Pentingnya Pelatihan HRD bagi Semua Manager | HRD Forum
Home | Article | Pentingnya Pelatihan HR bagi Semua Manager

Pentingnya Pelatihan HR bagi Semua Manager

Pentingnya Pelatihan HR bagi Semua Manager – dalam sebuah perusahaan, salah satu tugas seorang HR adalah menggali potensi-potensi seluruh karyawan di dalam perusahaan tersebut.

Seluruh karyawan yang dimaksud akan digali potensinya tersebut bukan hanya staf  saja, namun keseluruhan mulai dari manager departemen, hingga para staf departemen.

Pelatihan ini banyak tujuannya, salah satunya adalah untuk menganalisa kemampuan kerja karyawan dan berusaha menempatkan karyawan tersebut di bagian yang sesuai dengan kemampuannya.

Dalam memberikan pelatihan, HR akan menganalisa kebutuhan karyawan tersebut. Apabila masih di level staf departemen, biasanya pelatihan yang akan diberikan porsinya lebih banyak dalam bentuk hard skill dan porsi lebih sedikit untuk soft skill.

Berbeda dengan level manajerial. Seorang manajer membutuhkan pelatihan yang porsi dan bentuknya berbeda dengan level staf departemen.

Jika pelatihan diberikan kepada level staf, itu akan meningkatkan kinerja mereka dalam bekerja sehari-hari karena mendapat pelajaran baru.

Namun apa pentingnya pelatihan yang diberikan HR pada level manajerial?

Simak Pentingnya Pelatihan HR bagi Semua Manager berikut ini:

1.      Manajer yang hebat memerlukan tanggung jawab dan motivasi yang hebat

Seorang manajer adalah kepala tertinggi di suatu departemen di perusahaan yang harus mengepalai staf-nya dan menjadi perantara antara badan direksi dan bekerjanya.

Tugas dan tanggung jawab seorang manajer tidaklah ringan, mereka harus tampil optimal di hadapan para staf-nya agar tetap dihormati dan dijadikan panutan.

Dengan memberikan pelatihan kepada manager, akan memberikan banyak pelajaran atau ilmu-ilmu yang bisa mereka gunakan atau terapkan dalam memimpin para staf yang menjadi bawahannya.

2.      Mempertegas gaya kepemimpinan

Bentuk pelatihan yang diberikan kepada level manajerial tentunya berbeda dengan yang diberikan kepada level staf.

Salah satu bentuk pelatihan yang bisa diberikan kepada level manajerial adalah pelatihan kepemimpinan.

Dalam pelatihan kepemimpinan ini banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah untuk memunculkan jika kepemimpinan seorang manajer.

Dalam mengatur para staf nya, seorang manajer harus memiliki jiwa pemimpin.

Maka dapat dikatakan bahwa pelatihan untuk sistem manajerial dalam kepemimpinan itu sangat diperlukan.

Manfaat lain dari pelatihan kepemimpinan adalah untuk menggunakan berbagai gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi.

3.      Mengetahui dasar-dasar motivasi bekerja seseorang

Karena seorang yang berada di level manajerial memiliki banyak staf, berarti mereka juga harus paham betul karakteristik dasar para staf yang ada di bawahnya.

Dengan mengetahui karakteristik staf yang bekerja di bawahnya, maka akan lebih mudah dalam menyampaikan instruksi atau menyelesaikan masalah jika terjadi hal yang membutuhkan kehadiran manajer sebagai penengah.

4.      Mampu menerapkan keahliannya secara maksimal

Tujuan utama dari pelatihan adalah mengasah potensi-potensi yang dimiliki oleh karyawan.

Begitu juga dalam pelatihan manager, potensi-potensi yang ada di dalam diri seorang manager juga memerlukan untuk diasah agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Ketika potensi tersebut bisa di ekspos dan dimanfaatkan secara maksimal, otomatis kinerjanya akan lebih baik dan jalannya perusahaan akan lebih baik pula.

5.      Mampu menarik minat para staf-nya

Seorang manager yang baik adalah manager yang tidak ditakuti oleh staf-nya, namun juga dipatuhi oleh staf-nya.

Ini berarti seorang manager yang baik tidak boleh bersifat galak, namun tetap harus tegas agar para staf-nya tetap menyenganinya.

Dengan pelatihan yang diberikan kepada seorang manager, hal-hal seperti ini akan diperolehnya dan dapat diterapkan ketika memgelola karyawan-karyawan yang ada di bawah naungannya.

Nantikan terus artikel HR di website HRD Forum ; HRD Forum sebagai konsultan HR dan Komunitas HR terbesar di Indonesia memberikan jasa konsultasi HR dan Pelatihan HR atau Training HR untuk semua perusahaan di Indonesia. Jika ada pertanyaan silakan hubungi Hotline HRD Forum 08788-1000-100 atau email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*