saya, “Pak, apa tips agar saya bisa memiliki karir yang baik, bagus dan cemerlang sebagai HRD ?”
Pertanyaan ini bukan pertanyaan basa-basi, pertanyaan ini adalah pertanyaan serius yang ditanyakan oleh rekan-rekan praktisi HRD muda, usia mereka berkisar diantara 22 tahun sampai 30 tahun. Karena pertanyaan mereka serius, tentu saya pun menanggapinya secara serius.

Tips Memiliki Karir gemilang sebagai HRD

Kompetensi

Tidak dapat dipungkiri, orang-orang hebat di bidangnya dipastikan kompeten di bidang kerjanya, katakan untuk menjadi seorang tukang las, dia harus kompeten untuk semua pekerjaan las mengelas, mulai dari jenis alat yang digunakan, bahan-bahan yang digunakan, menggunakan alat-alat las, cara mengelas dan sebagainya, artinya seorang tukang las yang hebat dipastikan dia sudah sangat kompeten di bidang las mengelas. Seorang Montir di bengkel, dia harus kompeten di bidang kerjanya, mulai dari service ringan, sedang sampai service berat dia bisa, nah jika demikian, sang montir dan tukang las itu pasti akan diperhitungkan oleh perusahaan dimana dia bekerja.

Begitupun HRD, agar memiliki karir cemerlang, seorang HRD harus kompeten di bidangnya. Seorang HRD generalist, adalah HRD yang tugasnya sangat banyak, artinya semuanya dia kerjakan, mulai dari HR Planning, Recruitment & Selection, Performance Management, Training & Development, Compensation & Benefit dan Industrial Relation. Seorang HRD generalist jika ingin memiliki karir cemerlang harus memiliki kompetensi di semua bidang HRD. Berbeda dengan HRD specialist, jika tugasnya hanya di bagian recruitment, maka dia harus mahir di bidang recruitment dan seterusnya.

Rekan praktisi HRD, jika merujuk ke materi training Desain Kompetensi yang HRD Forum berikan, disana disebutkan bahwa kompetensi ada yang bersifat Hard Competency dan soft Competency, yang sudah dicontohkan di atas termasuk hard competency. Tidak cukup hanya memiliki hard competency, seorang praktisi HRD juga wajib memiliki kemampuan di bidang soft competency, seperti achievment orientation, teamwork, leadership, initiative, proactive, concern for order, dan lain-lain.

Artinya praktisi harus kompeten untuk semua kompetensi baik hard competency maupun soft competency di bidangnya masing-masing.

Networking

Memiliki kompetensi saja tidak cukup, Anda harus memiliki networking yang baik. Networking di dalam perusahaan dan networking di luar perusahaan. Di dalam perusahaan, Anda harus memiliki hubungan yang baik dengan atasan, pimpinan, bawahan, rekan kerja dan rekan-rekan lain dari berbagai departemen maupun divisi lainnya.

Networking di luar perusahaan, Anda harus memiliki teman-teman sesama HRD di berbagai perusahaan di Indonesia. Dengan memiliki teman-teman HRD dari berbagai perusahaan di Indonesia, Anda akan memiliki teman diskusi, ngobrol dan sharing terkait berbagai hal yang bersinggungan dengan pekerjaan dan kasus HRD di perusahaan masing-masing.
Networking dengan sesama HRD membuat kelas dan ruang belajar kita menjadi semakin besar dan luas. Banyak kasus yang tidak ada di perusahaan kita, ternyata ada di perusahaan lain, begitupun sebaliknya. Satu perusahaan dan perusahaan lain memiliki case HRD yang berbeda-beda, sehingga kita bisa memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kompetensi kita sebagai HRD.

Bagaimana cara meningkatkan networking dengan rekan-rekan HRD dengan cepat ? caranya sangat mudah ! HRD Forum secara rutin memfasilitasi pertemuan antar HRD se Indonesia hanya satu tahun sekali, namanya HR Brotherhood – Super BootCamp, diadakan hanya di bulan Maret setiap tahunnya. HR Brotherhood – Super BootCamp, angkatan ke-8 akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 Maret 2016 di salah satu hotel di Puncak – Jawa Barat.

Jika anda ingin meningkatkan networking dengan cepat, anda harus hadir di acara HR Brotherhood – Super BootCamp, angkatan ke-8, Sabtu-Minggu, 5-6 Maret 2016. Untuk mendaftar silakan kirimkan email ke : [email protected] ; untuk melihat detilnya silakan KLIK link HR Brotherhood ini.

HRD Forum menyediakan bus AC dari titik pemberangkatan di salah satu hotel di Jakarta. berapa investasinya? wah sangat murah sekali, hanya Rp. 1.575.000,- saja per orang, investasi itu sudah termasuk menginap satu malam, 4x makan, 2x coffee break, kaos, materi dan sertifikat. Tertarik? hubungi HRD Forum segera sebelum ditutup pendaftarannya.

Kesimpulan

Rekan Praktisi HRD di seluruh Indonesia, untuk meningkatkan karir, ada dua hal penting, yaitu Kompetensi dan Networking, pastikan sebagai praktisi yang ingin memiliki karir yang baik, kedua hal tersebut harus sudah anda miliki.

Sekian artikel HRD mengenai tips sukses berkarir sebagai HRD, kita akan bertemu kembali pada artikel HRD selanjutnya.

Terima Kasih dan Salam HRD !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*