Rahasia Recruitment yang Sukses | HRD Forum
Home | Public Training | Rahasia Recruitment yang Sukses

Rahasia Recruitment yang Sukses

Rekan-rekan HRD di Indonesia, sangat menyadari bahwa proses rekrutmen adalah sebuah pekerjaan yang tidak bisa dikatakan mudah. Walaupun jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak, tetapi ternyata mencari hanya 1 (satu) orang saja, sulitnya luar biasa. Sulit, susah, tidak mudah, bukan pekerjaan sederhana itulah gambaran dari sebuah proses recuitment, ya benar sekali, recruitment adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah.

Mengapa tidak mudah? karena recuitment adalah sebuah proses untuk mencari, menarik, dan mendapatkan kandidat yang cocok dengan kualifikasi yang diharapkan oleh perusahaan.

Anda bisa lihat begitu menjamurnya iklan-iklan lowongan kerja, baik iklan lowongan kerja gratis maupun iklan loeongan kerja berbayar, semuanya tidak sepi dari pengiklan, iklan lowongan kerja selalu ramai, apa artinya? artinya kebutuhan akan tenaga kerja begitu banyaknya dan ternyata, banyak praktisi HRD atau perusahaan kesulitan mencari karyawan yang tepat.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa ditempuh agar proses recruitment yang kita lakukan dapat berhasil dengan baik.

  1. Job Description & Job Specification : pastikan anda sudah mempunyai dan mempelajari Job Description dan Job Specification dari posisi yang akan dicari, pelajari dengan detil dan mendalam.
  2. Kenali User : anda sudah tahu, kenal dan mengerti apa, siapa dan bagaimana user dalam bekerja. Siapa calon usernya? siapa calon atasannya? bagaimana karakternya? dia cocoknya bergaul dan bekerja dengan orang-orang seperti apa? bagaimana user atau atasannya bekerja? nah anda harus mempelajarinya dengan benar-benar baik. Tidak jarang kandidat karyawan sudah cocok secara kompetensi tetapi ternyata tidak cocok dengan user secara chemistry.
  3. Sourcing : sudah tahu dimana sumber tenaga kerjanya kita dapatkan? anda harus tahu dimana mencari tenaga kerja untuk posisi / job tertentu, setiap posisi / job mempunyai source yang berbeda.
  4. Media Iklan : pilihlah media iklan yang tepat, pelajari siapa pembacanya, siapa auidiennya dan dari level mana mereka datang.
  5. Proses Recruitment : pastikan proses recruitment yang perusahaan anda jalankan tidak bertele-tele, kelamaan, birokratis, menyulitkan dsb, anda harus menyadari bahwa proses recuitment adalah “proses siapa cepat dia dapat” ; jangan sampai anda kalah cepat dengan perusahaan lain yang juga menginginkannya.
  6. Kompetensi Teknik Interview : HRD dan User nya harus memiliki kemampuan interview yang baik, anda dapat membekali user dengan Teknik BEI atau STAR. Mudah, sederhana dan praktis.
  7. dan tips-trik lainnya yang dapat anda dapatkan dalam pelatihan Basic HR Management dan Certified Recruitment & Selection Professional (CRSP)

Salam HR !

Fields marked with a * are required

Formulir Pendaftaran


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*