Mengapa HRD itu penting bagi perusahaan? | HRD Forum
Home | Article | Mengapa HR Management itu penting bagi perusahaan?

Mengapa HR Management itu penting bagi perusahaan?

Mengapa HR Departemen itu penting bagi perusahaan? – Bagi sebuah perusahaan, Human Resources Departemen atau Personalia departemen adalah salah satu bagian yang menjadi pilar penting dalam menjaga keutuhan, kelancaran dan keefektifan proses bisnis perusahaan.

Sesuai dengan namanya, secara singkat fungsi utama HR Departemen adalah mengelola, mengatur, mengembangkan segala hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia, mengelola hubungan antara perusahaan dengan pekerja, atau juga mengelola hubungan antara pekerja dengan pekerja lainnya di dalam perusahaan.

Biasanya dulu seseorang yang ada di dalam divisi HR adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan psikologi atau hukum tetapi sekarang, praktisi HR berasal dari berbagai latar belakang disiplin ilmu.

Terkait dengan salah satu fungsi HR Departemen, jika seseorang ingin di tempatkan di dalam HR Departemen diharapkan orang tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam hal interaksi dengan orang (karyawan) lain serta memiliki kemampuan sebagai penghubung atau jembatan antara perusahaan dengan para karyawan.

Dalam sebuah perusahaan, karena HR Departemen memiliki kewajiban mengelola dan mengatur semua Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, maka biasanya HR Departemen memiliki kewenangan yang bisa dikatakan cukup tinggi di dalam perusahaan.

Tanggung Jawab HR Departemen dalam Perusahaan

Sudah dijelaskan di atas bahwa HR Departemen adalah salah satu bagian yang cukup penting keberadaannya di dalam perusahaan, hal ini berarti HR Departemen memiliki tanggung jawab yang cukup besar di dalam perusahaan, apa saja tanggung jawab HR Departemen terhadap perusahaan?

Tanggung jawab HR Departemen dalam perusahaan antara lain adalah:

Perencanaan

Salah satu tanggung jawab HR Departemen adalah perencanaan. Perencanaan yang menjadi tanggung jawab HR Departemen adalah adanya perencanaan yang baik untuk semua bisnis proses HR, seperti misalnya HR Planning, Recruitment, Performance Management, Training & Development, Compensation & Benefit, Industrial Relation, Administration. Semua aktifitas tersebut perlu perencanaan yang baik. Setiap aktifitas tersebut harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari form, surat, working instruction, Procedure, policy dan sebagainya.

Rekrtumen

Pemilihan SDM yang tepat menjadi kunci keberhasilan bisnis perusahaan. Ketika perusahaan melakukan proses perekrutan HR Departemen memiliki peranan penting dan tanggung jawab yang besar dalam pemenuhan SDM yang tepat sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Dalam proses rekrutmen, HR Depertemen memiliki tanggung jawab untuk mencarikan dan menentukan karyawan mana yang layak untuk masuk ke dalam perusahaan, tentunya dalam proses ini HR dan user akan dibantu dengan serangkaian tes seleksi.

Mengelola SDM

Setiap Sumber Daya Manusia (SDM)—karyawan—di dalam sebuah perusahaan merupakan aset yang sangat penting dan harus dijaga demi performa yang baik pula. Dalam menjaga performa karyawan ini lah fungsi HRD perlu dihadirkan.

Seorang HRD juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan observasi pada seluruh karyawan dan berusaha untuk menggali potensi mereka.

Mengatur Reward dan Punishment

Dalam mengelola SDM, ketika ada karyawan yang tidak sesuai dengan standar operasional perusahaan tersebut HRD memiliki tanggung jawab untuk memberikan teguran pada karyawan itu.

Biasanya bentuk teguran yang diberikan berupa surat peringatan (SP) untuk karyawan yang melanggar.

Sedangkan bagi karyawan yang teladan, HRD juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan reward biasanya bisa dalam berbagai bentuk seperti promosi jabatan, atau kenaikan gaji karyawan.

Training

Pelatihan untuk para karyawan dalam sebuah perusahaan adalah hal yang wajib dilakukan.

Dengan pelatihan, ini akan memberikan nilai tambah bagi setiap karyawan, sehingga dalam melakukan pekerjaannya karyawan bisa memberikan performa yang lebih baik lagi.

Telah dijelaskan di atas bahwa HRD wajib melakukan observasi pada karyawan, dari hasil observasi itulah seorang HRD harus menentukan pelatihan apa yang tepat untuk diberikan pada karyawan tersebut.

Mengapa HRD itu penting bagi perusahaan?

Paragraf ini sekaligus akan menjadi kesimpulan dalam artikel ini.

Telah dijelaskan di atas berbagai tanggung jawab seorang HRD dalam perusahaan. Ketika sebuah perusahaan tidak memiliki HRD, berarti banyak fungsi yang akan berantakan dalam perusahaan tersebut.

Hal paling berbahaya yang mungkin bisa terjadi ketika ada ketidakhadiran HRD dalam sebuah perusahaan adalah akan terjadinya chaos dalam perusahaan tersebut.

Jangankan ketidakhadiran seorang HRD dalam perusahaan, ketika perusahaan memiliki HRD yang kurang cekatan dan tidak mumpuni di bidangnya saja itu sudah bisa membuat sebuah perusahaan menuju kehancuran.

Hal ini jelas membuktikan posisi HRD adalah sangat vital di dalam sebuah perusahaan.

Training HRD & Pelatihan HRD Indonesia

HRD Forum menyadari bahwa kehadiran HRD sangat dibutuhkan. karena itu HRD Forum selalu memberikan tawaran untuk mengadakan training atau pelatihan HRD di berbagai perusahaan. Untuk mengundang HRD Forum silakan hubungi email HRD Forum atau Hotline HRD Forum. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*