Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Perusahaan Anda | HRD Forum
Home | Article | Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Perusahaan Anda

Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Perusahaan Anda

customerservice1Apa itu Pelayanan Prima?

Pada dasarnya pelayanan prima adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan untuk melayani pembeli atau pelanggan dengan sebaik-baiknya. Pelayanan prima tentu saja ditujukan untuk memberikan kepuasan pada pelanggan. Perusahaan akan berusaha melakukan pelayanan terbaik sehingga pelanggan yang ada di dalam maupun di luar perusahaan dapat memenuhi kebutuhan atau keinginannya, baik produk barang atau jasa dengan baik.

Layanan prima sendiri terdiri dari dua elemen yang saling berkaitan. Dua elemen tersebut, yakni pelayanan dan kualitas. Ya, tak hanya menonjolkan pelayanan dalam hal komunikasi terhadap pelanggan saja namun kualitas produk atau jasa juga termasuk dalam pelayanan prima. Ada 4 konsep penting berkaitan dengan kualitas, yaitu:

  1. Biaya Kualitas: biaya kualitas terkait dengan biaya pengendalian kualitas barang agar tidak cepat rusak dan juga biaya kegagalan produk
  2. Pengendalian Kualitas Terpadu: terdiri dari pengendalian rancangan baru, bahan baku yang akan datang, produk
  3. Reliability Engineering: diharapkan produk yang ditawarkan dapat bekerja dengan baik
  4. Zero Defect: mengurangi kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, fasilitas dan perhatian pada produk

Contoh pelayanan prima bisa kita lihat pada pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakatnya. Umumnya pelayanan pada negara miskin kualitasnya jauh di bawah standar. Sedangkan di negara berkembang kualitas pelayanannya rata-rata telah memenuhi standar minimal. Berbeda lagi di negara maju, kualitas pelayanannya di atas standar minimal.

Lalu apa sebenarnya tujuan dari pelayanan prima? Tujuan dari pelayanan prima antara lain:

  1. Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan
  2. Untuk menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli barang/jasa yang ditawarkan pada saat itu juga
  3. Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap pelanggan terhadap barang/jasa yang ditawarkan
  4. Untuk menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudian hari terhadap produsen
  5. Untuk menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan
  6. Untuk menjaga agar pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya
  7. Untuk mempertahankan pelanggan

Seperti yang kita tahu, inti dari tujuan pelayanan prima adalah memberikan mutu pelayanan terbaik serta menumbuhkan atau mempertahankan kepercayaan dari pelanggan kepada perusahaan.

Selain tujuan yang ingin dicapai melalui pelayanan prima, pelayanan prima juga tentu punya fungsi untuk mencapai tujuan tersebut. Fungsi pelayanan prima antara lain sebagai berikut:

  1. Melayani pelanggan dengan ramah, tepat, dan cepat
  2. Menciptakan suasana agar pelanggan merasa dipentingkan
  3. Menempatkan pelanggan sebagai mitra usaha
  4. Menciptakan pangsa pasar yang baik terhadap produk/jasa
  5. Memenangkan persaingan pasar
  6. Memuaskan pelanggan, agar mau berbisnis lagi dengan perusahaan
  7. Memberikan keuntungan pada perusahaan

Ya seperti yang kita lihat di atas, pelayanan prima punya fungsi yang cukup penting baik untuk pelanggan maupun perusahaan itu sendiri. Tak hanya pelanggan yang merasa puas tetapi perusahaan juga punya peluang besar untuk memenangkan pasar jika mempunyai pelayanan prima.

Pelayanan Prima sering disebut Service Excellence atau Service Excellent.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai pelayanan prima. Semoga bisa membantu Anda lebih mengenal apa itu pelayanan prima.

Salam Komunitas HRD Terbesar di Indonesia !

@HRDForum – 2016

Ingin mengadakan Training Service Excellence ? silakan hubungi HRD Forum di email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*