Mencari Contoh SOP General Affairs | HRD Forum
Home | Article | Mencari Contoh SOP General Affairs

Mencari Contoh SOP General Affairs

Standard Operating Prosedure SOP General Affair ternyata banyak dicari oleh orang Indonesia di Internet. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang-orang yang masuk atau berkunjung ke website HRD Forum ini www.HRD-Forum.com.

SOP General Affair memang banyak dicari, mengapa? karena Standard operating procedures GA atau General Affairs tidak ada di bangku kuliah dan juga tidak ada di buku-buku. Jika ingin memiliki hanya ada dua cara, yaitu membuat sendiri SOP GA atau mencarinya di internet lewat bantuan mbah google.

Contoh SOP General Affairs

Jika Andapun ingin memiliki contoh SOP General Affair maka Anda bisa melakukan kedua hal tersebut membuat SOP sendiri atau mencari SOP GA lewat internet. Tentudari kedua cara tersebut ada kekurangan dan kelebihannya.

Membuat SOP General Affairs

Apa kelebihannya jika Anda membuat sendiri Standard Operating Procedures General Affairs? banyak dan itu sangat banyak untuk Anda dan perusahaan Anda. Apa saja keleihan dan kekurangannya?

Kelebihan membuat SOP GA sendiri

  1. SOP GA akan sesuai dengan kondisi riil di perusahaan
  2. Jenis dan macam SOP GA akan sesuai dengan aktifitas GA di perusahaan Anda
  3. Semua aktifitas General Affairs di perusahaan Anda akan memiliki SOP
  4. Detil seluruh aktifitas proses kerja general affairs akan terakomodir di dalam semua SOP GA Anda
  5. SOP General Affairs dapat dibuat sedetil mungkin sesuai dengan improvement yang mungkin saja terjadi atau yang bisa dilakukan.

Kekurangan membuat SOP GA sendiri

  1. Tentu memakan waktu untuk pengerjaan pembuatan SOP General Affairs
  2. Harus melibatkan banyak pihak dalam pembuatannya, khususnya pihak-pihak yang juga terlibat dalam semua proses dalam tugas pekerjaan general affairs tersebut.
  3. Terkadang format dan isinya tidak menarik karena Anda tidak atau belum melihat contoh SOP General Affairs yang dibuat oleh perusahaan lain
  4. Terkadang kurang lengkap, karena banyak praktisi General Affair yang tidak mempunyai pengalaman membuat SOP General Affairs

Rekan HRD dan rekan general affairs di manapun berada.

Sepertinya jika kita bicara HRD, Human Resources Management atau HRM, sudah sangat banyak lembaga pelatihan HRD yang mengajarkan dan memberikan contoh-contoh SOP HRD, tetapi untuk SOP General Affairs masih sangat sedikit sekali. Sehingga pencarian contoh SOP General Affairs cukup tinggi di google atau mesin pencari lainnya.

Apa saja sih Contoh SOP General Affairs itu?

Ada banyak contoh SOP GA sebenarnya, misalkan saja :

  1. SOP pengelolaan dan perawatan kendaraan dinas
  2. SOP pengelolaan kantin
  3. SOP perawatan AC
  4. SOP pengelolaan gedung
  5. SOP Perawatan gendung
  6. SOP Pengelolaan dan perawatan Elektrikal dan Mekanikal
  7. SOP pengamanan lingkungan kantor
  8. SOP pengelolaan kebersihan kantor
  9. SOP penggunaan ATK
  10. SOP Pengelolaan dan perawatan tempat parkir
  11. SOP Penerimaan tamu
  12. SOP administrasi perizinan
  13. SOP pengurusan perizinan
  14. dan SOP GA lainnya

Sangat banyak bukan? ya Anda mungkin bisa membuat lebih banyak lagi, jika Anda mau.

Di Indonesia, Certified Human Resources Management Indonesia, sudah cukup sering kita dengar. Tetapi Certified General Affairs Management Indonesia, masih jarang kita dengar.

Di Indonesia, sertifikasi HR atau sertifikasi HRD atau sertifikasi HRM sering kita dengar juga, tetapi sertifikasi general affairs atau sertifikasi GA jarang kita dengar.

Anda praktisi General Affairs? ingin ikut dalam training general affairs? ingin hadir dalam kelas pelatihan general affairs? gabung saja dalam pelatihan general affairs di HRD Forum.

HRD Forum juga membuka kesempatan langka yaitu pelatihan Certified General Affairs professional yang diadakan sesuai dengan jadwal.

Jika Anda tertarik, silakan Anda baca detilnya di Training GA Certified General Affairs Professional ini, silakan KLIK Judul Training General Affairs ini.

Baca juga artikel general affairs lainnya di website HRD Forum ini : Artikel General Affairs
Nantikan tulisan menarik tentang Doodle Test, apa itu doodle test dan bagaimana menggunakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*