Strategi Jitu Promosi di Tempat Kerja | HRD Forum
Home | Coaching | Strategi Jitu Promosi di Tempat Kerja

Strategi Jitu Promosi di Tempat Kerja

Kiat Promosi di Tempat Kerja

Keyword : Coaching – Strategi Naik Jabatan

Hampir semua pekerja mendambakan mendapatkan kesempatan untuk promosi jabatan. Hal ini selain membuat kita merasa lebih dihargai, juga merupakan wujud apresiasi dan pengakuan dari perusahaan atas kinerja kita selain tentunya pendapatan bulanan kita akan bertambah. Promosi jabatan membuat kita lebih bersemangat dalam bekerja, juga membuat kita bertahan di tempat kerja yang sekarang dengan segala permasalahannya. Selain itu promosi jabatan membawa kita pada tantangan kerja baru yang membuat kita terhindar dari kejenuhan karena harus mengerjakan hal yang sama terus-menerus.

Namun promosi jabatan tidak akan kita dapatkan dengan percuma. Dedikasi tinggi dan kerja keras harus kita lakukan agar pihak perusahaan menoleh kepada kita. Namun bisa saja ketika kita sudah bekerja dengan keras namun atasan tidak menangkap kemampuan kita atau kurang memperhatikan hasil kerja kita. Maka dari itu, diperlukan strategi naik jabatan yang bisa dijadikan gambaran langkah kita, diantaranya :

1.       Tentukan target dan tanyakan mengenai promosi jabatan pada atasan

Jika kita ingin cepat naik jabatan, ada saat nya kita harus menanyakannya pada atasan kita. Apabila dalam kurun waktu tertentu katakanlah 6 bulan atau 1 tahun kita merasa sudah bekerja keras dan belum ada pembicaraan mengenai promosi, sebaiknya kita diskusikan hal tersebut pada atasan. Ceritakan pekerjaan yang telah kita selesaikan dengan baik dan tunjukkan bahwa kita mengetahui poin-poin penting dari tugas dan tanggung jawab jabatan diatas kita serta katakana kita mau mencoba untuk mengatasinya. Diskusi semacam ini selain membantu diri kita sendiri untuk mendapatkan promosi cepat, menunjukkan bajwa kita proaktif, juga membatu tugas atasan kita dalam melakukan assessment.

Ingin mempunyai jaringan (Networking) bersama praktisi HR se Indonesia? HR Brotherhood Super BootCamp adalah solusinya. Ingin mempunyai kompetensi tentang HR, HR Brotherhood Super BootCamp, adalah jawabannya. Sudah tahu apa yang harus dilakukan? DAFTAR hari ini!

2.       Lakukan pekerjaan lebih cepat dari biasanya

Ada kalanya patokan waktu kerja yang kita lakukan harus kita lampaui, namun jangan sampai kita bekerja melebihi jam kerja. Seringkali orang berasosiasi jika ingin cepat naik jabatan, yang dilakukannya adalah lebih sering bekerja over time. Sebaiknya waktu kita jangan hanya dihabiskan di kantor saja dan melupakan kebutuhan hidup yang lain. Kita masih bisa mempercepat target kerja harian kita tanpa harus over time. Caranya adalah contohnya saja coba kita kurangi waktu mengobrol dengan rekan kerja, kurangi waktu mengecek ponsel dan sosial media, makan siang di kantor, atau tidak menghadiri morning briefing berkala dan meminta report nya saja dari rekan kerja. Kalkulasi waktu yang kita dapatkan dari hal-hal diatas dan gunakan untuk mempercepat kerja kita. Misalnya yang dapat kita kerjakan selama satu jam menjadi hanya setengah jam saja. Jika hal ini sering dilakukan, maka kemungkinan besar perhatian atasan akan tertuju pada kita.

3.       Buatlah perusahaan kesulitan mengucapkan kata ‘tidak’ bagi kita, buatlah apa yang disebut dengan istilah Briefcase Tehnique

Jika semuanya sudah kita lakukan sehingga akhirnya kita mendapatkan promosi, jangan biarkan ini terjadi hanya satu kali saja. Jika memungkinkah, jadikanlah promosi diatas promosi.

Buatlah satu bahan presentasi tatkala kita harus berhadapan dengan atasan Anda. Saat berdiskusi soal pekerjaan dan kemungkinan kita dibayar lebih untuk kerja kita yang sudah baik, keluarkanlah bahan presentasi dari tas kerja kita. Bahan presentasi sebanyak 1 hingga 4 atau 5 halaman berisi permasalahan-permasalahan di tempat kita bekerja dan penjabaran mengenai solusinya. Jika kita dapat menemukan solusi yang tepat dari hampir semua permasalahan, maka pihak perusahaan akan sulit mengatakan ‘tidak’ pada kita.

Jika ketiga cara diatas masih terbilang terlalu berani atau sulit, lakukankah hal-hal kecil yang nantinya membiasakan kita, sehinga selangkah demi selangkah kita semakin mendekati masa promosi jabatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*