Road Map Program Kerja jangka Panjang dan Pendek | HRD Forum
Home | Article | Road Map : Program Kerja jangka Panjang dan Pendek

Road Map : Program Kerja jangka Panjang dan Pendek

Menentukan Program Kerja jangka Panjang dan jangka Pendek

HRD Forum saat ini sedang menangani project pembuatan Road Map sebuah lembaga keuangan. Dimana Road Map tersebut nantinya akan berisi program kerja lima tahun yang akan datang. Pentingkah Road Map bagi sebuah institusi bisnis? Tentu jawabnya SANGAT PENTING.

Road Map berisi petunjuk program apa saja yang harus dikerjakan, kapan harus dikerjakan, siapa penanggung jawabnya, besaran perkiraan budget dan sebagainya. Sesuai namanya Road Map atau peta jalan membuat perusahaan atau lembaga memiliki petunjuk arah kemana harus melangkah dengan tepat.

Bagaimana langkah-langkah dalam pembuatan Road Map atau peta jalan ini? Tentu dalam membuat peta jalan atau Road Map, kita harus melakukan analisis kondisi saat ini. Dengan melihat kondisi saat ini kita menjadi tahu apa yang sudah menjadi pencapaian perusahaaan dan apa yang belum dicapai. Apa yang menjadi kekuatan perusahaaan saat ini dan apa yang menjadi kelemahan perusahaan saat ini.

Apa saja alat atau tools yang digunakan dalam menganalisis perusahaan atau lembaga kondisi saat ini? Jawabnya cukup banyak tools yang bisa digunakan, sebut saja SWOT Analysis, Matriks IFAS EFAS, 5 Forces Porter, 7 S McKinsey, Pestel, Balanced Scorecard, dan lain-lain.

Setelah diketahui kondisi saat ini maka selanjutnya kita tentukan harapan jangka panjang dan harapan jangka pendek. Penentuan harapan jangka panjang maupun jangka pendek dapat dijadikan pembanding untuk mendapatkan GAP, apa yang sudah dicapai dan apa yang belum dicapai.

Road Map pada akhirnya akan berisi program kerja yang harus dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk mencapai apa yang menjadi harapan, baik dijangka panjang atau pun dijangka pendek.

Jika kita ingin mengartikan kata Road Map atau peta jalan, bisa diartikan sebagai berikut. Roadmap atau peta jalan adalah rencana kerja rinci yang menggambarkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

Roadmap pada umumnya disusun sebagai bagian dari rencana strategis perusahaan. Urutan substansi penulisannya dapat terdiri dari:

  • Keadaan saat ini / existing condition
  • Goal atau Tujuan strategis yang ingin dicapai
  • Uraian tahap pelaksanaan dalam rangka mencapai tujuan strategis
  • Sasaran dari setiap tahapan
  • Indikator keberhasilan.
  • Reporting

Perusahaan Anda ingin membuat Road Map agar bisnis perusahaan meningkat dan berkembang? Silakan hubungi HRD Forum di [email protected]

Kami bisa memberikan dalam format Inhouse Training atau pun Konsultasi Pendampingan atau pun project pembuatan.

Betapa penting sebuah Road Map bagi perusahaan, karena itu take action sekarang dengan mengirimkan email ke [email protected]

Terima Kasih,

HRD Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*