Tips Negosiasi Gaji : Ingin Punya Gaji Besar? | HRD Forum
Home | Article | Tips Negosiasi Gaji : Ingin Punya Gaji Besar?

Tips Negosiasi Gaji : Ingin Punya Gaji Besar?

Tips Negosiasi Saat Interview Kerja Supaya Memiliki Gaji Yang Besar

Siapasih yang tidak ingin memiliki upah atau gaji yang besar di tempatnya bekerja. Salah satu tujuan kita bekerja di sebuah perusahaan memang untuk mendapatkan pemasukan yang besar, namun keinginan tersebut terkadang menjadi tidak berhasil didapatkan karena kekurang pandaiannya untuk menjual diri saat interview kerja. Interview kerja tidak hanya mengenai kita bisa diterima atau tidak disebuah perusahaan, tapi juga sebagai ajang untuk menawarkan diri supaya perusahaan mau membayar kita dengan gaji yang besar.

Tidak inginkan jika kamu bekerja dengan gaji yang cenderung stagnan atau tidak pernah mengalami peningkatan. Oleh sebab itu kamu perlu belajar bagaimana cara atau tips menjual diri dalam negosiasi saat interview supaya memiliki gaji yang besar.

1.      Kamu Yang Membuka Harga

Tidak hanya ketika membeli baju saja kita bisa tawar menawar. Tetapi dalam dunia kerja juga kita harus melakukan tawar menawar. Usahkan kamu duluan yang memberikan penawaran atau membuka harga, dengan begitu nantinya kita bisa menentukan gaji minimal yang akan kamu dapatkan.

2.      Kasih tahu kisaran gaji ditempat kamu bekerja sebelumnya

Kalau memang gaji kamu ditempat sebelumnya cukup tinggi, sangat penting untuk kamu memberi tahu pihak perusahaan baru kamu akan hal tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan cara memberikan slip gaji kamu dalam satu berkas dengan cv/resume. Yang perlu diperhatikan adalah hindari melakukan penipuan berupa membuat slip gaji palsu. Karena hal tersebut dapat membuat hidup kita tidak berkah.

3.      Cari tahu kisaran gaji di tempat kerjaan yang akan kamu lamar

Hal ini menjadi hal yang penting juga untuk kamu lakukan, sebab dengan mengetahui dengan baik kisaran rata-rata gaji/upah terhadap posisi yang akan kamu lamar. Maka kamu bisa melakukan tawar menawar dengan baik. Kamu bisa mencari tahu informasi mengenai kisaran gaji kepada teman atau melalui internet. Kamu akan dengan mudah mendapatkan informasi tersebut jika mencari diinternet, banyak sekali website yang memberikan informasi secara lengkap mengenai jenis pekerjaan serta range gaji yang akan diperoleh.

Tips negosiasi yang kamu lakukan bisa berjalan dengan mulus jika didukung dengan portfolio dan pengalaman yang kamu miliki. Karena gaji tinggi tentu saja juga dipengaruhi seberapa hebat skill yang kita miliki. Nah mungkin itu saja beberapa tips dalam bernegosiasi saat interview kerja supaya memiliki gaji yang besar yang bisa saya bagikan kepada teman-teman sekalian.

P.S. HRD Forum adalah HR Consultant, HR Training Provider dan HR Community yang berdiri sejak tahun 2004 di Jakarta. Didirikan oleh Bapak Bahari Antono, ST, MBA dengan tujuan menjadi katalisator bagi percepatan peningkatkan kualitas SDM Indonesia. Kegiatan HRD Forum dapat di lihat di sini KLIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*