Tip & Trik MERANCANG MODEL KOMPETENSI DAN STANDAR KOMPETENSI JABATAN | HRD Forum
Home | Article | Tip & Trik Merancang Model Kompetensi Dan Standar Kompetensi Jabatan

Tip & Trik Merancang Model Kompetensi Dan Standar Kompetensi Jabatan

Fungsi manajemen sumber daya manusia hanya akan bermanfaat jika dapat membantu individu dan organisasi untuk mencapai performansi yang lebih baik dari sebelumnya. Memperhatikan fakta bahwa performansi individu di tempat kerja sangat dipengaruhi oleh kompetensi-kompetensi yang dimilikinya, maka sudah merupakan kebutuhan organisasi untuk mengintegrasikan konsep kompetensi ke dalam sistem manajemen sumber daya manusianya.

Sebagai contoh, konsep implementasi kompetensi ini dapat diarahkan untuk memperbaiki kelemahan instrumen manajemen sumber daya manusia konsep lama seperti “spesifikasi jabatan” atau “persyaratan jabatan’ yang merupakan bagian dari uraian jabatan (job description). Spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan yang dikembangkan secara tradisional mencoba untuk menggali dan menampilkan informasi yang berhubungan dengan:

  • Kebutuhan pendidikan formal,
  • Pengalaman mengikuti pelatihan, dan
  • Pengalaman menduduki posisi jabatan.

Prakteknya sampai dengan saat ini ditemukan bahwa cakupan spesifikasi jabatan yang demikian tidak banyak membantu manajer atau praktisi SDM dalam membuat keputusan-keputusan manajemen sumber daya manusia, seperti penempatan, rotasi, promosi, analisa kebutuhan pelatihan dan sebagainya. Walaupun secara konseptual informasi-informasi tersebut bisa digunakan untuk, misalnya, menentukan jalur karir seperti promosi dan rotasi, dalam praktek lapangan sulit untuk menemukan contoh yang sukses dalam menerapkan jalur karir berdasarkan informasi tersebut sekalipun dengan bantuan tenaga ahli/konsultan. Beragamnya kemungkinan informasi yang diperoleh dan tidak adanya struktur tolok ukur yang seragam untuk persyaratan jabatan merupakan beberapa faktor penyebab utama.

Sebaliknya, konsep kompetensi yang diintegrasikan dalam praktek manajemen sumber daya manusia memberikan peluang yang lebih baik untuk mengimplementasikan kebijakan dan instrumen manajemen sumber daya manusia. Dalam konsep kompetensi yang dikembangkan oleh Spencer & Spencer, telah diidentifikasi sekelompok kompetensi yang bersifat “generik” yang berjumlah 22 buah. Berangkat dan ke dua puluh dua kompetensi ini maka persyaratan jabatan berbasis kompetensi dapat dikembangkan berdasarkan dimensi kompetensi yang relatif sama.

Keuntungan yang dapat diperoleh dengan menerapkan persyaratan jabatan berbasis kompetensi ini antara lain seluruh jabatan dalam organisasi dapat diukur dengan ukuran kompetensi yang sama. Sedang yang membedakan antara jabatan satu dengan jabatan lainnya adalah tingkat kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap jabatan tersebut. Suatu jabatan tententu dapat membutuhkan tingkat kompetensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kebutuhan kompetensi dari jabatan lain untuk satu jenis kompetensi yang sama. Implikasinya, seluruh jabatan yang terdapat dalam organisasi dapat dibandingkan kebutuhan kompetensinya.

Sehingga kesulitan yang selama ini ditemukan praktisi sumber daya manusia untuk menentukan jalur jabatan dapat dianalisa secara sederhana karena setiap jabatan memiliki tolok ukur yang sama, yaitu kompetensi, yang dapat diterapkan dan tingkat manajemen atas sampai dengan pelaksana.

Tidak saja masalah jalur karir jabatan menjadi dipermudah dalam implementasinya jika diintegrasikan konsep kompetensi dalam manajemen sumber daya manusia, tetapi juga instrumen manajemen sumber daya manusia lainnya akan menjadi semakin terstruktur dan terukur. Terlebih jika kita menyadari bahwa disamping kebutuhan tingkat kompetensi jabatan, tingkat kompetensi individu pemegang jabatan juga dapat diukur dengan baik, maka karir setiap individupun menjadi jauh lebih mudah diimplementasikan. Dengan suatu proses “matching” pada database seorang pegawai dapat mencari arah rotasi atau bahkan promosi yang mungkin dilakukan dengan memperhatikan tingkat kompetensi yang dimiliki dan kebutuhan kompetensi jabatan yang dituju. Dengan “analisi gap” kompetensi yang dimiliki dan yang dibutuhkan untuk suatu jabatan dapat pula diidentifikasikan kebutuhan peningkatan kompetensi yang bersangkutan.

HRD Forum akan mengangkat Topik tentang Desain Kompetensi ini dalam acara HRD Forum Event ke-98, yang akan diadakan pada hari Sabtu, 27 July 2013. Di laksanakan di salah satu Hotel di Jakarta. Berapa Investasinya? sangat Murah !! Hanya Rp. 350.000,- untuk member HRD Forum dan Rp. 450.000,- untuk NON Member. Sementara pembayaran dengan invoice dikenakan biaya Rp. 500.000,-

Apa saja yang akan dibahas dalam HRD Forum Event ke-98 ?

Berdasarkan keinginan untuk kelak dapat mengimplementasikan Sistem SDM Berbasis Kompetensi (SDM-BK), maka Event HRD Forum ini menekankan kepada praktek, sehingga rekan-rekan mengerti dan memahami bagaimana (how to)nya, dengan lingkup bahasan sebagai berikut :

  1. Memahami konsep kompetensi
  2. Mengembangkan ketrampilan dalam merumuskan core dan generic competencies
  3. Membuat Model Kompetensi, Kamus Kompetensi dan Standard Kompetensi Jabatan
  4. Memahami cara mengimplementasikan Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis kompetensi.
  5. Mendefinisikan level kompetensi secara praktis
  6. Bagaimana menentukan job yang akan menjadi sample dalam mendefinisikan model kompetensi
  7. Mendefinisikan isue dan challange yang dihadapi oleh jabatan tersebut dan kontribusinya bagi pencapaian sasaran Perusahaan.
  8. Tanya jawab dan sharing session

Bagi rekan-rekan HRD di seluruh Indonesia, silakan langsung mendaftar, kami hanya menyiapkan 100 kursi, dan pastikan team HRD perusahaan Anda IKUT dalam HRD Forum Event ke-98 ini.

Bagaimana cara mendaftarnya? sangat mudah, silakan tuliskan nama-nama pesertanya, nama perusahaan, email, No Telp lalu kirimkan ke email HRD Forum yang beralamat di [email protected]

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi HRD Forum di 08788-1000-100 atau 08788-1-8888-99 atau 021-70692748 atau 0815 1049 0007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*