Siapakah yang membuat job description? HRD atau User? | HRD Forum
Home | Article | Siapakah yang membuat job description? HRD atau User?

Siapakah yang membuat job description? HRD atau User?

Dear Admin HRD Forum,

Mohon izin bertanya, Saya baru saja menjabat sebagai HRD di sebuah perusahaan di Jakarta. Tugas pertama saya adalah membuat dan memperbaiki job description. Sebagai informasi di perusahaan saya ada sebagian jabatan sudah mempunyai job description dan ada sebagian jabatan yang tidak mempunyai job description. Untuk jabatan-jabatan yang sudah ada job descriptionnya, ternyata job descriptionnya sebagian besar sekitar 90% sudah tidak valid lagi. Pertanyaan saya, sebenarnya siapakah yang membuat job description, apakah menjadi tugas HRD atau tugas atasannya? mohon pencerahannya. Salam – Shesha.

Jawab :

Dear Shesha,

Terima kasih atas email pertanyaannya. Baiklah akan kami jawab pertanyaan Shesha mengenai siapakah yang sebaiknya membuat job description. Sebelum menjawab pertanyaan Shesha, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu apa itu job description. Job Description adalah uraian tugas minimal dari sebuah jabatan yang berisi informasi tugas dan tanggung jawab yang minimal harus dilakukan oleh sebuah jabatan. Dalam job description tergambarkan uraian tugas, kompetensi yang harus dimiliki, performance indicatornya, posisi jabatan dalam struktur organisasi, dsb. Untuk jelasnya kami sarankan Shesha bergabung dalam mailing-list yang HRD Forum kelola yaitu [email protected].

Siapakah yang membuat Job Description?

Sebagian orang mengatakan bahwa HRD lah yang wajib membuatkan Job Description dari semua jabatan yang ada di dalam perusahaan, dan sebagian orang lagi mengatakan, bahwa membuat job description adalah tugas dari User atau atasan dari pemegang jabatan tsb. Lalu mana yang benar? membuat job description adalah tugas HRD atau tugas atasan?

Menurut HRD Forum, tugas membuat job description adalah tugas dari user atau atasan si pemegang jabatan, mengapa? karena atasanlah yang mengerti tentang detil apa tugas dan tanggung jawab dari job holder atau pemegang jabatan. Sementara tugas HRD adalah mendampingi atau mengawal user atau atasan tsb dalam pembuatan job description, HRD yang menyiapkan semua template job description, HRD wajib menjelaskan dan melatih para user atau atasan bagaimana membuat job description yang benar.

Demikian jawaban dari kami HRD Forum, lebih kurangnya HRD Forum memohon maaf. Sebagai saran buat Shesha, karena Shesha baru menjabat sebagai HRD Baru, ada baiknya Shesha bergabung dalam komunitas HRD yang HRD Forum bentuk dan kelola, yaitu [email protected] ; Shesha bisa berdiskusi bersama lebih dari 19.800 member yang 90% adalah praktisi HRD dari seluruh Indonesia. Terima Kasih.

HRD ForumTraining HRDDiskusi HRDJasa Konsultan HRD Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*