Performance Appraisal - Penilaian Kinerja | HRD Forum
Home | Inspirasi | Performance Appraisal – Penilaian Kinerja

Performance Appraisal – Penilaian Kinerja

Performance appraisal sering diartikan sebagai penilaian kinerja. Banyak perusahaan yang telah melakukan performance appraisal atau penilaian kinerja. Banyak tujuannya, banyak manfaatnya dan banyak ragam praktek pelaksanaannya. Setiap perusahaan mempunyai tujuan, dan cara pelaksanaan berbeda-beda. Bagaimana performance appraisal di perusahaan anda?

Mengapa performance appraisal itu penting ?

Dalam performance management system (PMS), performance appraisal atau penilaian kinerja masuk dalam step ke-3, dimana proses atau step-step performance management terdiri dari 4 step dimana semua step itu membentuk cycle, selalu berputar dan tidak pernah berhenti, sehingga PMS dapat dikatakan sebagai Continuous improvement process.

Adapun performance management system adalah system pengelolaan kinerja. Mengapa kinerja harus dikelola? apakah harus dikelola? tentu saya yakin anda sangat tahu bahwa kinerja memang harus dikelola dengan baik agar perusahaan mampu mewujudkan apa yang menjadi visi, misi dan valuenya.

Empat Step dalam Performance management system :

  1. Performance planning
  2. Performance Coaching
  3. Performance Appraisal
  4. Performance Review

Sehingga dalam performance management system, performance appraisal atau penilaian kinerja ada dalam step ke-3. Banyak perusahaan yang melakukan performance appraisal atau penilaian kinerja tetapi tidak melakukan step ke-1 performance planning, step ke-2 performance coaching, Tetapi langsung melakukan step ke-3 performance appraisal. Sebenarnya mereka tetap melakukan step ke 1 dan 2, tetapi tidak dengan benar, tidak disadari, tidak terstruktur, tidak sistematis, tidak terencana dsb, intinya step 1 dan 2 berjalan tanpa sengaja atau tanpa perencanaan terlebih dahulu.

Sehingga, jika kita melakukan performance appraisal atau penilaian kinerja tanpa melakukan performance planning dan performance coaching akan mendapati performance appraisal atau penilaian kinerja yang ala kadarnya, cenderung tidak fair, tidak mendapatkan apa yang sesungguhnya menjadi tujuan dari performance appraisal itu sendiri.

Apa tujuan dari performance aprraisal atau penilaian kinerja ? Tujuan performance appraisal  atau penilaian kinerja adalah mendapatkan sebuah penilaian kinerja yang obyektif yang menggambarkan kondisi kinerja yang sebenarnya apakah dari individu, team, departemen atau perusahaan.

Setelah tujuannya dapat diwujudkan, baru kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan diantaranya :

  1. Continuous improvement process
  2. Compensation adjustment
  3. Training & Development needs
  4. Feedback for HR Dept & Supervisor-Managers
  5. dll

Problem Performance Appraisal atau Penilaian Kinerja

Problem dalam pelaksanaan performance appraisal atau penilaian kinerja cukup banyak, diantaranya problem pertama adalah problem yang berasal dari para penilai, dimana penilai melakukan berbagai macam kesalahan, baik yang disengaja, tidak disengaja atau karena ketidak tahuannya. Problem kedua  adalah problem yang berasal dari orang-orang yang dinilai, dan terakhir problem bisa terjadi atau muncul dari tools performance appraisal yang tidak didesain dengan benar, terkesan ala kadarnya sehingga tidak mampu memotret kondisi yang sebenarnya.

Bicara tentang performance appraisal, banyak hal yang harus menjadi perhatian kita yaitu : What, when, where, who, why, how ?

Jika perusahaan anda ada rencana untuk melakukan performance appraisal dengan baik dan benar, silakan hubungi HRD Forum, HRD Forum siap mengisi inhouse training di perusahaan anda, juga selain inhouse training, hrd forum secara rutin mengadakan training performance appraisal untuk kelas publik, yang jadwalnya dapat anda cek di website HRD Forum. Atau mungkin perusahaan anda kekurangan waktu untuk membuat performance appraisal yang baik dan benar? HRD Forum siap membuatkannya untuk perusahaan Anda. Tertarik? tentu ! silakan hubungi HRD Forum, diskusikan semua keinginan perusahaan anda itu, mulai dari sekarang.

Pelatihan dan jasa penalayan HRD Forum terkait Peformance Appraisal atau Penilaian Kinerja :

Terima Kasih telah memilih HRD Forum.

  • Follow us on Twitter @HRDForum
  • #TrainingHRD bersama HRD Forum

P.S. Training Performance Appraisal with KPI dilaksanakan di Jakarta setiap bulannya. Jadwal DETIL nya KLIK di SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*