THR untuk Pekerja Harian Lepas | HRD Forum
Home | Article | THR untuk pekerja harian lepas

THR untuk pekerja harian lepas

Banyak pertanyaan dari praktisi HRD di Indonesia, tentang apakah Pekerja Harian Lepas juga berhak mendapatkan THR – Tunjangan Hari Raya ? inilah penjelasannya.

  1. Sesuai ketentuan Pasal 2 ayat (1) Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER/04/MEN/1994, bahwa pengusaha wajib memberikan THR kepada pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus menerus atau lebih.
  2. Perjanjian kerja harian lepas, sebagaimana diatur dalam Pasal 10 ayat (1) dan (2) Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi NO. KEP-100/MEN/VI/2004, hanya dapat dilakukan untuk pekerjaan tertentu yang berubah-ubah dalam hal waktu dan volume pekerjaan, serta upah didasarkan pada kehadiran, dengan ketentuan pekerja/buruh bekerja kurang dari 21 hari dalam 1 bulan. Dalam hal tersebut pekerja harian lepas tidak berhak atas THR.
  3. Namun, apabila pekerja harian lepas bekerja 21 hari atau lebih selama 3 bulan berturut-turut atau lebih, maka pekerja tersebut berhak atas THR yang besarnya diberikan secara proposional dengan masa kerja. Oleh karena, perjanjian kerja harian lepas tersebut telah berubah menjadi perjanjian kerja waktu tidak tertentu.
  4. Dalam hal Kepala Daerah menerbitkan Peraturan Daerah yang isinya bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang diterbitkan oleh Menakertrans, maka peraturan yang diberlakukan adalah peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan.

http://m.depnakertrans.go.id/?show=faq&id=15

Ikutilah Pelatihan Teknik Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial hanya di HRD Forum

One comment

  1. Selamat siang, mohon pencerahan.

    Untuk kasus pekerja harian (DW), upah dibayarkan hanya berdasarkan per kehadiran (hari libur tidak dihitung).
    Bilamana pekerja harian diminta masuk hari Minggu (libur), bagaimana perhitungannya?

    Apakah hanya dihitung kehadiran atau dihitung lembur Minggu?
    atau apakah kehadirannya tidak dihitung tapi lemburannya di hitung.
    Mohon penjelasannya.
    Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*