Strategi Menghadapi Wawancara Kerja #1 | HRD Forum
Home | Kolom | Strategi Menghadapi Wawancara Kerja #1

Strategi Menghadapi Wawancara Kerja #1

Strategi Menghadapi Wawancara Kerja #1

Banyak pencari kerja yang bingung, nervous, kaku, mendadak menjadi pendiam, tidak bisa berbicara, berkeringat saat menghadapi wawancara kerja, baik wawancara dengan user maupun wawancara dengan HRD.

Sebenarnya apa sih yang harus diketahui oleh pencari kerja saat menghadapi wawancara kerja? apa saja yang harus dipersiapkan? baik silakan ikuti tips wawancara kerja berikut ini :

1. Tidur yang cukup
Jika besok pagi anda harus hadir dalam wawancara kerja, pastikan anda malam sebelumnya tidur tidak terlalu larut, pastikan tubuh anda cukup mendapatkan waktu istirahat. Orang yang terlalu lelah, tidur terlalu larut malam, akan terlihat dari mata dan wajahnya yang tidak segar. Anda tentu tidak ingin pihak pewancara baik pihak user maupun HRD menilai penampilan anda, wajah anda tidak segar, lemah, dan kurang sehat bukan? karena itu istirahatlah yang cukup, sehingga saat hadir dalam wawancara kerja anda tampil fresh dan prima.

2. Mengetahui lokasi kantor
Mendapat undangan atau panggilan wawancara kerja tentu itu yang sangat anda harapkan, ya begitu anda mendapatkan panggilan wawancara, pastikan anda sudah mengetahui dengan pasti dimana lokasi kantornya, jika anda belum yakin atau belum tahu, usahakan survey lokasi terlebih dahulu beberapa hari sebelum tanggal pemanggilan wawancara kerja tersebut. Tentu anda tidak inginkan, jika anda tersasar, sibuk mencari-cari lokasi kantornya? waktu anda akan habis, tenaga anda akan terkuras, wajah anda akan tegang, dan penampilan anda tidak menjadi prima lagi. Karena itu anda harus tahu dengan pasti dimana lokasinya.

3. Bawa Perlengkapan yang cukup
Apasih perlengkapan yang harus anda bawa? minimal anda harus membawa pulpen, sapu tangan, buku catatan kecil, jam tangan (untuk jam tangan kadang tidak semua orang suka memakai jam tangan, cukup banyak orang untuk melihat waktu, cukup melihatnya di handphone / gadget),  itu yang minimal. Jika anda diminta untuk membawa copy / asli sertifikat, ijazah, pas photo, dan sebagainya, tentu anda harus mempersiapkannya. Untuk lebih baiknya disesuaikan dengan posisi jabatan yang ingin anda lamar, misalkan menurut anda, karena posisi jabatan yang ingin anda lamar perlu menampilkan sesuatu di slide presentasi, sebaiknya anda juga perlu membawa laptop. Jadi perlengkapan yang harus anda bawa itu tergantung dari posisi jabatan yang anda lamar.

4. Cara berpakaian
Saat hadir dalam panggilan wawancara kerja, berpakaianlah yang rapi, warna yang serasi antara baju dan celana, usahakan warna celana panjang lebih gelap dibandingkan baju yang anda kenakan. Disarankan menggunakan celana panjang hitam atau biru gelap kehitam-hitaman, dan baju dengan warna yang lebih cerah. Sebaiknya untuk baju, anda mengenakan baju dengan lengan panjang, karena akan terlihat lebih baik dan profesional. Jangan menggunakan kaos baik yang berkerah apalagi yang tanpa kerah, intinya jangan pakai kaos. Untuk sepatu jangan gunakan sepatu oleh raga, sepatu santai apalagi sandal. Gunakan sepatu kerja warna gelap, jangan lupa semir bersih sepatu anda. Dasi apakah perlu, ya tentu itu harus disesuaikan dengan posisi yang anda lamar. Bagi wanita, blazer adalah pakaian yang baik untuk menghadapi wawancara kerja.

5. Pelajari Bisnis Perusahaan
Jika anda mendapat panggilan kerja dari sebuah perusahaan, katakan perusahaan “A”, maka anda harus mempelajari apa itu perusahaan “A”, jenis industrinya, produk atau jasa yang dihasilkan, bagaimana proses bisnisnya, kompetitornya dan sebagainya, saat ini untuk mempelajari profil sebuah perusahaan sangat mudah, tanyalah pada om google, tentu om google akan dengan senag hati menginformasikannya kepada anda.

6. Perkuat Kompetensi
Anda mendapat panggilan wawancara kerja untuk posisi tertentu, pastikan anda kompeten di bidang itu, pastikan anda mengerti gambaran besar job description pada posisi jabatan itu, jika anda termasuk orang yang sudah berpengalaman atau memiliki pengalaman kerja dibidang itu, pastikan anda menguasainya secara detil, baik konsep maupun teknis. Sementara bagi para fresh graduate, anda harus mempelajari posisi jabatan tersebut melalui banyak cara, bisa lewat buku, om google atau bertanya kepada rekan, saudara, kakak, orang tua atau siapapun yang bisa menjelaskan apa tugas dan tanggung jawab posisi jabatan tersebut, apa tantangan dari posisi jabatan tersebut, apa problem yang dihadapinya dan sebagainya.

Tulisan ini akan dilanjutkan dalam tulisan Strategi Menghadapi Wawancara Kerja #2

Dalam tulisan lanjutan akan diuraikan bagaimana pencari kerja menghadapi wawancara, saat berhadap-hadapan dengan pewawancara, baik wawancara dengan HRD maupun wawancara dengan user.

Terima kasih dan salam HR !

Ditulis oleh :
Bahari Antono
Owner & Founder HRD Forum
www.HRD-Forum.com

One comment

  1. informasi yang sangat bagus, yang perlu ditekankan harus mengetahui lokasi kantor memang penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*