Rahasia Kerja Kantoran Walau Tanpa Gelar Sarjana | HRD Forum
Home | Article | Rahasia Kerja Kantoran Walau Tanpa Gelar Sarjana

Rahasia Kerja Kantoran Walau Tanpa Gelar Sarjana

Ingin Bekerja Di kantoran Tanpa Membutuhkan Gelar Sarjana, Yuk Baca Caranya.

Di Indonesia gelar sarjana atau ijazah s1 masih sangat penting keberadaanya. Masih banyak sekali perusahan-perusahan di tanah air yang membutuhkan gelar sebagai kualifikasi masuk di perusahaanya. Setiap tahun dunia kerja membutuhkan tenaga ahli bersertifikat minimal s1 untuk menduduki posisi di kantornya, hal tersebut didukung dengan semakin banyaknya lulusan s1 setiap tahunnya.

Namun jika kamu memang hanya bisa menyelesaikan tingkat pendidikan sampai SMA saja, maka tidak usah berkecil hati. Sebab dengan lulusan SMA, kita masih bisa mendapatkan pekerjaan kantoran. Jika kamu termasuk orang yang berkeinginan untuk bekerja di kantoran dengan gaji sama seperti mereka yang lulusan s1. Maka cara yang akan saya share ini, bisa menjadi salah satu jalan untuk kamu.

1. Membangun Reputasi Melalui Portfolio dan pengalaman kamu

Inilah salah satu cara pamungkas supaya kamu bisa diterima di sebuah perusahan yang mempekerjaan kamu di bagian kantor meskipun ijazah yang kamu miliki hanya sebatas SMA. Kamu bisa menyaingi para pelamar yang memiliki ijazah s1 dengan membangun reputasi melalui portfolio dan pengalaman yang kamu miliki.

Kamu bisa membangun reputasi dengan beberapa cara, seperti :
– Mengerjakan projek yang bisa kamu lakukan secara online maupun offline sebagai freelance.
– Buatlah website atau blog untuk portfolio kamu.
– Dapatkan sertifikat dengan mengikuti berbagai macam seminar, kursus, workshop dan sejenisnya.

2. Pilih pekerjaan yang ilmunya tidak diajarkan di pendidikan formal

Ilmu yang jarang atau masih sedikit diajarkan di pendidikan formal seperti sekolah/kuliah biasanya memiliki peluang yang bagus untuk kamu coba. Kamu bisa menggeluti ilmu/skill tersebut melalui tempat kursus atau secara otodidak. Namun hal tersebut jika memungkinkan untuk kamu lakukan. Meskipun begitu bagi kamu yang lulusan SMA harus memikirkan rencana jangka panjang atas pekerjaan kamu. sebab tanpa ada gelar sarjana, satu-satunya jalan untuk tetap eksis di dunia pekerjaan dengan membangun reputasi sebaik mungkin dengan memperkuat portfolio, pengalaman serta skill.

Dari kedua cara diatas, pembangunan reputasi merupakan cara yang paling baik. Ketika kamu bisa membangun reputasi secara baik dan tepat. Maka kamu tidak lagi perlu bekerja dengan mengandalkan gelar, tapi berdasarkan pengalaman dan skill. Meskipun banyak perusahan mengharuskan pekerja yang menduduki jabatan tertentu harus memiliki ijazah minimal. Tapi masih terdapat beberapa perusahaan yang tidak terlalu mementingkan ijazah. Jadi meskipun lulusan SMA tidak menghalangi untuk menjadi seorang yang berhasil dibidang karir.

HRD Forum

Silakan share ke rekan-rekan Kamu ya, agar semangatnya meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*