Sudah Tahu Tujuan Dari Pelatihan Karyawan? | HRD Forum
Home | Article | Sudah Tahu Tujuan Dari Pelatihan Karyawan ?

Sudah Tahu Tujuan Dari Pelatihan Karyawan ?

training-hrd-indonesiaApa sih Tujuan dari Pelatihan Bagi Pekerja?

Banyak perusahaan mengalokasikan sebagian dananya untuk memberikan pelatihan bagi para pekerjanya. Pelatihan-pelatihan biasanya diselenggarakan oleh perusahaan dengan menghadirkan tenaga ahli di bidangnya. Pelatihan biasanya dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya dalam meningkatkan kinerja karyawan. Namun apa saja sebenarnya tujuan-tujuan dari pelatihan bagi pekerja? Berikut tujuan-tujuan dari pelatihan:

1.        Meningkatkan Produktivitas

Ya, salah satu tujuan dari pelatihan adalah meningkatkan produktivitas. Kenapa bisa begitu? Karena dengan pelatihan para pekerja mendapatkan ilmu ataupun keterampilan yang bisa digunakan untuk meningkatkan taraf prestasi kerja. Dengan meningkatnya taraf prestasi kerja maka produktivitas pun akan ikut meningkat.

2.        Meningkatkan Mutu

Tak hanya menjadi semakin produktif saja, pelatihan diharapkan juga dapat meningkatkan mutu atau kualitas pada diri pekerja. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dari pelatihan, pekerja akan membuat sedikit kesalahan lebih cermat dalam pelaksanaan pekerjaan.

3.        Meningkatkan Ketepatan dan Perencanaan Sumber Daya Manusia

Jika perusahaan secara rutin melakukan pelatihan untuk para pekerjanya, maka perusahaan akan meraih keuntungan di masa yang akan datang. Suatu saat jika perusahaan mendapatkan proyek tertentu, para pekerja yang sudah rutin ikut pelatihan akan mengerjakan proyek tersebut dengan maksimal sehingga perusahaan tak perlu repot-repot mencari pekerja baru karena sumber daya manusia yang ada sudah tepat dan terencana.

4.        Meningkatkan Semangat Kerja

Pelatihan tak hanya ditujukan untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas yang ada pada diri tiap-tiap pekerjanya. Namun pelatihan juga dapat membuat iklim dan suasana organisasi menjadi lebih positif sehingga semangat kerja meningkat. Semangat kerja juga tentu dihasilkan pula dari pelatihan yang terencana dengan baik.

5.        Menarik dan Menahan Tenaga Kerja yang Baik

Banyak perusahaan yang menawarkan program pendidikan atau pelatihan bagi calon pekerjanya. Dengan begitu, perusahaan akan bisa menarik tenaga kerja yang baik. Selain itu, para pekerja yang sudah lama bekerja jika terus menerus mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan maka kualitas dirinya akan semakin baik, perusahaan pun bisa menahan tenaga kerja yang baik.

6.        Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Pelatihan yang tepat dapat memberikan tambahan ilmu para pekerja. Pekerja menjadi lebih sadar tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam bekerja, sikap mental para pekerja pun akan lebih stabil.

7.        Menghindari Keusangan (Obsolescence)

Pelatihan yang diselenggarakan perusahaan juga dapat menghindari keusangan. Maksudnya, para pekerja yang senantiasa mengikuti pelatihan maka secara tidak langsung juga akan terus menerus mengikuti perkembangan terakhir.

8.        Menunjang Pertumbuhan Pribadi (Personal Growth)

Ya seperti yang telah banyak dijelaskan di atas, pelatihan dapat memberikan banyak sekali keuntungan bagi diri para pekerja. Jelas hal tersebut akan bisa menunjang pertumbuhan pribadi bagi para pekerja.

Itulah tujuan-tujuan pelatihan bagi pekerja. Semoga dapat menambah wawasan kalian mengenai pelatihan yang diadakan oleh perusahaan.

Salam Komunitas Diskusi HRD Forum

@HRDForum – 2016

Training HRD Terlengkap di Indonesia, Hanya di HRD Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*