Punya Pacar Simpanan di Kantor? Awas Bahaya! | HRD Forum
Home | Article | Punya Pacar Simpanan di Kantor? Awas Bahaya!

Punya Pacar Simpanan di Kantor? Awas Bahaya!

pacaran-hrd-office_affairs-selingkuhPunya Pacar Simpanan di Kantor? Awas Bahaya!

Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat perkotaan yang modern merasa bahwa perselingkuhan merupakan hal yang biasa, bahkan sudah menjadi tren. Banyak orang berselingkuh di tempat kerja karena faktor sering bertemu dan waktu yang intens. Perselingkuhan di kantor sering disebut dengan istilah “office affair”. Hampir seperempat perselingkuhan terjadi di tempat kerja dengan rekan kerja karena faktor-faktor tersebut.

Waktu yang kita habiskan bersama pasangan merupakan sisa-sisa waktu di mana kita telah kehabisan energi karena sebagian besar waktu kita habis di kantor. Sedangkan teman kantor bisa menjadi tempat curhat yang paling mudah dijumpai. Apabila curhat ini dilakukan dengan rekan kerja yang berlawanan jenis, bisa saja Kita merasakan kenyamanan semu, kemudian mengganggapnya lebih menyenangkan dibandingkan dengan pasangan Kita. Jika proses ini terus berlangsung maka akan menghasilkan sikap romantis kepada rekan kerja. Pada akhirnya bisa menjadi pemicu perselingkuhan.

Lalu apakah hal ini wajar terjadi di tengah kemajuan zaman seperti saat ini? Kita juga bisa melihat bahwa hal ini sering dianggap biasa di tengah masyarakat saat ini. Padahal perselingkuhan di kantor bisa menimbulkan bahaya-bahaya di belakang. Tentu banyak risiko yang bisa dihadapi di belakang nanti. Hubungan gelap pun lama-lama bisa terbongkar, sepandai-pandainya menyembunyikan hubungan tersebut. Bisa saja segala hal yang Anda capai dengan susah payah hilang, seperti kedudukan, kuasa, maupun kemakmuran.

desain-kompetensi-jabatanSelain itu, perasaan pasangan hidup yang tidak bersalah tentu akan menjadi korban juga. Perasaan dikhianati ini tidak dapat hilang dalam waktu sebentar karena dapat menyebabkan trauma baik bagi pasangan hidup maupun anak-anak. Akibat yang sering terjadi adalah perceraian yang bisa melukai perasaan anak dan menimbulkan trauma yang berkepanjangan. Orang yang berselingkuh mungkin akan kehilangan istri atau suami dan keluarganya. Bahkan ada juga orang tua maupun mertua yang ikut marah dengan perilakunya.

Sedangkan di lingkungan kantor dan masyarakat, hubungan terlarang itu akan menjadi perbincangan yang menarik. Apabila terbukti berselingkuh, orang itu mungkin juga bisa kehilangan pekerjaan. Tentu saja pihak perusahaan tidak mau citranya menjadi rusak, apalagi jika orang itu memiliki kedudukan yang cukup penting. Lalu meskipun perusahan tidak mengambil tidakan tegas terhadap perilakunya, Dia tetap akan kehilangan wibawa dari bawahannya. Bukan tidak mungkin bawahannya akan menggosip di belakang mengenai perselingkuhan tersebut.

Perselingkuhan memang sekilas terlihat menyenangkan, namun hal tersebut hanyalah semu. Ujung-ujungnya harus membayar dengan harga yang mahal atas perilaku tersebut. Sebaiknya sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa memicu perselingkuhan di tempat kerja. Kita harus bisa bersikap profesional di tempat kerja. Ingat, apabila Kita tidak memulai ‘bermain api’, maka tidak akan ada yang ‘terbakar’. Keluarga dan karier Kita lebih pantas untuk dipertahankan, daripada hanya sekedar menuruti kesenangan pribadi yang semu bukan?

HRD Forum adalah Konsultan HRD dan Training Provider yang aktif memberikan konsultasi dan pelatihan sejak 21 Maret 2004. Aktif memberikan pelatihan di seluruh Indonesia. HRD Forum juga memfasilitasi sebuah komunitas HRD terbesar di Indonesia dengan memanfaatkan mailing-list di yahoogroups dengan alamat [email protected] ; untuk bergabung sangat mudah dan Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*