Home | Article | Rekan Kerja Iri Hati? OMG!

Rekan Kerja Iri Hati? OMG!

Cara Mengatasi Rekan Kerja Yang Iri Hati
Rekan Kerja Merasa Tersaingi? Tanggapi Secara Profesional Seperti Tips Berikut Ini.

Sebaik-baiknya orang, tidak akan ada orang yang benar-benar sempurna untuk disukai semua orang. Akan selalu ada orang yang tidak menyukai kepribadian kita pembawaan diri kita di lingkungan sosial, entah untuk alasan apapun. Berbagai macam latar belakang, peristiwa yang pernah dialami, dan alasan-alasan lainnya bisa menjadi hal-hal yang mendasari rasa suka dan tidak suka seseorang terhadap Anda. Kabar baiknya, tidak ada yang perlu Anda pedulikan dengan hal tersebut, karena rasa tidak suka seseorang terhadap Anda merupakan masalah mereka sendiri, bukan masalah Anda.

Namun, pemikiran ini tak bisa diterapkan semurni mungkin di lingkungan kerja. Sebagai orang dewasa yang bekerja untuk bisa mempertahankan kehidupannya pasti akan menghadapi berbagai peristiwa yang mungkin bukan masalah mereka dan tidak perlu mereka selesaikan. Akan tetapi permasalahan ini bisa mengakar pada suatu akibat yang lebih buruk ketika dibiarkan.

Hubungan sosial dengan rekan kerja merupakan salah satu hal yang harus dibangun dan dipertahankan sebaik mungkin. Sayangnya, berbagai kemungkinan buruk muncul ketika Anda mengedepankan profesionalitas dalam bekerja. Sikap professional Anda memang perlu untuk ditunjukkan sebagai bentuk tanggung jawab Anda menempati posisi dan jabatan Anda kini. Rekan kerja pun bisa menjadi sumber masalah ketika mereka tidak menyukai pencapaian kita.

Lantas bagaimana cara menghadapi rekan kerja yang iri hati karena kemampuan dan pencapaian kita dalam dunia kerja sementara mereka adalah orang-orang yang selalu bertemu kita setiap hari, berkoordinasi dan bekerja dalam suatu organisasi atau perusahaan yang sama? Meski nampaknya cukup rumit mengingat mungkin rekan kerja Anda adalah sahabat Anda di kantor, ada beberapa tips dan cara menghadapi rekan kerja yang iri hati yang bisa Anda implementasikan berikut ini.

1. Pahamilah bahwa rasa iri hati itu muncul karena ketidak mampuan rekan kerja Anda mencapai apa yang sudah Anda capai dalam karir Anda. Ketika rekan kerja Anda merasa iri hati, bisa jadi karena ia gagal mencapai targetnya sementara Anda berhasil mencapainya – target yang diharapkan rekan kerja Anda untuk bisa diraih. Mereka justru mungkin dalam keadaan tenggelam dalam ketidak mampuan mereka sendiri. Memberikan semangat pada rekan kerja sembari menunjukkan jalan lain yang mungkin bisa diraih rekan kerja Anda akan menjadi langkah yang cukup hangat dan professional tanpa merusak hubungan pertemanan Anda dengan rekan kerja.

2. Koreksi diri Anda sendiri. Tidak menutup kemungkinan rasa iri hati tersebut muncul dari sikap Anda yang mungkin dinilai berlebihan kepada rekan kerja Anda. Introspeksi diri pun tak hanya bisa Anda lakukan sendiri. Cobalah berani untuk bertanya mengenai apa yang salah dengan diri Anda sehingga rekan kerja Anda merasa kurang nyaman bahkan iri hati dengan Anda – tentunya dengan kerendahan hati dan tutur bahasa yang sopan.

3. Rasa iri hati bisa menimbulkan perilaku yang di luar kendali dan sungguh-sungguh membuat Anda tidak nyaman. Gosip mungkin menyebar dan Anda hanya akan kena getahnya: menjadi sumber perbincangan di kantor. Meski begitu, Anda harus tetap menegakkan kepala dan bersikaplah seolah Anda bukan bulan-bulanan kantor. Ketika Anda tahu bahwa kabar mengenai diri Anda sama sekali tidak benar, Anda tidak memiliki alasan kuat untuk menjadi korban kabar burung dari orang yang tak bertanggung jawab.

Itulah tips dan ulasan cara mengatasi rekan kerja yang iri hati pada Anda atas prestasi kerja Anda. Utamakan selalu profesionalitas namun jangan lupa untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan rekan.

Nantikan terus artikel HRD di sini www.hrd-forum.com ; HRD Forum sebagai konsultan HRD yang memfasilitasi sebuah Komunitas HRD ingin terus memberikan kontrobusi positif kepada seluruh praktisi HRD dan SDM Indonesia. Training HRD dan Pelatihan HRD selalu kami adakan setiap bulannya, cek agenda training HRD Forum di sini Agenda Training HRD Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*