Pengertian KPI Menurut Ahli | HRD Forum
Home | Article | Pengertian KPI Menurut Ahli

Pengertian KPI Menurut Ahli

Banyak yang masih bertanya, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan KPI atau Key Performance Indicators?

Jawabnya KPI adalah Indikator kinerja atau indikator kinerja utama (IKU) atau ukuran kinerja terpilih (key performance indicators, KPI) yang merupakan metrik finansial ataupun non-finansial yang digunakan untuk membantu organisasi menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi.

Indikator kinerja atau indikator kinerja utama (IKU) atau ukuran kinerja terpilih (key performance indicators, KPI) adalah metrik finansial ataupun non-finansial yang digunakan untuk membantu suatu organisasi menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi.

KPI umumnya digunakan dalam intelijen bisnis untuk menilai keadaan terkini suatu bisnis dan menentukan suatu tindakan terhadap keadaan tersebut.

KPI juga sering digunakan untuk menilai aktivitas-aktivitas yang sulit diukur seperti leadership development, perjanjian, pelayanan, dan kepuasan dan lain-lain yang memiliki impact terhadap bisnis itu sendiri.

KPI umumnya dikaitkan dengan strategi organisasi.

KPI berbeda tergantung sifat dan strategi organisasi. KPI merupakan bagian kunci suatu sasaran terukur yang terdiri dari arahan, KPI, tolok ukur, target, serta kerangka waktu.

Sebagai contoh: “meningkatkan pendapatan rata-rata per pengemudi taxi dari 6 juta rupiah ke 9 juta rupiah pada akhir tahun 2019”. Dalam contoh ini, ‘pendapatan rata-rata per pengemudi taxi’ adalah suatu KPI.

Saking banyaknya definisi KPI di luar sana, hingga membuat kita bingung. Tetapi tidak perlu bingung sebenarnya, karena dari sekian banyak definisi KPI, maknanya hanya satu, yaitu KPI sebagai sebuah tolak ukur atau ukuran keberhasilan.

Coba kita baca definisi ini. Pengertian KPI (Key Performance Indicators) adalah salah satu jenis Pengukuran Kinerja yang digunakan untuk mengukur seberapa baik suatu perusahaan/organisasi, proyek, unit kerja, departemen ataupun individu mencapai sasaran dan tujuan strategis yang telah ditetapkannya.

Nah intinya KPI adalah sebuah tolak ukur keberhasilan.

Manajemen Perusahaan pada umumnya menggunakan Key Performance Indicators (KPI) ini untuk melacak dan menganalisis faktor yang dianggap penting untuk keberhasilan organisasinya.

Pengertian KPI (Key Performance Indicator) menurut Para Ahli

  • Parmenter (2007), mendefinisikan Key Performance Indicator sebagai indicators yang paling kritikal untuk kesuksesan organisasi pada kondisi sekarang dan di masa datang.
  • Warren (2011), key performance indicator merupakan sebuah pengukuran yang menilai bagaimana sebuah organisasi mengeksekusi visi strategisnya. Visi strategis yang dimaksud merujuk kepada bagaimana strategi organisasi secara interaktif terintegrasi dalam strategi organisasi secara menyeluruh.
  • Bahari Antono (2011) Key performance Indicators adalah tolak ukur kuantitatif yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian kinerja terhadap target kinerja yang telah ditetapkan.
  • Iveta (2012), key performance indicator adalah ukuran yang bersifat kuantitatif dan bertahap bagi perusahaan serta memiliki berbagai perspektif dan berbasiskan data konkret, dan menjadi titik awal penentuan tujuan dan penyusunan strategi organisasi.
  • Nerjee dan Buoti (2012), key performance indicator merupakan ukuran berskala dan kuantitatif yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja organisasi dalam tujuan mencapai target organisasi. KPI juga digunakan untuk menentukan objektif yang terukur, melihat tren, dan mendukung pengambilan keputusan.

Terdapat 2 tipe untuk pengukuran kinerja, yaitu indikator LEAD dan LAG.

Jika sebuah indikator lead tanpa indikator lag, maka informasi hasil atau tujuan yang akan dicapai tidak lengkap. Begitu pula sebaiknya.

Indikator lead yaitu indikator yang menunjukan proses – proses bagaimana selama ini perusahaan berjalan, apakah perusahaan berjalan mulus? Apakah tantangan yang akan terjadi pada perusahaan? Apakah masalah yang akan terjadi di perusahaan? semua hal ini akan diinformasikan oleh indikator lead.

Leading Indicator & Lagging Indicator

Leading Indicator & Lagging Indicator. Leading Indicator artinya indikator yang memberikan info tentang arah trend yang akan terjadi sebelum trend sebenarnya terjadi. indikator ini memberikan informasi mengenai akan terjadinya ‘sesuatu’.

Leading Indicator artinya indikator yang memberikan info tentang arah trend yang akan terjadi sebelum trend sebenarnya terjadi. Misalnya indikator ini memberikan informasi mengenai akan terjadinya kenaikan turn over karyawan . Dengan begitu peluang untuk terjadinya turn over bisa dihindari jika kita mengetahuinya lebih awal.

Dalam bahasa yang lebih sederhana bisa dijelaskan seperti berikut Leading Indicators sebagai sinyal awal dan Lagging Indicator sebagai sinyal akhir.

Bagaimana cara membuat, menyusun, mendesain KPI di perusahaan, divisi, departemen, unit, bagian itu harus dipelajari dengan tatap muka. Jadi jika team di perusahaan Anda ingin IKUT dalam kelas tatap muka bagaimana membuat KPI dengan baik, silakan kirimkan email ke : [email protected]

Jika ingin melihat agenda pelatihan KPI silakan cek di sini : Cara Mudah Menyusun KPI

Terima kasih,

HRD Forum

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*