SMART Strategi Untuk Bisa Sukses Dalam Karir | HRD Forum
Home | Article | SMART Strategi Untuk Bisa Sukses Dalam Karir

SMART Strategi Untuk Bisa Sukses Dalam Karir

smart-goals-hrd-forumMeta desc: Menjadi sukses bukanlah hal mudah, mungkin anda harus mencoba menggunakan konsep SMART untuk bisa sukses dalam karir anda saat ini.

SMART Strategi Untuk Bisa Sukses Dalam Karir

Kita sudah sering mendengar salah satu cara agar bisa sukses dalam karir adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas. Tapi faktanya penetapan tujuan saja tidak lantas bisa membuat kita sukses secara instan. Agar berhasil mencapai tujuan akhir, kita perlu strategi yang tepat dalam menyusun penetapan tujuan tersebut.

Robert. T. Kiyosaki, seorang konsultan bisnis di US mengatakan bahwa jika anda ingin menetapkan sebuah tujuan maka harus didasarkan SMART konsep. Seperti apa penerapan konsep tersebut dalam proses menuju sukses dalam karir nantinya?

Memanfaatkan SMART konsep agar bisa sukses dalam karir

Meskipun setiap orang sudah berusaha menetapkan tujuan mereka, namun masih banyak yang gagal dalam mencapainya. Oleh karena itu anda harus mencoba menggunakan konsep SMART untuk bisa sukses dalam karir anda saat ini.

S: Specific

Dalam menetapkan tujuan akhir anda harus melakukannya secara jelas dan spesifik. Anda bisa melakukannya dengan menentukan prinsip 5W+1H. Seperti siapa (who) yang akan melakukannya, apa (what) yang akan dilakukannya, kapan (when) hal tersebut akan dilakukan, dimana (where) anda akan melakukannya, mengapa (why) anda harus melakukannya, dan tentunya bagaimana (how) anda akan mencapai tujuan tersebut.

M: Measurable

Usahakan dalam menetapkan tujuan agar bisa sukses dalam karir dengan cara yang bisa diukur. Seperti mengukur bagaimana jalannya progres dari pencapaian tujuan anda tersebut. Hal ini membantu anda agar bisa melihat sudah sejauh mana perjalanan anda menuju pencapaian tujuan yang ditetapkan.

A: Attainable

Apakah tujuan anda tersebut bisa benar-benar dicapai? Anda harus memahami bahwa ada batasan yang setiap orang miliki. Apabila anda merasa penetapan tujuan tersebut masih dibatas kewajaran dan kemampuan anda, mengapa tidak dicoba saja?

R: Realistic

Dalam menetapkan tujuan sukses anda harus membuatnya sedikit menantang, tapi tentunya harus tetap realistis dalam menetapkannya.

Salah satu tips untuk menetukan tujuan yang realistik adalah ketika anda mengingat tujuan tersebut, anda akan tertantang dan ingin bergerak. Tujuan yang seperti itu berarti tujuan yang baik. Sebaliknya, jika anda merasa takut dan seperti tidak mampu mencapainya, berarti tujuan tersebut buruk dan kurang realistik.

Mulailah menyusun sebuah tujuan dari yang kecil-kecil dahulu, sebelum menentukan tujuan yang lebih besar.

T: Timely

Tujuan yang baik adalah yang ditetapkan pula rentang waktu untuk mencapainya. Tanpa rentang waktu pencapaian mungkin anda bisa lengah dan merasa bahwa tujuan tersebut bisa dicapai kapan-kapan saja jika anda sudah mampu. Oleh karena itu buatlah urgensi waktu dalam mencapai sebuah tujuan.

Perlu diingat bahwa sukses dalam karir sebagai sebuah tujuan akhir bukanlah sesuatu yang mudah dicapai. Bukankah kalau semuanya mudah anda tidak perlu menetapkan tujuan dari awal?

Agar mempermudah anda memahami tentang SMART strategi ini mungkin contoh penetapan pencapaian ini bisa memberikan anda sedikit gambaran:

Budi adalah seorang karyawan baru di perusahaan X. Sebagai karyawan baru yang teladan,  ia merencanakan 5 tahun kedepan dirinya sudah bisa mencapai posisi branch manager di perusahaan tempat ia bekerja. Ia akan mulai mengejar pencapaian tersebut saat ini juga, dengan cara selalu menjaga integritasnya sebagai karyawan dalam bekerja.

Itu tadi adalah salah satu contoh penerapan pencapaian tujuan menggunakan konsep SMART. Bisa dilihat bahwa tujuannya jelas dan bisa dicapai apabila ia bersungguh-sungguh. Semua target pencapaiannya jelas dan realistis. Mungkin anda yang ingin sukses dalam karir harus segera mencoba menetapkan tujuan anda dengan konsep tersebut.


Note:
Sebagian besar klien pelatihan dan konsultasi HRD Forum adalah klien lama yang sebelumnya pernah mengundang HRD Forum atau pernah hadir di kelas pelatihan yang HRD Forum selenggarakan. Atau klien baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya, atau klien baru yang mendapatkan informasi dari berbagai channel seperti facebook, twitter, linkedin, milis, website, WA, BBM dan sebagainya. Jika perusahaan Anda cocok dengan materi dan metode pelatihan yang HRD Forum sampaikan silakan terus terhubung dengan HRD Forum melalui banyak channel yang tersedia atau direct di 08788-1000-100 ; email : [email protected] ; PIN BB : 5A24F771. website : www.HRD-Forum.com

Silakan teruskan informasi penting ini kepada rekan, kolega dan partner Anda, jika Anda nilai informasi ini bermanfaat. Terima Kasih.

@HRDForum2016

@HRDForum
#HRDForum
HRD Forum 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*