Home | Article | Sebuah Aktifitas Yang Dikenal Bernama : Kerja

Sebuah Aktifitas Yang Dikenal Bernama : Kerja

Sebuah Aktifitas Yang Dikenal Bernama : Kerja

Keyword : Dunia Kerja

Setelah sekian lama menempuh jalur pendidikan, pada umumnya hal tercepat yang kita inginkan datang menghampiri adalah sebuah dunia baru yang disebut dunia kerja. Tempat dimana kita dapat mengaktualisasi diri dan tentu saja dengan memproleh pendapatan. Namun ternyata bagi sebagian fresh graduate, tuntutan untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat cukup menjadi momok yang menakutkan. Apalagi jika mereka melihat rekan-rekan sebaya mereka telah memperoleh pekerjaan terlebih dahulu. Dengan persaingan kerja yang semakin ketat dan keras, kemampuan dan pendidikan tidaklah cukup. Mereka yang semula sibuk berkutat pada dunia akademis, setelah lulus mulai membaca dan mempelajari bagaimana trik, cara, strategi untuk mendapatkan pekerjaan. Suatu hal yang kadangkala disebut memerlukan faktor keberuntungan.

Di tengah berbagai permasalahannya, sesungguhnya apa arti dari pekerjaan itu sendiri?  Jika menilik dari definisi harfiahnya, sebuah pekerjaan adalah sebuah kegiatan aktif yang kita lakukan atau suatu tugas yang menghasilkan sebuah karya yang bernilai imbalan dalam bentuk uang.  Noah Smith, seorang kolumnis Bloomberg View mengatakan bahwa di banyak teori ekonomi, pekerjaan tidak dipandang sebagai sesuatu yang berpengaruh pada kesejahteraan ekonomi suatu negara dan hanya merupakan kanal bagi aliran dana dari pemilik usaha kepada pekerjanya. Baginya sebuah pekerjaan justru merupakan salah satu yang terpenting. Banyak orang yang menganggap bukan hanya soal berapa uang yang mereka dapatkan, namun juga tentang bagaimana uang tersebut didapatkan. Saat mereka menyadari bahwa mereka mampu memenuhi kebutuhan hidup, maka mereka merasa lebih baik. Menurutnya, sebuah pekerjaan juga bisa jadi memiliki sebuah nilai simbolis yang penting, yaitu bahwa ia seolah menyampaikan pesan kepada pekerja bahwa masyarakat peduli pada mereka dan ada tempat bagi mereka di tengah masyarakat.

HR Brotherhood Super BootCamp

Dari semua teori dan definisi yang mungkin Anda temui di luar sana, perlu ditanamkan dalam diri selalu bahwa yang disebut dengan bekerja bukanlah hanya pantas disematkan bagi para pekerja kantoran yang bekerja dari mulai rata-rata jam 9 pagi hingga jam 5 sore saja. Banyak profesi lain yang justru lebih bebas berkreasi dan menghasilkan uang justru karena waktu mereka lebih fleksibel. Dari mulai pelukis, penulis, advisor, penyiar tv/radio, film maker, kartunis sampai ke pemilik warung dan pebisnis online serta masih banyak lagi pekerjaan unik dan menarik yang dapat ditilik dan memungkinkan untuk mendapat penghasilan yang tinggi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Bahkan pekerjaan seperti ini tidak mengenal usia sehingga kapanpun kita siap dan merasa mampu maka langsung saja kita kerjakan. Sebaliknya pekerjaan semacam ini juga tidak mengenal kata pensiun.

Download Gratis Aplikasi HRD Forum di Play Store dan nikmati kemudahan mengakses HRD Forum dari Handphone Android Anda. Download Gratis di sini.

Jika sampai pada titik ini ada diantara kita yang masih terbebani pikirannya dikarenakan belum mendapatkan pekerjaan, ada baiknya kita pupuk kembali motivasi tinggi yang membuat kita bersemangat. Mumpung waktu masih longgar, kita dapat membuat daftar pekerjaan apa saja yang sekiranya dapat kita kerjakan, dan tetap sabar dan tawakal.  Jika perlu, minta saran dan pendapat dari senior atau orang yang telah lama mengenal dunia kerja. Jangan pernah lupa bahwa selalu akan ada pekerjaan setiap hari, jadi tidak perlu berkecil hati. Jika bukan kali ini, maka kesempatan akan datang kepada kita dilain hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*