June 10, 2023

Pengertian HRD

HRD merupakan sebuah singkatan dari (Human Resource Development), biasa disebut juga sebagai personalia dan  kepegawaian. Dalam manajemen HRD biasa disebut dengan Human Capital dan Human Resource Management.

Maksud dari HRD adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menangani permasalahan dalam ruang lingkup pegawai, buruh, manajer, dan tenaga kerja lain demi memperlancar aktifitas organisasi dan membuat perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Unit yang mengurusi bagian sumber daya manusia biasanya adalah Departemen Sumber Daya Manusia. Departemen ini bertugas untuk melakukan sebuah prosedur yang berkelanjutan yaitu mencari dan memberikan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi yang dibutuhkan oleh organisasi perusahaan.

Pentingkah HRD dalam perusahaan?

Posisi HRD diibaratkan sebagai sebuah nyawa bagi perusahaan, sehingga posisi ini terkadang mendapatkan posisi yang cukup tinggi dan dominan dalam manajerial perusahaan untuk membuat kebijakan bagi para pekerjanya.

Untuk itu diperlukan orang-orang yang memiliki kepribadian yang dapat menyelami pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan.

Pentingkah? Pelatihan HRD

Pelatihan HRD sangat diperlukan bagi setiap organisasi perusahaan, agar setiap anggota dapat meningkatkan dan mampu mengembangkan kemampuannya demi organisasi. Demi menjaga kekompakan dan tujuan perusahaan, maka pelatihan HRD ini biasanya dilakukan secara rutin oleh setiap organisasi.

Mulai dari tingkat direktur sampai karyawan baru dari departemen HRD diharapkan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan HRD. Semakin baik kemampuan setiap anggota HRD, maka pengembangan anggota organisasi lain menjadi semakin mudah.

Karena fungsi HRD yang sangat penting, maka sebaiknya kompetensi HRD harus selalu ditingkatkan secara terus-menerus, dengan cara mengikuti Pelatihan, seminar, workshop yang membahas HRD.

Dengan persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat, maka perusahaan harus terus menerus meningkatkan kemampuan pegawainya agar tidak tergerus kompetitor.

Perusahaan diharuskan untuk mampu menangkap peluang, ancaman, dan tantangan yang akan dihadapi di masa depanlalu menetukan solusi yang inovatif untuk menangkalnya.

Beberapa jenis topik pelatihan HRD

  • Basic HR Management
  • Bagaimana membuat struktur gaji
  • Bagaimana membuat Penilaian Kinerja yang baik
  • Bagaimana membuat desain kompetensi
  • Bagaimana melakukan job evaluasi
  • Bagaimana membuat SOP
  • Bagaimana membuat Job Description
  • Recruitment & Selection
  • Key Performance Appraisal
  • Traning Needs Analysis dan Training Evaluation
  • Pelatihan HR yang membahas tentang assessment, misalnya EDiSC Certification Workshop
  • Training HRD tentang Payroll Administration System
  • HR planning
  • Recruitment
  • Performance management system
  • Training and development
  • Compensation and benefit
  • Industrial relation
  • HR strategic
  • HR audit

Tujuan Dilakukannya Pelatihan

Berikut ini adalah tujuan dilakukannya pelatihan HRD.

  • – Dapat meningkatkan kemampuan peserta pelatihan untuk menganalisa efektifitas suatu kegiatan dan kebijakan HRD.
  • – Peserta dapat mempelajari teknik penyusunan prosedur kebijakan operasional HRD.
  • – Meningkatkan kemampuan peserta untuk mengelola HRD secara produktif dan efektif.

Terima kasih sudah membaca artikel HRD Forum, nantikan artikel-artikel HRD lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Halo,
Ada yang bisa Kami Bantu?