Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan non Pelatihan | HRD Forum
Home | Article | Ternyata ada cara meningkatkan Performance Karyawan Tanpa Pelatihan

Ternyata ada cara meningkatkan Performance Karyawan Tanpa Pelatihan

lamp-performanceBagaimana Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Tanpa Pelatihan?

Pelatihan memanglah hal yang biasa dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan. Namun pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan terkadang tak menghasilkan hal yang signifikan dalam peningkatan kinerja karyawan.

Selain pelatihan, mungkin perusahaan bisa melakukan hal-hal lainnya di bawah ini untuk meningkatkan kinerja karyawan:

1. Memblokir situs sosial media dari jaringan internet perusahaan

Sosial media sebenarnya mempunyai banyak manfaat namun sosial media juga bisa menjadi penghambat seseorang dalam melakukan aktifitasnya. Apalagi sosial media bisa diakses dimana dan kapan saja, maka sangat-sangatlah mungkin jika para pekerja terlalu membuang-buang waktu untuk membuka sosial media, maka kinerjanya akan menurun.

Jika memang sosial media menjadi salah satu yang menyebabkan turunnya kinerja para pekerja, maka perusahaan bisa membuat kebijakan untuk memblokir situs-situs sosial media pada jaringan internet perusahaan. Dengan begitu, para pekerja tak lagi bisa mengakses sosial media saat ia sedang bekerja.

Namun jika para pekerja mengakses sosial media dengan ponselnya masing-masing, maka perusahaan bisa memberikan teguran atau aturan yang tegas tentang pelarangan membuka situs sosial media di saat jam kerja.

2. Menghilangkan multitasking

Jika ada pekerja mengeluh kesulitan atau tidak mapu menyelesaikan pekerjaan mungkin saja perusahaan memberikannya pekerjaan yang terlalu banyak pada saat bersamaan atau multitasking. Jika begitu, lebih baik mulai dari sekarang hilangkanlah multitasking tersebut agar pekerja bisa fokus menyelesaikan pekerjaan satu per satu. Faktanya, multitasking bisa memberikan dampak buruk, seperti menurunkan fokus dan pembelajaran, merusak ingatan, dan meningkatkan kadar stres.

3. Membuat program senam pagi seminggu sekali

Apakah ada pekerja yang kurang gesit atau loyo saat bekerja? Bisa jadi hal itu disebabkan karena para pekerja kurang olahraga. Meskipun terlihat sepele, olahraga sebenarnya punya banyak manfaat untuk meningkatkan kinerja para pekerja.

Selain banyak manfaat, perusahaan juga tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk menyelenggarakannya secara rutin. Perusahaan bisa menjadwalkan senam bersama seminggu sekali hanya dengan menyediakan peralatan audio, menyediakan minuman mineral, dan membayar instruktur senam yang ada di seputar perusahaan.

4. Memantau proyek secara berkesinambungan

Perusahaan hendaknya memantau proyek secara berkesinambungan. Hal itu bisa menjaga agar proyek yang diberikan kepada para pekerja diselesaikan dengan baik.

Perusahaan bisa mengadakan rapat mingguan. Pada rapat mingguan tersebut, perusahaan tak hanya bisa memantau proyek tetapi juga dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh pekerja sehingga kinerja pun akan bisa meningkat ketika ada solusi yang diusulkan pada rapat tersebut.

5. Memberlakukan penghargaan dan hukuman secara kreatif

Perusahaan bisa memberikan penghargaan dan hukuman sekreatif mungkin, tidak hanya dengan sanksi ataupun apresiasi berbentuk uang.

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja karyawan tanpa pelatihan. Cobalah melakukan salah satu dari cara di atas, semoga berhasil.

Rekan HRD di seluruh Indonesia, HRD Forum sebagai Komunitas HRD terbesar di Indonesia akan terus memberikan artikel-artikel HRD dan informasi kegiatan HRD Forum di website www.HRD-Forum.com, simak terus dan rasakan manfaatnya.

Nantikan Artikel HRD Forum berikutnya. Terima Kasih dan salam HRD Forum.

@HRDForum – 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*