Problema Seputar Job Description | HRD Forum
Home | Article | Problema Seputar Job Description

Problema Seputar Job Description

Pak Bahari, Kami sudah memiliki Job Description, tetapi jujur saja apa yang tertulis di Job Description sudah tidak sesuai dengan apa yang dikerjakan karyawan. Ya mungkin 50% sesuai, 50% tidak sesuai. Itu bagaimana pak?

Pertanyaan dari seorang peserta training HRD Forum di salah satu hotel di Jakarta.

Memang bukan sebuah rahasia lagi bahwa masih banyak perusahaan yang menganggap remeh arti sebuah Job Description. Sebagian mereka menganggap Job Description hanya sebuah symbol bahwa jika perusahaan sudah memiliki Job Description itu dianggap sudah bagus. Tak peduli dengan isinya, formatnya dan keakuratan data serta informasi di dalamnya.

Menyikapi hal tersebut, terkait pertanyaan salah satu peserta training HRD Forum itu bagaimana? Ya jawabnya sangat mudah, sederhana dan sudah pasti yaitu Job Descriptionnya harus segera di update. YES! Perbaiki dan sesuaikan dengan kondisi sesungguhnya.

Isi Job Description

Bagaimanapun Job Description adalah sebuah dokumen yang berisi informasi tentang sebuah Job Position. Informasi apa? Ya semua informasi yang dianggap penting untuk diketahui tentang Job Position tersebut. Lalu yang dianggap penting itu yang mana? Bagian mana? Apa saja? Nah ini setiap perusahaan akan berbeda-beda dalam menjawabnya.

Intinya tulislah yang penting-penting saja. penting menurut siapa? Ya menurut perusahaan. Ingat ya, informasi itu harus penting di saat ini dan penting di masa yang akan datang. Sehingga harus memperhatikan kondisi saat ini dan kondisi perusahaan dan bisnis di saat yang akan datang.

Contoh informasi yang ada di dalam Job Description yang di anggap penting di sebuah perusahaan, misalnya : Tugas dan tanggung jawab, Performance indicators, Competency Standard, Training Needs, dimensi, job relationship, risiko pekerjaan, tantangan pekerjaan, alat bantu kerja, lokasi kerja, posisi di dalam struktur organisasi dan sebaginya. Ingat setiap perusahaan akan memiliki informasi dalam job Description yang berbeda-beda. Yang dianggap penting silakan ditulis dan yang dianggap tidak penting silakan tidak ditulis dalam Job Description.

Jadi tidak harus sama dengan perusahaan sebelah. Tidak harus sama dengan kompetitor.

Sekali lagi, agar tidak salah memahaminya, Jika sebuah informasi dikatakan penting harus bisa menjelaskan penting untuk apa informasi tersebut, apa manfaat informasi tersebut buat perusahaan, divisi, departemen maupun atasan dari job position tersebut.

Ok ya semoga sampai di sini lebih memahami isi sebuah Job Description itu sebaiknya apa dan bagaimana.

Setelah kita mengatakan penting dan tidak penting. Informasi penting ditulis dalam Job Description, yang tidak penting tidak perlu di tulis dalam Job Description. Selain itu yang ditulis harus sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Kondisi riil. Kondisi sebenarnya. Bukan seharusnya, past atau future. Artinya yang ditulis dalam tugas dan tanggung jawab harus dilakukan oleh pemegang jabatan.

Yang dilakukan atau dikerjakan ditulis dalam job Description. Yang ditulis dilakukan atau dikerjakan. Mudah sekalikan?!

Format Job Description

Apa yang harus dilakukan terkait format Job Description? Tentu format bisa disesuaikan dengan isi dari Job Description itu sendiri.

banyak sekali contoh format Job Description yang bisa ditiru lalu modifikasi. Ya, banyak tersebar di google. Silakan saja cari dan temukan. Cari yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Intinya format penulisan Job Description harus seragam di satu perusahaan.

Baik rekan dan sahabat semua, itu sedikit tulisan saya tentang Job Description, semoga menambah sedikit wawasan tentang Job Description.

Bagi rekan yang ingin share tulisan ini dipersilakan. Mohon tetap mencantumkan sumber tulisannya. Terima kasih.

Salam Positif!

Bahari Antono

P.S

HRD Forum secara teratur mengadakan workshop penulisan dan pembuatan Job Description. Ada beberapa pilihan yaitu :

  • Cara Mudah Membuat Job Description bisa di pelajari di sini : http://bit.ly/JobDescription01
  • Paket Hemat Four in One belajar EMPAT kompetensi penting yaitu Job Analysis, Job Description, KPI dan Performance Appraisal bisa dipelajari di sini : http://bit.ly/FourinOne
  • Jadwal Training Lengkap silakan pelajari di sini : http://bit.ly/hrdforum

Profil Penulis

Bahari Antono. Beliau adalah owner dan founder HRD Forum yang secara aktif menyelenggarakan pelatihan HR sejak tahun 2004 hingga saat ini. Beliau adalah alumnus Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Master of Business Administration dari Intitut Teknologi Bandung. Berbagai keahlian dan sertifikasi telah dimiliki seperti Certified Master Practitioner NLP, Certified Executive Coach, Certified Professional Coach, Sertifikasi Asesor Kompetensi BNSP, dan lain-lain.

Untuk menghubunginya silakan menghubungi stafnya di : 08788-1000-100

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*