Tanya Jawab : Key Performance Indicators (KPI)

0

 

HRD Forum telah mengadakan lebih dari 100 kelas KPI secara offline dan lebih dari 30 kelas KPI secara Online.

Banyak pertanyaan yang muncul dalam kelas-kelas pelatihan KPI tersebut.

Kami memilih 5 pertanyaan yang tersering muncul dalam pertanyaan yaitu :

(1).
Perusahaan Kami saat ini sedang Membuat KPI untuk seluruh departemen, dalam proses awal pelaksanaannya, muncul masalah dengan para user, dimana mereka para user mengatakan bahwa yang membuat KPI adalah HR departemen, karena itu tugas HR.
Sementara pemahaman kami dari HR departemen, bahwa yang membuat KPI justru para user, para userlah yang membuat KPI untuk staf atau anak buahnya.
Mohon pencerahannya.

(2).

Pertanyaannya singkat pak, Apakah mungkin dari satu uraian tugas, kita membuat lebih dari satu KPI?

(3).

Apakah KPI boleh diubah-ubah, misalkan tahun ini Kami menetapkan KPI-nya, tetapi di tahun berikutnya KPI-nya kami ubah dengan KPI yang lain?

(4).

Pertanyaannya singkay sekali ini pak, Bolehkan absensi atau kehadiran karyawan dijadikan KPI?

(5).

Dalam performance Appraisal, apakah KPI menjadi hanya satu-satunya aspek yang diukur? Apakah ada aspek lain yang seharusnya ikut diukur dalam performance appraisal? Mohon pencerahannya.

Pertanyaan tersebut sudah kami teruskan ke pak Bahari Antono untuk dijawab. Bagi rekan-rekan yang ingin tahu apa jawaban dari pak Bahari Antono silakan simak apa jawaban dari pak Bahari Antono dalam video berikut :

 

Kami tambahkan 5 lagi Tanya Jawab KPI agar rekan-rekan HRD Forum lebih memahami tentang KPI.

  1. Apa itu KPI (Key Performance Indicator)? KPI atau Key Performance Indicator adalah ukuran kritis yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja suatu organisasi, departemen, atau individu dalam mencapai tujuan bisnisnya.
  2. Mengapa KPI penting dalam suatu organisasi? KPI penting karena memberikan pandangan yang jelas tentang sejauh mana tujuan organisasi tercapai. Mereka membantu fokus pada aspek-aspek kritis yang mempengaruhi kesuksesan dan pertumbuhan bisnis.
  3. Bagaimana cara menetapkan KPI yang efektif? Menetapkan KPI efektif melibatkan pemahaman mendalam tentang tujuan bisnis, kebutuhan pelanggan, dan identifikasi indikator kritis yang dapat diukur secara objektif.
  4. Apa perbedaan antara KPI dan tujuan organisasi? KPI adalah metrik spesifik yang mengukur kinerja, sementara tujuan organisasi adalah gambaran umum dari hasil yang ingin dicapai.
  5. Bagaimana KPI dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis? KPI memberikan data yang dapat diandalkan untuk mengevaluasi kinerja, memungkinkan pengambilan keputusan yang informasional dan tepat waktu untuk meningkatkan efisiensi.
  6. Apakah setiap departemen dalam sebuah organisasi memiliki KPI sendiri? Ya, setiap departemen biasanya memiliki KPI sendiri yang terkait dengan tanggung jawab dan tujuan spesifik mereka, tetapi harus sesuai dengan tujuan organisasi secara keseluruhan.
  7. Bagaimana cara mengukur dan memantau KPI secara efektif? Mengukur KPI melibatkan pengumpulan data terkait, sedangkan pemantauan melibatkan analisis reguler data tersebut untuk memastikan kinerja sesuai dengan target.
  8. Apa yang harus dilakukan jika suatu KPI tidak tercapai? Jika suatu KPI tidak tercapai, perlu dilakukan analisis mendalam untuk mengidentifikasi penyebabnya, dan tindakan perbaikan harus diambil untuk mengarahkan kembali ke arah yang benar.
  9. Apakah ada KPI umum yang relevan untuk berbagai jenis bisnis? Ya, beberapa KPI umum melibatkan keuangan, pelanggan, proses internal, dan pertumbuhan. Namun, KPI spesifik dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis.
  10. Bagaimana KPI berhubungan dengan strategi bisnis? KPI secara langsung terkait dengan strategi bisnis karena mereka membantu mengukur sejauh mana strategi tersebut berhasil diimplementasikan dan mencapai tujuan yang ditetapkan.

Semoga bermanfaat. 

Ingin bergabung di group whatsapp HRD Forum?

Silakan kirimkan pesan whatsapp ke : 0818715595

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Halo,
Ada yang bisa Kami Bantu?