Mengenal Digital Marketing | HRD Forum
Home | Article | Mengenal Digital Marketing

Mengenal Digital Marketing

digital-marketing-2a#HRDForum Meta desc: Memanfaatkan metode digital marketing sebagai alat promosi juga bisa menekan banyak aspek agar jalannya promosi bisa lebih efisien dan efektif.

Mengenal Apa Itu dan Bagaimana Cara Melakukan Digital Marketing

Digital marketing adalah sebuah ungkapan untuk kegiatan promosi suatu produk yang dilakukan dengan melalui sebuah media digital. Media yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing adalah seperti televisi, radio, dan internet. Internet marketing sendiri adalah merupakan salah satu strategi dalam media pemasaran yang satu ini.

Mengingat semakin pesatnya kemajuan teknologi, tentunya membawa angin segar dalam dunia bisnis juga. Berbagai cara baru untuk memasarkan sebuah produk pun mulai bermunculan. Memahami konsep dalam teknik pemasaran digital juga dirasa sangat memberikan dampak yang signifikan dalam kemajuan sebuah bisnis.

Mengapa digital marketing dirasa sangat penting?

Media digital dalam penggunaannya terasa sangat pervasif dan bisa mencakup semua kalangan masyarakat. Dengan memanfaatkan hal tersebut kita yang bekerja di bidang pemasaran tentunya sangat tertolong, mengingat media digital bisa diakses di mana saja dan kapan saja saat dibutuhkan.

Apabila metode pemasaran konvensional seperti door-to-door hanya terjadi antara dua orang (pemasar dan calon konsumen) saja, berbeda halnya dengan pemasaran digital. Dalam digital marketing semua orang bisa menjadi pemasar yang membantu jalannya proses pemasaran brand.

Seperti misalnya promosi dengan memanfaatkan twitter, dimana seorang publik figur menggunakan baju dari brand X dan memberikan testimoni bahwa pakaian tersebut sangat nyaman. Selanjutnya para penggemar dari publik figur itu (calon konsumen) akan tertarik menggunakan brand yang sama dengan idolanya. Ini adalah salah satu dari sekian banyak teknik pemasaran digital yang ada.

Memanfaatkan metode digital marketing sebagai alat promosi juga bisa menekan banyak aspek agar jalannya promosi bisa lebih efisien dan efektif. Sebagai contoh media promosi konvensional lainnya seperti brosur adalah salah satu cara promosi yang kurang efektif dan efisien. Brosur membutuhkan banyak tenaga untuk menyebarnya, dan belum lagi kertas-kertas kecil tersebut hanya akan dibuang sembarangan atau bahkan tanpa dibaca sama sekali.

Bagaimana cara melakukan digital marketing yang baik?

Meskipun promosi melalui media digital sangat efektif, masih banyak sekali orang-orang yang salah dalam memanfaatkannya. Alih-alih mendapat trafik penjualan produk yang baik, mereka justru malah terlihat konyol meskipun sudah bersusah payah melakukannya.

Berikut ini adalah beberapa tips agar promosi melalui sarana digital bisa berjalan dengan baik.

Menciptakan persona

Jika melihat contoh pemasaran yang dibantu oleh publik figur pada paragraf sebelumnya tadi tentu bisa menghadirkan sedikit gambaran mengenai dampak persona pada strategi ini. Anda harus bisa menentukan terlebih dahulu, wajah dari bisnis anda ini seperti apa. Kira-kira akan cocok atau tidak dengan target pasar yang anda sasar nantinya.

Lakukan analisa bisnis

Bukan sebuah hal yang mustahil dalam menjalankan bisnis anda tidak memiliki pesaing. Yang perlu anda lakukan agar proses marketing anda berhasil adalah menganalisa kelebihan serta kekurangan bisnis anda dibanding dengan pesaing.

Terlebih dalam menjalankan digital marketing pesaing anda bukan dalam jumlah yang sedikit, bahkan setiap orang dipenjuru dunia bisa menjadi pesaing anda.

Merumuskan sebuah strategi

Strategi atau teknik seperti apa yang hendak anda gunakan? Apakah hanya mengandalkan SEO (Search Engine Optimization) saja, ataukah ada strategi lain yang akan dilakukan.

Tentunya dalam melakukan hal ini anda harus benar-benar mematangkan data yang didapat melalui analisa bisnis. Setelah itu baru anda bisa merumuskan strategi digital marketing seperti apa yang bisa membuat bisnis anda bisa lebih unggul dari kompetitor nantinya.

Melakukan evaluasi

Menjalankan sebuah strategi akan sangat percuma jika tidak dievaluasi. Tugas anda yang terakhir adalah melakukan penilaian atau melihat sejauh mana strategi yang anda jalankan bekerja.

Apabila strategi pemasaran dirasa sudah pas dan mampu membuat penjualan mencapai target, berarti anda sukses dalam melakukan digital marketing tersebut. Namun jika penjualan hanya biasa-biasa saja atau bahkan menurun, silakan lakukan langkah-langkah penyusunan strategi dari awal lagi. Mungkin ada satu atau beberapa aspek yang luput dari perhatian anda.


Note:
Sebagian besar klien pelatihan dan konsultasi HRD Forum adalah klien lama yang sebelumnya pernah mengundang HRD Forum atau pernah hadir di kelas pelatihan yang HRD Forum selenggarakan. Atau klien baru yang mendapatkan rekomendasi dari klien lainnya, atau klien baru yang mendapatkan informasi dari berbagai channel seperti facebook, twitter, linkedin, milis, website, WA, BBM dan sebagainya. Jika perusahaan Anda cocok dengan materi dan metode pelatihan yang HRD Forum sampaikan silakan terus terhubung dengan HRD Forum melalui banyak channel yang tersedia atau direct di 08788-1000-100 ; email : [email protected] ; PIN BB : 5A24F771. website : www.HRD-Forum.com

Silakan teruskan informasi penting ini kepada rekan, kolega dan partner Anda, jika Anda nilai informasi ini bermanfaat. Terima Kasih.

@HRDForum2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*