Perbedaan Human Resources dan Human Capital | HRD Forum
Home | Article | Perbedaan Human Resources dan Human Capital

Perbedaan Human Resources dan Human Capital

Rekan Praktisi HRD di seluruh Indonesia,

Dalam Mailing-list [email protected] tengah ramai didiskusikan apa perbedaan antara Human Resources dan Human Capital. Pertanyaan dimulai dari email seorang member yang bernama Yuni dan mendapat tanggapan dan jawaban dari banyak rekan-rekan member mailing-list [email protected] yang saat ini telah berjumlah lebih dari 19.000 member dari seluruh Indonesia. Berikut pertanyaannya…

Dear Rekan-rekan Praktisi HR,

Mau nanya nih, apa perbedaan antara Human Resources dan Human Capital serta apa pula perbedaan tugas/wewenangnya, karena ditempat kami agak rancu mengenai tugas/wewenang dari kedua bagian tersebut.

sebelumnya, terimakasih atas penjelasannya.

regards,

Yuni

Pertanyaan rekan Yuni mendapat banyak jawaban dan tanggapan diantaranya dari rekan Gerry, seperti tertulis di bawah ini…

Dear Ibu Yuni,

Dalam Human Resource dan Human Capital secara garis besar merupakan sesuatu hal yang sama. Persamaan secara garis besar adalah Process Activities secara keseluruhan dalam Human Resource ada juga dalam Human Capital. Process activites mengacu pada tugas/wewenang yang juga keseluruhan hampir sama.

Memang beberapa perusahaan yang pada penerapan Human Resource sebelumnya belum melakukan aktivitas proses secara menyeluruh akan kaget dengan penerapan Human Capital. Kesannya ada perubahan berarti dalam proses aktivitas dan menuju pada tugas/wewenang, padahal itu adalah proses perubahan akibat dari belum adanya proses2 yang ada sebelumnya, seperti terjadi pada perusahaan tempat saya bekerja.

Perbedaan yang ada adalah dalam Sistem Human Capital memang dapat lebih terstruktur dan sistematis yang berkaitan dengan visi misi perusahaan dan proses aktivitas yang ada dalam Human Capital juga lebih dapat terukur dengan baik.

Kesimpulannya adalah bahwa masukkan Sistem Human Resource existing (yang sudah ada sebelumnya) pada sistem Human Capital yang baru, kemudian perbaharui ata evaluasi sistem HUman Resource existing dengan disesuaikan pada sistem Human Capital yang ada, sehingga pasti tidak akan ada kerancuan dalam proses aktivitas dan tugas wewenang yang ada dalam HRD tsb.

Regards

Gerry

Selanjutnya ada tanggapan lagi dari rekan Pungki, yaitu :

Dear allz,

Sedikit menambahkan dari perspective yang berbeda yaitu perspective terminology.

Kalau saya pribadi menilai perbedaan tetap ada karena ada sebuah evolusi dari peran dan fungsi HR ke HC.

  • HR = Hire to Retire
  • HC = Hire to be competitive, to be competent, to be contributive……

Salam sukses,

Pungki

Untuk dapat selalu mengikuti diskusi bersama praktisi HRD se Indonesia, silakan bergabung dengan mengirimkan email kosong ke : [email protected]

Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*