Time & Motion Study | HRD Forum
Home | Event | Time & Motion Study

Time & Motion Study

Pada saat bapak Bahari Antono, ST, MBA, sedang memberikan pelatihan Workload Analysis atau Analisa Beban Kerja, ada seorang peserta yang bertanya tentang Time & Motion Study. Pertanyaan yang jarang ditanyakan di kelas Workload Analysis sebenarnya, mengapa jarang? ya kebanyakan peserta yang hadir dalam kelas pelatihan Analisa Beban Kerja atau Workload Analysis biasanya lebih terfokus ke bagaimana menghitung FTE atau full time equivalent, bagaimana menghitung cost per activity perjam dan berapa jumlah karyawan yang optimal, ya seputaran itu saja. Baru kali ini ada peserta yang bertanya tentang Time & Motion Study. Dan ini termasuk pertanyaan yang sangat bagus, karena jika kita berbicara tentang analisa beban kerja, maka tidak bisa kita lepaskan dari apa yang dinamakan Time study dan motion study atau biasa kita kenal dengan istilah time motion study.

Baik, karena ada yang bertanya, maka ada baiknya dalam tulisan kali ini kita bahas sedikit apa itu Time & Motion Study. Time study pertama kali ditemukan dan dikembangkan oleh Frederick W. Taylor untuk Midwalee Steel Company pada tahun 1881. Saat itu Taylor menginginkan efisiensi kerja dapat tercapai dengan cara memberdayakan kinerja pegawai.

Sementara motion study ditemukan dan dikembangkan oleh pasangan Frank B. Gilbreth dan istrinya, Lilian M. Gilbreth. Penemuan motion study bermula saat Frank Gilbreth di tahun 1885 bekerja pada sebuah kontraktor bangunan dan Motion study pertama kali dipublikasikan pada pertemuan American Society of Mechanical Engineering tahun 1912 oleh Gilbreth.

Adapun tujuan dari time study dan motion study adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penurunan upah buruh pada awalnya menjadi target utama dilakukannya pengembangan time study.

Time study pada kenyataannya jauh lebih berkembang dibandingkan motion study pada saat itu, sekitar tahun 1930-an. Di era itu muncul keinginan kuat untuk mendapatkan metode kerja yang lebih baik, yang kemudian mengakibatkan berkembangnya ilmu teknik industri yang mengkombinasikan antara time study dengan motion study, dengan mengkombinasikan time & motion study diharapkan akan mendapatkan metoda kerja yang lebih baik dan lebih ideal. Karena itu sampai sekarang motion and time study dikembangkan oleh sarjana teknik industri di berbagai universitas di Indonesia dan dunia.

Permasalahan mendasar di semua lini produksi perusahaan adalah menemukan solusi dan metode yang paling tepat untuk diterapkan, karena itu selain menemukan metoda yang tepat, dalam time & motion study juga dilakukan bagaimana mendefinisikan permasalahan, menyusun fakta-fakta, dan menemukan solusi yang tetap.

Methods engineering, work design, work study atau job design banyak digunakan dalam perancangan motion and time study, karena itu motion and time study sering juga disebut dengan istilah work methods design and work measurement.

Apa definisi Motion and Time Study ? Motion study and time study adalah sebuah pembelajaran sistematis dari sistem kerja dengan tujuan untuk  mengembangkan sistem dan metode yang lebih baik, menstandardisasi sistem dan standar tersebut serta menentukan standar waktu.

Teknik pengukuran dalam time study terdiri dari dua cara yaitu :

Teknik pengukuran langsung
Yaitu pengukuran waktu kerja yang dilakukan oleh peneliti secara langsung berada ditengah – tengah objek peneliti. Dua metoda yang dipakai dalam teknik langsung adalah jam henti dan work sampling.

Teknik pengukuran tidak langsung
Yaitu pengukuran waktu kerja yang dilakukan melalui pendekatan tabel waktu baku yang sudah dibuat sebelumnya, atau waktu baku dari pendekatan gerakan – gerakan dasar.

Jika ada perusahaan yang ingin mengundang HRD Forum memberikan pelatihan inhouse training Time & Motion Study, silakan hubungi HRD Forum segera dengan mengirimkan email permintaan ke : [email protected]

Terima Kasih & salam HRD Forum

Training HRD & Konsultan HRD Indonesia

Tulisan berikutnya akan membahas : Takt Time, Cycle Time dan Heijunka

Fields marked with a * are required

Formulir Permintaan Inhouse Training


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*