Penyusunan Analisa Beban Kerja #1 | HRD Forum
Home | Article | Penyusunan Analisa Beban Kerja #1

Penyusunan Analisa Beban Kerja #1

Apakah Analisa Beban kerja itu? Bagaimana cara membuatnya? langkah-langkah pembuatan analisa beban kerja seperti apa? siapa yang membuat analisa beban kerja? apa manfaat analisa beban kerja buat perusahaan? apakah analisa beban kerja sama dengan job analysis? adakah training analisa beban kerja? apakah analisa beban kerja sama dengan workload analysis? dan sebagainya dan sebagainya, itulah pertanyaan-pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh peserta training HRD Forum dalam beberapa kesempatan. Sebagai informasi, HRD Forum yang telah memberikan pelatihan HRD sejak tahun 2004, telah memberikan pelatihan HRD kepada lebih dari 20.000 HRD se Indonesia.

Mari kita mulai membahas apa itu analisa beban kerja.

  1. Apa definisi analisa beban kerja

Menurut berbagai literatur, cukup banyak para pakar mendefinisikan analisa beban kerja, diantaranya :

Heizer and Render (1996-98), Analisa beban kerja adalah jumlah waktu yang diperlukan rata-rata pekerja, untuk mengerjakan aktivitas kerja khusus dalam kondisi kerja normal, atau analisa beban kerja digunakan untuk menetapkan jumlah pekerja, agar mampu menghasilkan produksi yang diharapkan oleh perusahaan. menurut Heizer and Render untuk melakukan analisa beban kerja dapat dilakukan dalam empat cara, yaitu ; berdasarkan pengalaman masa lalu, analisa waktu, standar waktu sebelum penentuan, dan pengambilan contoh kerja.

Menpan (1997), Analisa Beban Kerja adalah sekumpulan atau sejumlah kegiatan yang harus diselesaikan oleh suatu unit organisasi atau pemegang jabatan dalam jangka waktu tertentu. Pengukuran beban kerja diartikan sebagai suatu teknik untuk mendapatkan informasi tentang efisiensi dan efektivitas kerja suatu unit organisasi, atau pemegang jabatan yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan teknik analisis jabatan, teknik analisis beban kerja atau teknik manajemen lainnya. Menpan lebih lanjut mengemukakan, bahwa pengukuran  beban kerja merupakan salah satu teknik manajemen untuk mendapatkan informasi  jabatan, melalui proses penelitian dan pengkajian yang dilakukan secara analisis. Informasi jabatan tersebut dimaksudkan agar dapat digunakan sebagai alat untuk menyempurnakan aparatur baik di bidang kelembagaan, ketatalaksanaan, dan sumberdaya manusia.

Ingin punya teman, sahabat, kolega, mitra dengan praktisi HR se Indonesia? IKUT saja HR BrotherhoodSuper BootCamp, yang akan diadakan di Puncak, 11-12 Maret 2017. Gimana sudah kebayang kan apa yang harus Anda lalukan saat ini juga?

Secara bebas dapat didefinisikan bahwa Analisa beban kerja adalah proses untuk menetapkan jumlah jam kerja orang yang digunakan atau dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu tertentu, atau dapat dikatakan bahwa analisis beban kerja bertujuan untuk menentukan berapa jumlah pekerja dan berapa jumlah tanggung jawab atau beban kerja yang diberikan kepada seorang pekerja.

Secara lebih sederhana dapat dikatakan bahwa Analisis beban kerja mempunyai tujuan untuk menentukan berapa jumlah pekerja (karyawan) yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan berapa jumlah tanggung jawab atau beban kerja yang dapat diberikan kepada seorang pekerja (karyawan), atau dapat pula dikatakan bahwa analisis beban kerja adalah proses untuk menetapkan jumlah jam kerja orang yang digunakan untuk menyelesaikan beban kerja seorang pekerja dalam waktu tertentu.

Sekarang sudah jelas ya, apa itu analisa beban kerja, sekali lagi agar lebih jelas akan dijelaskan arti analisa beban kerja, yaitu sebuah proses analisis yang dilakukan untuk menghitung berapa jumlah tenaga kerja yang optimal untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Misalkan kita ingin melakukan analisa beban kerja di sebuah perusahaan, di departemen HRD, untuk posisi HRD Staf, setelah dilakukan analisa beban kerja, didapatkan hasil akhirnya misalkan 3,2 itu artinya bahwa diperusahaan tersebut, di HRD Departemennya, jika ingin optimal maka dibutuhkan 3 orang staf HRD.

Bersambung : Lanjutan tulisan Penyusuan Analisa beban Kerja #1 akan dilanjutkan dalam tulisan Penyusunan Analisa Beban Kerja #2

Ingin hadir dalam training Analisa Beban Kerja? baca informasinya disini Training Analisa Beban Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*