Tips Memilih Pelatihan HRD di Indonesia | HRD Forum
Home | Article | Tips Memilih Pelatihan HR di Indonesia

Tips Memilih Pelatihan HR di Indonesia

jasa-konsultan-hrd-biayaPelatihan HR Indonesia.

Tentu Anda ingin sekali memiliki kompetensi di bidang HR dan salah satu langkah yang harus anda lakukan adalah dengan mengikuti training atau pelatihan HR. Dengan mengikuti pelatihan HR di harapkan anda akan mendapatkan update terbaru dari keilmuan HR yang setiap hari ada saja perkembangannya.

Dulu HR sering disebut sebagai personalia, era tahun 1970-1980 an, lalu berubah menjadi HR yang mulai memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan development people. Dalam era HR ini bagian SDM mulai memfokuskan bagaimana mengembangkan karyawan agar kompeten di bidangnya dan selalu berkembang. Waktu berjalan dan kondisi dunia pun bergerak cepat, HR berevolusi menjadi HC atau Human Capital. Dalam era ini karyawan sudah dianggap sebagai aset perusahaan, aset organisasi. Perubahan mindset dalam kepala setiap pimpinan dan karyawan di dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Rekan HR di seluruh Indonesia, Realitasnya saat ini terlalu banyak training provider yang menawarkan pelatihan HR di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Pelatihan HR di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bali, Batam, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Manado, Pekanbaru, Palembang, Lampung dan kota-kota lainnya.

Berita baiknya adalah karyawan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia memiliki banyak kemudahan dan pilihan untuk ikut serta dalam pelatihan HR guna meningkatkan kompetensi diri dan teamnya.

Berita buruknya, banyak sekali bermunculan training provider HR yang kemunculannya hanya mengikuti trend bisnis di bidang pelatihan. Tanpa dibekali historical dan kompetensi di bidang HR baik dari sisi teori maupun praktis, sehingga materi yang disampaikan hanya kulit-kulit saja tanpa menyentuh hal-hal yang praktis yang sangat dibutuhkan oleh semua praktisi HR di Indonesia. Karena hanya ikut-ikutan, banyak nama-nama baru yang hanya mampu bertahan satu dua tahun saja, tahun-tahun berikutnya namanya sudah hilang ditelan hiruk pikuknya persaingan bisnis di bidang pelatihan HR.

Terlalu banyak penyedia jasa pelatihan HR ini memiliki nilai plus, yaitu user atau pengguna memiliki banyak pilihan, tetapi di sisi lain, pengguna harus jeli dalam memilih training provider yang mampu memberikan peningkatan kompetensi yang sesuai dengan standar baik. Di sinilah tantangan banyak training provider HR dan juga para praktisi HR yang ingin ikut dalam pelatihan HR.

Berikut adalah Tips untuk memilih training provider yang baik, tidak hanya untuk bidang HR, tetapi bidang-bidang lainnya pun bisa seperti bidang marketing, bidang finance, bidang operation, Perbankan, Insurance, Mining, Oil dan sebagainya.

  • Track Recordnya dapat ditelusuri, minimal melalui mesin pencari seperti google, yahoo dan lainnya.
  • Memiliki umur pelayanan yang sudah lumayan lama
  • Trainer, fasilitator dan konsultan nya memiliki pengalaman riil di lapangan, bukan hanya berbekal bangku kuliah atau kelas training yang pernah diikuti saja.
  • Memiliki banyak alumni yang pernah ikut dalam pelatihan di training provider tersebut.
  • Brand atau Nama lembaga yang sudah banyak dikenal dan direkomendasikan oleh banyak orang-orang di bidangnya.
  • Referensi dari orang-orang kompeten di bidang masing-masing.
  • Specialist atau Generalist? ya ini penting apakah apakah training provider ini specialist di bidangnya? atau gado-gado, semua boleh dan bisa?

Mungkin hanya itu sedikit tips dari kami, tips itu tidak 100% benar dan bukan menjadi petunjuk satu-satunya untuk anda, anda wajib mencari tips dan saran lainnya bagaimana kita menentukan training provider mana yang sebaiknya kita pilih.

Semoga anda semua tercerahkan.

Sekilas HRD Forum

HRD Forum berdiri dan mulai beraktifitas di bidang pelatihan dan training HR sejak 21 Maret 2004 di Jakarta. Telah memberikan pelatihan di banyak kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Bali, Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya, Semarang, Yogyakarta, Gorontalo, Halmahera, Belawan, Palembang dan lain-lain dengan jumlah alumni lebih dari 30.000 orang sejak 2004 sampai sekarang.

Didirikan oleh Bapak Bahari Antono, ST, MBA dengan misi utama adalah meningkatkan kualitas praktisi HR dan SDM Indonesia. HRD Forum sebagai training provider dan konsultan HR memfasilitasi sebuah komunitas HR melalui sebuah mailing-list di yahoogroups dengan jumlah anggota sampai April 2016 berjumlah 21.700 anggota yang tersebar hampir di semua wilayah Indonesia. HRD Forum juga memiliki akun sosial media di facebook, twitter, instagram, path, Line dan Linkedin. Dapat dihubungi melalui email, telp, HP, PIN BB, WA, Telegram dan Line.
HRD Forum menspesialisasikan diri di bidang HR dengan empat puluhan topik training yang ditawarkan setiap bulannya.

Rekan HR dimanapun berada,
Mudah-mudahan artikel HR ini dapat menjadi pencerah kita semua. Ilmu HR terus berkembang, ikuti terus informasinya di website HRD Forum ini.

Salam HR!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*