Peningkatan Kompetensi HRD Rumah Sakit | HRD Forum
Home | Article | Peningkatan Kompetensi HRD Rumah Sakit

Peningkatan Kompetensi HRD Rumah Sakit

Rekan HR Indonesia,

Sejak tahun 2004 HRD Forum berdiri, sudah cukup banyak praktisi HR sebuah Rumah Sakit ikut dalam training-training di HRD Forum. Baik Rumah Sakit besar maupun rumah sakit kecil. Intinya sebuah rumah sakit pun harus dikelola oleh praktisi HR yang kompeten, HR yang mengerti undang-undang ketenaga kerjaan, HR yang mengerti bagaimana cara mengelola karyawannya agar dapat terus produktif dan memiliki performance yang baik.

HRD Forum sangat menyadari bahwa peningkatan kompetensi karyawan sebuah rumah sakit juga perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Karena itu HRD Forum menawarkan pelatihan-pelatihan HR juga kepada rumah sakit-rumah sakit di seluruh Indonesia.

Kesiapan HRD Forum untuk memberikan training atau pelatihan khusus buat praktisi HR Rumah sakit sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari training HRD terkait pembuatan job description di rumah sakit seluruh Indonesia, juga siap memberikan training mengenai penilaian kinerja karyawan, analisa beban kerja, teknik wawancara, performance management system, training needs analysis, key performance indicators, desain kompetensi jabatan bagi rumah sakit yang ingin mengelola karyawannya berbasis kompetensi, struktur dan skala upah, undang-undang ketenaga kerjaan, coaching, recruitment & selection, industrial relation dan lain-lain.

Banyak rumah sakit di Indonesia yang sudah menyadari bahwa mengelola karyawan diperlukan kompetensi khusus. Karena itu sudah sangat tepat jika para HR Rumah Sakit membekali dirinya dengan kompetensi di bidang HR. Pemilik rumah sakit, pimpinan  rumah sakit sampai para direktur rumah sakit juga sudah banyak yang menyadari hal itu, sehingga secara rutin mengirimkan praktisi HRD nya untuk training HRD di HRD Forum.

Btw, coba kita pahami dulu apa definisi dari rumah sakit ya, untuk menambah pengetahuan kita. Rumah sakit adalah suatu organisasi kompleks yang menggunakan Perpaduan peralatan ilmiah yang rumit dan khusus, yang difungsikan oleh kelompok tenaga terlatih dan terdidik dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan pengetahuan medic modern untuk tujuan pemulihan dan pemeliharaan kesehatan yang baik.

Rumah Sakit menurut WHO (1957) “suatu bagian yang menyeluruh lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitative dimana output layanannya menjangkau pelayanan keluarga dan lingkungan, rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan tenaga kesehatan serta untuk penelitian biososial” .

Rumah Sakit menurut Mentri Kesehatan RI No. 983/Menkes/per/II/1992 ” sarana upaya kesehatan dalam menyelanggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian.” (Hand Book of Instutionl Parmacy Pratice).

Tipe-tipe rumah sakit itu sendiri terbagi menjadi :

  • Rumah Sakit Tipe-A
  • Rumah Sakit Tipe-B
  • Rumah Sakit Tipe-C
  • Rumah Sakit Tipe-D
  • Rumah Sakit Tipe-E

Rumah sakit tipe-A

adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas. Oleh pemerintah, RS tipe-A ini telah ditetapkan sebagai tempat pelayanan rujukan tertinggi (Top Refetral Hospital).

Rumah Sakit Tipe-B

Rumah sakit tipe-B adalah RS yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis luas dan subspesialis terbatas. Direncanakan RS tipe-B  didirikan disetiap ibukota Propinsi (Provincial Hospital) yang menampung pelayanan rujukan RS Kabupaten.

Rumah Sakit Tipe-C

Rumah Sakit Tipe-C adalah RS yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas. Pada saat ini ada empat macam pelayanan spesialis yang disediakan yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak serta pelayanan kebidanan dan kandungan.

Rumah Sakit Tipe-D

Rumah sakit tipe-D adalah RS yang bersifat transisi karena pada suatu saat akan ditingkatkan menjadi RS tipe-C. Pada saat ini kemampuan  RS tipe-D hanyalah memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi.

Rumah Sakit Tipe-E

Rumah sakit tipe-E adalah RS khusus (special hospital) yang menyelenggarakan hanya satu macam pelayanan kedokteran saja.

Setelah kita membaca tipe-tipe rumah sakit di Indonesia. Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mengelola sebuah rumah sakit yang profesional diperlukan kompetensi tinggi dari para praktisi HR-nya.

Rekan HR Indonesia,

Jika Anda tertarik IKUT training di HRD Forum, baik training terkait HR maupun training lainnya yang bersifat soft skill, silakan langsung hubungi HRD Forum di 08788-1000-100 atau email : event@hrd-forum.com.

Untuk mengetahui agenda training HRD Forum, silakan download gratis di sini : Agenda Training HRD Forum 2018

Terima Kasih,

Salam HR,
Salam Sukses,
Salam Indonesia,

HRD Forum siap membangun negeri.

3 comments

  1. Boleh saya minta no hp yg bisa di hubungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*