Tips Menghadapi Wawancara Kerja Untuk Job Seeker

0

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Untuk Job Seeker.

Rekan dan Sahabat Pencari Kerja, saat mencari pekerjaan, wawancara kerja adalah salah satu tahapan yang sangat penting. Wawancara kerja dapat menjadi pintu gerbang untuk memasuki dunia kerja yang diinginkan. Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat diperlukan. Berikut adalah tips menghadapi wawancara kerja untuk job seeker.

Persiapkan Diri dengan Baik

Sebelum menghadapi wawancara kerja, persiapkan diri dengan baik. Kenali perusahaan yang akan Anda lamar, bacalah profil perusahaan, produk atau jasa yang dihasilkan, dan visi misi perusahaan. Selain itu, persiapkan juga CV, portofolio, dan dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.

Pastikan juga Anda datang tepat waktu ke tempat wawancara kerja. Jangan terlambat karena bisa memberikan kesan buruk pada calon atasan Anda. Sebaiknya datanglah sekitar 10-15 menit sebelum waktu yang ditentukan untuk wawancara kerja.

Kenali Pertanyaan yang Biasanya Diajukan

Rekan dan Sahabat Pencari Kerja, sebelum menghadapi wawancara kerja, cari tahu jenis pertanyaan yang biasanya diajukan dalam wawancara kerja. Beberapa pertanyaan yang sering diajukan antara lain tentang pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, kemampuan, kelemahan, dan kelebihan diri.

Latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sehingga Anda lebih siap dalam menghadapi wawancara kerja. Jangan lupa untuk menjawab dengan jujur dan santun.

Berpakaian dengan Rapi dan Santun

Penampilan sangat penting dalam menghadapi wawancara kerja. Pastikan Anda memakai pakaian yang rapi dan santun. Pakaian yang dipakai sebaiknya disesuaikan dengan budaya perusahaan yang Anda lamar. Jangan terlalu mencolok atau terlalu konservatif dalam berpakaian.

Tampil Percaya Diri

Tampil percaya diri sangat penting dalam menghadapi wawancara kerja. Berikan senyuman dan tatap mata pada pewawancara. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang percaya diri dan siap menghadapi tantangan.

Selain itu, bicaralah dengan jelas dan tegas. Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat dalam berbicara. Cobalah untuk berbicara dengan tenang dan santai.

Tunjukkan Sikap yang Positif

Sikap yang positif sangat penting dalam menghadapi wawancara kerja. Tunjukkan sikap yang sopan dan ramah pada pewawancara. Cobalah untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang mudah bergaul dan siap bekerja sama dengan orang lain.

Selain itu, hindari sikap yang negatif seperti meremehkan orang lain atau mengkritik perusahaan yang Anda lamar. Sikap yang negatif akan membuat Anda terkesan tidak sopan dan kurang profesional.

Jangan Lupa untuk Bertanya

Pada akhir wawancara kerja, jangan lupa untuk bertanya. Tanyakan tentang detail pekerjaan yang akan Anda lakukan, lingkungan kerja, peluang karir, dan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa Anda memang tertarik pada perusahaan dan pekerjaan yang ditawarkan.

Selain itu, tanyakan juga tentang proses seleksi dan kapan Anda akan mendapatkan keputusan akhir. Hal ini akan memberikan gambaran tentang waktu yang dibutuhkan untuk menunggu hasil seleksi.

Tetap Tenang dan Jangan Terlalu Gugup

Rekan dan Sahabat Pencari Kerja, menghadapi wawancara kerja bisa menjadi momen yang menegangkan dan membuat gugup. Namun, jangan biarkan gugup mengambil alih Anda. Tetap tenang dan kendalikan emosi Anda.

Cara terbaik untuk mengatasi kegugupan adalah dengan memperbanyak latihan. Latihanlah menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja dengan teman atau keluarga. Semakin sering Anda berlatih, semakin terbiasa Anda dengan situasi wawancara kerja.

Berikan Tanggapan Positif terhadap Pertanyaan Sulit

Pada saat wawancara kerja, mungkin Anda akan dihadapkan dengan pertanyaan sulit atau situasi yang membingungkan. Jangan panik dan berikan tanggapan yang positif terhadap pertanyaan sulit tersebut.

Coba pikirkan jawaban yang tepat dan rasional. Berikan contoh dari pengalaman kerja atau situasi di masa lalu yang relevan dengan pertanyaan yang diajukan.

Tunjukkan bahwa Anda Bersedia Belajar

Rekan dan Sahabat Pencari Kerja, perusahaan mencari karyawan yang bukan hanya memiliki pengalaman, tetapi juga bersedia untuk belajar dan berkembang. Tunjukkan bahwa Anda memiliki sikap yang terbuka untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru.

Jangan takut untuk mengakui bahwa Anda memiliki kekurangan atau kelemahan, tetapi tetap tunjukkan bahwa Anda bersedia untuk belajar dan meningkatkan kemampuan.

Follow Up Setelah Wawancara

Setelah wawancara kerja, jangan lupa untuk mengirimkan follow up email atau surat kepada pewawancara. Ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan sampaikan bahwa Anda sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Tunjukkan bahwa Anda memang sangat bersemangat dan berharap dapat bergabung dengan perusahaan tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang serius dan profesional.

Penutup

Rekan dan Sahabat Pencari Kerja, menghadapi wawancara kerja memang bisa menjadi momen yang menegangkan dan memerlukan persiapan yang matang. Namun, dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi wawancara kerja.

Rekan dan Sahabat Pencari Kerja, ingatlah bahwa wawancara kerja adalah kesempatan untuk memperkenalkan diri Anda dan membuktikan bahwa Anda adalah kandidat yang terbaik untuk perusahaan tersebut. Oleh karena itu, jangan biarkan kegugupan atau ketakutan menghalangi kesempatan Anda untuk meraih pekerjaan yang diimpikan.

Semoga bermanfaat, terima kasih dan salam HRD Forum.

HRD Forum Connect :

linktr.ee/hrdforum
linktr.ee/hrdforum
linktr.ee/hrdforum


Bahari Antono, ST, MBA
Beliau adalah owner & Founder HRD Forum, menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Teknik – Universitas Indonesia dan menyelesaikan pendidikan S2 di Institut Teknologi Bandung.
Melalui HRD Forum Beliau memberikan jasa Training, Konsultasi, Pendampingan dan Pengerjaan project-project HR seperti : Job Analysis & Job Description, Analisis Beban Kerja, Key Performance Indicators (KPI), Objective & Key Result (OKR), Desain Kompetensi Jabatan, Kamus Kompetensi Jabatan, Matrik Kompetensi Jabatan, CBHRM, Struktur & Skala Upah, Job Evaluation, Training Evaluation & ROTI, BEI, Organization Development, Corporate Culture, Performance Management, Performance Appraisal, Coaching for Performance, Talent Management Program, Career Planning, Industrial Relation dan sebagainya. Untuk menggunakan jasa HRD Forum silakan hubungi Hotline : 08788-1000-100 atau Whatsapp ke : 0818715595

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Halo,
Ada yang bisa Kami Bantu?