Key Performance Indicators PDAM Kota Makassar | HRD Forum
Home | Event | Pelatihan Key Performance Indicators PDAM Kota Makassar

Pelatihan Key Performance Indicators PDAM Kota Makassar

Tanggal 4 April 2018 pukul 15.00 Team HRD Forum bertolak dari kantor HRD Forum di Bintaro menuju bandara Soekarno Hatta. Jadwal penerbangan menuju kota Makassar sekitar pukul 17.55.

Alhamdulillah Perjalanan menuju kota Makassar berjalan dengan lancar.

Sesampainya di Bandara Sultan Hasanuddin Ujung Pandang, kami menggunakan taxi bandara menuju Hotel Four Points Sheraton. Sudah cukup malam saat kami tiba di hotel. Setelah team mengurus keperluan kamar di reception, akhirnya kami bisa beristirahat.

Besok pagi kami harus memfasilitasi program inhouse training untuk PDAM Kota Makassar selama dua hari, yaitu tanggal 5-6 April 2018 tentang Key Performance Indicators (KPI).

Pagi Tiba.

Tanpa breakfast terlebih dahulu, kami langsung menuju ruang meeting di lantai dua. Ruang yang besar, rapi dengan susunan round table memanjang dari depan ke belakang. Peserta dalam program inhouse training Key Performance Indicators (KPI) berjumlah 47 peserta dimana semuanya adalah pejabat struktural PDAM kota Makassar.

Pukul delapan pagi.

Setelah peserta berkumpul, acara dibuka oleh Direktur Utama PDAM Kota Makassar Bapak Ir. H. Haris Yasin Limpo, MM dengan sebelumnya menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah dibuka oleh bapak Direktur Utama PDAM Kota Makassar, program pelatihan inhouse training Key Performance Indicators dimulai.

Empat puluh tujuh peserta dimana seluruhnya adalah pejabat struktural di PDAM kota Makassar sangat serius menyimak paparan dari fasilitator. Program inhouse training KPI ini dibawakan langsung oleh Bapak Bahari Antono, ST, MBA selaku Owner dan Founder HRD Forum.

Dalam sesi pendahuluan, dimulai dengan penjelasan apa dan bagaimana HR Framework, lalu masuk ke Performance Management Cycle. Baru setelahnya dijelaskan tentang apa dan bagaimana KPI, jenis-jenis KPI, cara membuat KPI dan bagaimana menghitung pencapaian skor KPI-nya.

Program inhouse training KPI yang dilaksanakan di PDAM kota Makassar bertempat di Four Points Sheraton 5-6 April 2018 berlangsung dengan lancar dan baik.

Komposisi delivery program inhouse training KPI ini adalah 30% teori dan 70% praktek. Banyaknya latihan atau praktek dalam membuat dan menyusun KPI ditujukan agar seluruh peserta mampu mendesain dan menyusun KPI untuk seluruh bagian dan seksi di PDAM Kota Makassar.

Setelah peserta mencoba membuat KPI, baik secara kelompok maupun individu, sebagian peserta diminta untuk mempresentasikannya di depan seluruh peserta, sekaligus dibahas dan diberikan feedback agar lebih tajam dan tepat.

Sebelum penutupan, fasilitator memberikan sepatah dua patah kata bahwa ilmu yang sudah didapatkan harus diimplementasikan dan ditularkan kepada level-level di bawahnya sehingga semua karyawan PDAM kota Makassar mampu membuat KPI, minimal untuk dirinya sendiri dan stafnya.

Mudah-mudahan dengan kemampuan baru dalam membuat dan menyusun KPI ini, PDAM Kota Makassar akan menjadi PDAM yang memiliki indikator kinerja yang tepat untuk seluruh karyawannya. Sehingga memacu kinerja seluruh karyawan PDAM kota Makassar menjadi semakin baik lagi.

Di sisi lain, dengan adanya KPI untuk setiap individu di PDAM kota Makassar akan membawa dampak positif baik langsung maupun tidak langsung terhadap terciptanya budaya organisasi PDAM kota Makassar yang lebih sehat dan kompetitif.

**

Jika perusahaan Anda membutuhkan inhouse training Key Performance Indicators (KPI) silakan hubungi HRD Forum di email : [email protected] atau Hotline 08788-1000-100. Terima Kasih.

**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*